Home / Umum / Usaha / Cara Menghitung HPP Pada Sebuah Perusahaan

Cara Menghitung HPP Pada Sebuah Perusahaan

Diposting kali ini, penulis akan mencoba membahas tentang HPP. HPP itu sendiri mempunyai kepanjangan harga pokok penjualan. Penulis terinspirasi untuk membuat posting artikel tersebut dikarenakan pada beberapa waktu yang lalu mengikuti tes kerja pada sebuah perusahaan swasta di mana soal yang dikerjakan seputar PPN, PPH, jurnal Serta bagian yang sangat menarik adalah menghitung harga pokok penjualan. Bentuk, cukup banyak komponen perhitungan pada saat menghitung harga pokok penjualan.

Cara Menghitung HPP

Namun sebelumnya, anda wajib untuk mengetahui terlebih dahulu tentang harga pokok penjualan. Yang disebut dengan harga pokok penjualan yaitu sebuah biaya yang ditimbulkan dari barang yang diproduksi serta dijual pada kegiatan bisnis. Kondisi tersebut termasuk didalamnya adalah biaya untuk bahan baku, biaya overhead, serta biaya tenaga kerja langsung. Selanjutnya, harga pokok penjualan akan muncul di bagian laporan laba rugi sebagai salah satu komponen utama di biaya operasi. Harga pokok penjualan kerap dikenal dengan istilah biaya penjualan.

Pada umumnya, harga pokok penjualan terdapat di perusahaan perusahaan dagang. Aktivitas pada perusahaan dagang yakni memperjualbelikan barang dagangannya. Selanjutnya, hasil dari proses penjualan tersebut akan dicatat di dalam akun penjualan. Hasil proses penjualan barang dagangan memiliki harga pokok nilai beli yang sudah dijual.

Baca Juga:   Sistem Kerja Kontraktor dan Bentuknya

Komponen-komponen pada harga pokok penjualan diantaranya adalah:

1. Persediaan awal dari barang dagangan

Persediaan awal barang dagangan adalah sebuah persediaan barang dagangan yang sudah disediakan pada awal periode maupun pada tahun buku berjalan. Adapun saldo dari persediaan awal barang dagangan sudah dicatat pada neraca saldo periode berjalan maupun pada neraca awal perubahan dan juga neraca untuk tahun sebelumnya.

2. Persediaan akhir barang dagangan

Persediaan akhir barang dagangan bisa diartikan sebagai persediaan barang dagangan yang sudah tersedia pada akhir periode maupun pada akhir tahun buku berjalan. Sementara itu, persediaan tersebut rata-rata sudah dipahami pada bagian data penyesuaian perusahaan di bagian akhir periode.

3. Pembelian secara bersih

Pembelian bersih adalah semua pembelian barang dagangan yang dikerjakan oleh perusahaan, baik proses pembelian barang dagangan secara tunai maupun proses pembelian barang dagangan dengan cara kredit, tentunya ditambah dengan sejumlah biaya angkut pembelian tersebut dan nantinya dikurangi dengan potongan pembelian maupun retur pembelian Apabila terjadi.

Baca Juga:   Cara Menghitung Inflasi Disebuah Negara

Cara menghitung harga pokok penjualan atau HPP:

HPP didapat dari barang yang tersedia yang bisa dijual dikurangi persediaan akhir. Barang yang tersedia yang bisa dijual biasanya terdiri atas persediaan barang dagangan di awal ditambah dengan pembelian bersih. Sementara itu, pembelian bersih bisa didapat menggunakan rumus (Pembelian + biaya pengangkutan pembelian ) – (Retur Pembelian + Potongan Pembelian)

Adapun cara lain di dalam proses menghitung harga pokok penjualan adalah sebagai berikut:

  • Persediaan pada barang dagangan awal (+)
  • Pemberian pada barang dagangan (+)
  • Beban untuk pengangkutan pembelian (+)
  • Adanya pengurangan barang dan retur pembelian (-)
  • Adanya potongan pembelian (-)
  • Persediaan pada barang dagangan terakhir (-)

Berikut ini adalah contoh soal dari harga pokok penjualan

Pada PT Suka Maju, Surabaya per tanggal 31 desember 2011

  • Persediaan awal barang dagangan senilai 10 juta
  • Pembelian senilai 70 juta
  • PH dan retur barang senilai 1 juta
  • Potongan pembelian senilai 2 juta
  • Beban pengangkutan pembelian senilai 1 juta
  • Persediaan barang dagangan akhir senilai 12 juta
  • Berapakah nilai dari harga pokok penjualan?
  • Persediaan barang dagangan (awal) 10 juta (+)
  • Pembelian 70 juta (+)
  • Retur pembelian dan PH 1 juta (–)
  • Potongan pembelian 2 juta (–)
  • Beban angkut pembelian 1 juta (+)
  • Persediaan barang dagangan (akhir ) 12 juta (–)
Baca Juga:   Cara Menghitung Gaji Karyawan Paling Baru

Sehingga harga pokok penjualan nya adalah 66 juta

Tentunya, harga pokok penjualan sangat penting, sebab nantinya mampu dijadikan sebagai laporan keuangan pada sebuah perusahaan serta bisa dipertanggungjawabkan dengan cukup akurat. Mudah-mudahan, artikel tentang cara menghitung HPP Pada kesempatan kali ini bisa berguna dan bermanfaat untuk pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat beraktifitas, semoga sukses.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Lembur Pada Perusahaan

Cara Menghitung Lembur Pada Perusahaan

Guna memberikan perlindungan terhadap hak para pegawai atau pekerja, pihak pemerintah sudah membuat peraturan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *