Home / Umum / Kesehatan / Cara Menghitung IMT Anak Dan Balita

Cara Menghitung IMT Anak Dan Balita

Selepas dari umur balita, anak bisa tumbuh secara terus-menerus sampai dengan umur dewasa. Umur 6 tahun sampai dengan 12 tahun adalah umur untuk anak sekolah, di mana rata-rata waktu pada masa itu akan cukup banyak digunakan di sekolahan dibandingkan dengan di rumah. Akan tetapi, hal tersebut tidaklah menjadi alasan untuk tidak melakukan pengawasan Sisi status gizi pada anak. Setiapharus tetap di suplai nutrisi yang cukup baik guna mendukung pertumbuhan baik dari sisi tinggi badan maupun berat badan anak. Lantas, apakah tinggi badan dan berat badan anak Anda sudah normal? Berapakah tinggi dan berat badan ideal untuk anak? Berikut ini akan diulas tentang cara menghitung IMT atau indeks massa tubuh pada anak.

Cara Menghitung IMT pada anak

Tinggi dan berat badan anak berbeda-beda

Pertumbuhan masing-masing anak tentunya selalu berbeda-beda. Terdapat anak yang bisa jadi mempunyai pertumbuhan cukup, dan ada pula yang memiliki pertumbuhan lebih lambat. Rata-rata, pertumbuhan anak pada umur 6 tahun sampai dengan 12 tahun berjalan cukup stabil, namun tidak secepat pada usia bayi dan juga pada masa remaja. Dengan demikian, pertambahan tinggi dan berat badan pada anak pada kondisi tersebut berjalan cukup perlahan. Biasanya, berat badan pada anak akan mengalami penambahan sekitar 3 kg sampai dengan 3,5 kg untuk setiap tahunnya, serta tinggi badan pada anak Bisa bertambah kurang lebih 6 cm setiap tahunnya.

Baca Juga:   Cara Membuat Suara Bagus Dan Merdu

Terdapat cukup banyak Faktor yang berpengaruh pada proses pertumbuhan anak, sehingga bisa dipastikan pertumbuhan anak akan selalu berbeda. Sejumlah faktor yang bisa mempengaruhi pertumbuhan anak diantaranya adalah faktor keturunan dari orang tua, hormon, penyakit, serta faktor nutrisi atau kebiasaan makan.

Tidak ketinggalan pula, faktor pada masa yang lalu, contohnya adalah faktor nutrisi yang diberikan ketika bayi, panjang lahir dan berat lahir turut berpengaruh pada sisi status gizi anak pada umur tersebut. Utamanya adalah dari sisi tinggi badan. Hal tersebut disebabkan tinggi badan didapat dari proses akumulasi pada tahun-tahun sebelumnya. Sementara itu, berat badan lebih memiliki sifat dinamis serta dapat berubah-ubah pada jangka waktu yang cukup singkat.

Lalu, Berapakah tinggi dan berat badan ideal untuk anak?

Wajib untuk diketahui bersama bahwa tinggi dan berat badan ideal antara anak perempuan dan anak laki-laki adalah berlainan. Berdasarkan dari CDC atau setara dengan Ditjen pencegahan dan pengendalian penyakit pada Amerika Serikat, tinggi dan berat badan anak perempuan dan anak laki-laki pada umur 6 tahun sampai dengan 12 tahun bisa dilihat pada gambar berikut ini:

tinggi dan berat badan ideal untuk anak

Akan tetapi, anda tidak perlu risau Apabila anak Anda tidak mempunyai tinggi dan berat badan seperti di atas. Hal tersebut belum tentu menunjukkan adanya status gizi pada anak Anda yang mengalami masalah.Dengan tubuh yang kecil belum bisa dijadikan indikasi mengalami ketidaknormalan. Begitu pula sebaliknya, anak-anak yang memiliki tubuh sangat besar jugamembantu dalam kondisi normal. Lantas, Bagaimanakah cara untuk tahu tentang status gizi pada anak normal atau tidak?

Baca Juga:   Cara Mengukur Berat Badan Ideal Online

Anda dapat tahu apakah status gizi pada anak dalam kondisi normal atau tidak dengan langkah menghitung indeks massa tubuh atau IMT Dandi dalam bahasa Inggris disingkat dengan istilah BMI pada anak terlebih dahulu. Rumus yang digunakan seperti berikut ini:

Rumus IMT

Setelah anda menghitung IMT, maka anda dapat tahu tentang status gizi anak Anda dalam kondisi normal atau tidak dengan dasar pada tabel Di bawah ini. Apabila angka IMT masih berada pada rentang nilai seperti yang ada di kolom, maka hal tersebut menandakan anak Anda memiliki status gizi yang normal. Namun, apabila IMT dari anak Anda melewati nilai yang ada pada gambar dibawah ini, hal tersebut menandakan anak Anda kelebihan berat badan dan apabila kurang, maka hal tersebut menandakan anak Anda memiliki tubuh yang terlalu kurus.

Tabel IMT

Memenuhi nutrisi kebutuhan anak guna mendukung pertumbuhannya

Pada umur 6 tahun sampai 12 tahun, anak-anak terutama anak perempuan akan masuk ke dalam masa pubertas. Dengan demikian, terdapat cukup banyak nutrisi yang wajib dipenuhi sebagai bagian persiapan di dalam menjelang pubertas nya. Di masa pubertas, pertumbuhan pada anak akan berjalan dengan lebih cepat. Dapat dikatakan bahwa masa pubertas adalah kesempatan kedua, tentunya setelah masa bayi guna memperbaiki kondisi status gizi, termasuk adalah tinggi badannya.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Digital Dibandingkan Termometer Analog

Untuk itulah, Anda harus memastikan bahwa anak Anda memperoleh sejumlah makanan yang memiliki gizi baik. Contohnya adalah buah-buahan, sayuran, tempe, tahu, susu, telur, ikan dan daging. Hindarilah hanya melihat dari porsi makanan yang akan dikonsumsi oleh anak, namun Lihatlah pula Apa jenis makanan dan variasi yang dimakannya.

Apakah makanan-makanan yang dikonsumsi oleh anak sudah dalam kondisi sehat dan juga telah mencukupi keperluan nutrisinya? Porsi makanan yang banyak hanyalah akan mendorong anak tumbuh menjadi gemuk, namun dengan melihat nilai gizi yang ada pada makanan akan menjadikan anak bisa membantu mendorong proses pertumbuhannya. Anda harus memastikan bahwa anakmengkonsumsi makanan yang mengandung buah-buahan, sayur-sayuran, lemak, protein dan karbohidrat pada setiap kali dia makan.

Alangkah baiknya, anda jugadi dalam mengukur serta memastikan tinggi dan berat badan ideal anak di masa pertumbuhannya. Jika anda mencurigai terdapat masalah pada pertumbuhan anak, maka secepatnya untuk berkonsultasi dengan dokter anak.

Demikianlah Uraian singkat tentang cara menghitung IMT anak yang bisa saya sampaikan di kesempatan kali ini. Semoga saja, dengan panduan artikel diatas, maka anda bisa selalu menjaga agar berat dan tinggi badan anak dalam kondisi ideal, tentunya berdasarkan pada indeks massa tubuh anak. Terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Dosis Obat

Cara Menghitung Dosis Obat Dengan Benar

Pada kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba untuk mengolah cara menghitung dosis obat. Tentunya, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *