Home / Pendidikan / Cara Menghitung Jangka Sorong Pada Bidang Matematika

Cara Menghitung Jangka Sorong Pada Bidang Matematika

Peralatan jangka sorong dapat digunakan dengan cukup muda guna mengetahui ukuran benda dalam jangka panjang. Jangka sorong tersebut adalah salah satu dari alat ukur pokok panjang. Adapun bentuk fisik dari jangka sorong sangat mirip dengan bentuk kunci inggris, di mana bagian rahang dari alat jangka sorong dapat digeser-geser.

Jangka Sorong

Tingkat ketelitian pada jangka sorong adalah sekitar 0,1 mm. Adapun cara menghitung jangka sorong atau menggunakannya ada pada mata pelajaran di bangku kelas 10 dan bangku kelas 12 di tingkat sekolah menengah atas atau SMA.

Untuk Anda yang sekarang ini belum memahami cara menghitung jangka sorong dan ingin mempelajarinya, maka anda berada pada artikel yang tepat karena saya akan mencoba untuk mengulas cara menggunakan jangka sorong dengan mudah dan cepat. Dengan demikian, anda bisa dengan cepat memahami langkah demi langkah menggunakan jangka sorong.

Bagian-bagian dari jangka sorong

Silakan anda perhatikan bagian-bagian dari jangka sorong di gambar dibawah ini:

Bagian-bagian dari jangka sorong

Terkait dengan sejumlah bagian pada alat ukur jangka sorong di atas, maka anda sudah bisa melihat sejumlah bagian dengan cukup detail. Selanjutnya, berikutnya akan penulis ulas sedikit tentang fungsi atau kegunaan bagian-bagian pada jangka sorong tersebut di mana bagian tersebut sangatlah berguna di dalam memudahkan anda yang sekarang ini sedang belajar mengenali serta memahami bagian yang ada pada jangka sorong.

Baca Juga:   Cara Bergaul Dengan Teman Baru Di Sekolah

1. Bagian rahang dalam

Bagian rahang dalam pada jangka sorong adalah bagian yang mempunyai fungsi guna dipakai sebagai alat ukur diameter bagian luar, atau juga dari sisi luar benda, contohnya pada saat mengukur ketebalan ataupun lebar pada suatu benda kerja. Bagian dari bagian dalam di jangka sorong tersebut terdiri atas rahang tetap dan rahang geser.

2. Bagian rahang luar

Bagian dari rahang luar jangka sorong terdiri atas rahang tetap dan rahang geser. Dari bagian rahang luar di alat jangka sorong tersebut mempunyai kegunaan atau fungsi yang sangat penting, yakni digunakan untuk mengukur sebuah diameter pada bagian dalam maupun di sisi bagian dalam suatu barang, misalnya yaitu mengukur diameter hasil pengeboran.

Sejumlah fungsi jangka sorong

Selanjutnya, penulis akan membahas sejumlah fungsi atau kegunaan dari alat jangka sorong:

  • Guna mengukur panjang sebuah benda maupun barang dengan ketelitian 0,1 mm ( untuk rahang tetap atas dan rahang geser bawah)
  • Kegunaan rahang geser dan rahang tetap atas yaitu untuk melakukan pengukuran suatu benda yang ukurannya sangatlah kecil, misalnya adalah untuk mengukur cincin, mengukur pipa dan sejumlah benda kecil yang lainnya
  • Fungsi dari bagian tangkai ukur di bagian bawah yaitu untuk melakukan pengukuran dari sisi ukuran kedalaman, misalnya adalah untuk mengukur kedalaman tabung, kedalaman lubang dan kedalaman benda yang lainnya.
Baca Juga:   Cara Menghitung Kecepatan Pada Pergerakan Benda

Cara menghitung jangka sorong

Perhatikan pada gambar dibawah ini:

Cara menghitung jangka sorong

Adapun cara menggunakan jangka sorong di atas yaitu dengan langkah merapatkan bagian rahang atas, lalu ditempatkan di bagian benda yang hendak diukur maupun dihitung diameternya. Bagian taring rahang dibawah digeser sampai dengan kedua rahang tersebut menempel serta menekan di bagian dalam benda yang diukur. Selanjutnya, jangan lupa pola untuk memastikan bahwasanya Bagian dinding yang ada di bagian dalam benda posisinya adalah tegak lurus dengan ukuran, artinya adalah benda tersebut jangan sampai lurung.

Demikianlah Uraian singkat tentang cara menghitung jangka sorong yang bisa saya Uraikan di artikel kali ini. Semoga saja, informasi di atas bisa berguna dan bermanfaat untuk pengunjung sekalian, terutama bagi siswa dan siswi yang masih kebingungan di dalam menggunakan peralatan jangka sorong tersebut. Terima kasih dan selamat beraktifitas, semoga sukses.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung IP Dan IPK

Cara Menghitung IP Dan IPK Pada Semua Perguruan Tinggi

Apakah itu IPK dan IP? Untuk setiap mahasiswa, IP atau indeks prestasi dan IPK atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *