Home / Pendidikan / Cara Menghitung Kecepatan Pada Pergerakan Benda

Cara Menghitung Kecepatan Pada Pergerakan Benda

Hai teman-teman penggemar matematika. Pada artikel yang lain telah dibahas tentang teorema Pythagoras. Di artikel kali ini akan dibahas mengenai cara menghitung kecepatan. Bisa dikatakan bahwa kecepatan adalah ukuran atau besaran yang didapat dengan dasar jarak tempuh dari suatu benda yang dibagi dengan waktu yang dibutuhkan guna mencapai jarak tersebut. Guna melakukan pengukuran pada kecepatan secara langsung, dapat memakai alat yang bernama speedometer yang rata-rata dipakai pada kendaraan bermotor di mana alat tersebut bekerja dengan cara menunjukkan sebuah angka kecepatan pada saat sedang bergerak.

Cara Menghitung Kecepatan

Suatu kecepatan diukur dengan memakai satuan secara rata-rata yaitu km per jam, yang mana jarak sebuah tempat akan dinyatakan secara baku yakni KM. Sementara itu, satuan waktu yang dipakai guna mengukur kecepatan yakni detik, menit dan jam. Supaya lebih jelas, dibawah ini akan penulis coba berikan sedikit informasi mengenai rumus untuk menghitung kecepatan lengkap dengan contoh soal serta jawabannya. Silakan dipelajari.

Rumus Menghitung Kecepatan

Rumus di dalam menghitung kecepatan

Di bawah ini merupakan satuan waktu yang dipakai guna menghitung kecepatan

1 jam adalah sama dengan 60 menit atau sama dengan 3600 Detik. Sementara itu, rumus yang digunakan untuk menghitung kecepatan yaitu:

Baca Juga:   Apa Arti Dari Indonesia Menurut Beberapa Sumber

V = s/t

Jika di sebuah kasus maupun soal tidak dijabarkan tentang lamanya waktu yang hendak ditempuh, maka rumus yang bisa dipakai yaitu:

T =s/v

Selanjutnya, apabila yang ditanyakan yaitu jarak tempuh, maka rumus yang bisa dipakai yaitu:

S = v * t

Yang mana, masing-masing huruf memiliki keterangan sebagai berikut:

  • V adalah kecepatan
  • S adalah jarak tempuh
  • T adalah waktu tempuh

Contoh penerapan pada soal

Contoh soal untuk mencari kecepatan

Guna menempuh suatu jarak sejauh 8 KM, waktu yang dibutuhkan yaitu 30 menit. Berapakah kecepatan rata-rata yang wajib dipakai?

Diketahui

Waktu atau t adalah 30 menit, jika dijadikan jam maka 0,5 jam

Jarak atau s adalah 8 km

Ditanyakan adalah kecepatan atau v?

Jawaban:

V = s/t

= 8 km/0,5 jam

= 16 km/jam

Dengan demikian, maka bisa disimpulkan bahwa kecepatan pergerakan rata-rata guna menempuh jarak 8 km dengan waktu 30 menit yaitu 16 km per jam

Contoh soal di dalam mencari jarak

Bapak hendak menuju ke rumah paman dengan menggunakan mobil. Bapak berangkat dari rumah mulai pukul 12.30 serta sampai di rumah paman pada pukul 13.00. Apabila mobil yang digunakan Paman bergerak dengan kecepatan 48 km per jam, berapakah jarak yang wajib ditempuh Bapak guna dapat sampai di rumah paman?

Baca Juga:   Cara Diskusi Yang Baik dan benar

Diketahui:

Kecepatan atau V adalah 48 km per jam

Waktu atau t adalah dari pukul 13.00 dikurangi pukul 12.30, didapat angka 30 menit atau 0,5 jam

Ditanyakan:

Jarak atau s

Jawaban

S = v x t

= 48 km/jam x 0,5 jam

= 24 km

Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa jarak yang wajib ditempuh oleh Bapak guna dapat sampai di rumah paman yakni 24 km

Soal untuk mencari jarak tempuh

Adik berkendara sepeda motor dengan kecepatan rata-rata sekitar 60 km per jam. Jika adik keluar dari rumah pada pukul 06.30 serta sampai di sekolahan sekitar pukul 07.15, berapakah jarak yang harus ditempuh oleh adik untuk dapat sampai di sekolahan?

Diketahui

Kecepatan atau v adalah 60 km per jam

Waktu atau t adalah pukul 07.15 dikurangi pukul 06.30, didapat angka 45 menit atau 3/4 jam

Ditanyakan

Jarak tempuh atau S

Jawaban

S = v x t

= 60 km/jam x ¾ jam

= 45 km.

Dengan demikian, maka jarak yang harus ditempuh oleh Adik guna dapat sampai ke sekolah yaitu 45 km

Contoh soal untuk mencari waktu

Baca Juga:   Cara Menghitung Jarak Sebenarnya Pada Peta Dengan Mudah

Sebuah bus pariwisata berangkat dari kota x menuju ke kota Z yang bergerak dengan kecepatan rata-rata sekitar 70 km per jam. Adapun jarak dari kota x ke kota Z yaitu 175 KM. Apabila bus pariwisata sampai di kota Z sekitar pukul 12.00, maka Jam berapakah bus pariwisata tersebut berangkat dari kota x?

Diketahui

Kecepatan atau v adalah 70 km per jam

Jarak atau s adalah 175 km

Ditanyakan

Waktu atau t

Jawaban

T = s/v

= 175/70

=2,5 jam

= 2 jam 30 menit

Waktu yang dibutuhkan bus pariwisata tersebut untuk sampai ke kota Z yaitu 2 jam 30 menit, sehingga apabila sampai di kota Z pukul 12.00, maka bus tersebut berangkat pukul 09.30

Sekian Uraian singkat tentang cara menghitung kecepatan pada sebuah benda yang bisa saya uraikan tigafathan kali ini. Mudah-mudahan, sedikit informasi sederhana di atas bisa berguna dan bermanfaat untuk pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat belajar, semoga sukses.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Jarak Sebenarnya Pada Peta

Cara Menghitung Jarak Sebenarnya Pada Peta Dengan Mudah

Peta tentunya diciptakan guna memudahkan kita dalam mengetahui maupun melihat sebuah lokasi melewati gambar, dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *