Home / Umum / Kesehatan / Cara Menghitung Kehamilan Pada Seorang Wanita

Cara Menghitung Kehamilan Pada Seorang Wanita

Bisa dikatakan bahwa kehamilan adalah suatu kondisi yang sudah dinanti-nantikan oleh cukup banyak pasangan yang telah berumah tangga. Tentunya, akan lengkap rasanya jika di tengah-tengah rumah tangga tersebut terdapat suara bayi yang menggemaskan dan mungil.

Cara Menghitung Kehamilan

Sebuah kondisi kehamilan yang dilewati oleh seorang ibu hamil dengan lama sekitar 9 bulan di mana di dalam waktu yang cukup panjang tersebut tentunya terdapat banyak ibu-ibu yang melaksanakan proses pemeriksaan kepada dokter kandungan supaya kandungan mereka tetap dalam kondisi kuat dan sehat sampai dengan proses kelahirannya.

Cukup banyak ibu hamil yang merasa panik serta kuku pada saat hendak melewati proses persalinan, sebab pasangan dari suami istri tersebut sudah merasakan tidak sabar di dalam menantikan kelahiran sang bayi mereka. Oleh sebab itulah, sebagai seorang ibu diharapkan untuk selalu menjaga kondisi kesehatan tubuh serta bayi dengan langkah mengkonsumsi berbagai macam makanan sehat khusus untuk ibu hamil.

Guna mengetahui usia kehamilan dari bayi, maka seorang ibu dapat melaksanakan proses pemeriksaan kepada dokter kandungan paling dekat,cukup menghabiskan biaya. Supaya para ibu bisa menghemat biaya serta mampu melakukan perhitungan umur kehamilan sendiri secara manual yang dapat dikerjakan setiap minggunya.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Air Raksa Dan Alkohol Untuk Mengisi Termometer

Bisa dikatakan bahwa umur kehamilan dari seorang ibu yaitu kurang lebih 280 hari atau 40 minggu yang dihitung sejak terakhir kali haid. Untuk itulah, rata-rata para dokter kandungan maupun bidan lebih banyak yang memilih untuk menghitung memakai hitungan minggu, sebab dengan memakai hitungan minggu akan didapat hasil yang lebih tepat dan akurat.

Cara menghitung kehamilan

Di bawah ini adalah cara menghitung umur kehamilan yang dapat dikerjakan sendiri dengan cara memperhatikan siklus haid yang anda alami:

  • Pada proses perhitungan umur kehamilan, anda wajib untuk memahami siklus haid pada diri anda. Adapun cara menghitung dapat dikerjakan dengan memahami hari pertama haid terakhir yang dikenal dengan istilah hpht yang nantinya dapat dihitung memakai rumus naegele.
  • Pada kaum wanita yang mempunyai haid dengan siklus yang teratur bentuknya dapat memakai rumus hari pertama haid paling akhir yang dikurangi dengan angka 7 di bulan haid dikurangi dengan angka 3, lalu pada tahun ditambahkan dengan angka 1.
  • Namun, jika bulannya tidak dapat dikurangi dengan angka 3, misalnya adalah pada bulan januari sampai dengan bulan maret, maka bisa dijumlahkan dengan angka 9, namun pada bagian tahun tidak perlu lagi ditambah menggunakan angka 1.
Baca Juga:   Fungsi Utama Hati Di Dalam Tubuh Manusia

Guna memudahkan anda maka dibawah ini akan disajikan contoh langkah menghitung usia kehamilan:

  • Di HPHT 17-08-2016, langkah menghitungnya yaitu 17-7, dihasilkan angka 10 untuk tanggal, bulan agustus (8)-3 didapat hasil 5 untuk bulan mei, dan tahun 16+1 didapat hasil 17. Dengan demikian, maka estimasi dari persalinannya adalah di tanggal 10 mei 2017.
  • Di HPHT pada umumnya dapat diprediksi kurang lebih 7 hari sehingga perkiraan kelahiran bayi yaitu mulai tanggal 3 sampai dengan 17 mei 2017.

Langkah diatas adalah cara menghitung usia kehamilan yang cukup praktis dan mudah dikerjakan, dapat dikerjakan dirumah kapanpun juga. Guna menjaga proses kehamilan supaya dapat lebih sehat dan kuat sehingga nantinya proses kelahiran atau persalinan dapat berlangsung dengan lancar, maka seorang ibu wajib untuk lebih cerdas di dalam menjaga baik kesehatan bayi maupun dirinya sendiri.

Untuk itulah, seorang ibu hamil wajib untuk mengkonsumsi berbagai macam makanan sehat yang nantinya bisa menyehatkan calon si kecil maupun dirinya sendiri. Di bawah ini adalah sejumlah makanan yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil.

Baca Juga:   Cara Menghitung Balance Cairan

1. Mengkonsumsi susu khusus untuk ibu hamil

Mengkonsumsi berbagai macam makanan yang didalamnya terkandung cukup banyak protein, gizi dan vitamin sehingga akan membuat bayi di dalam perut tetap dalam kondisi kuat dan sehat

2. Mengkonsumsi madu

Dapat pula diimbangi dengan mengkonsumsi madu, sebab madu merupakan salah satu zat yang cukup banyak mengandung manfaat, khususnya adalah untuk ibu hamil karena dapat menambah sistem kekebalan pada tubuh. Bahkan, dari mengkonsumsi madu juga mampu untuk mencerdaskan otak bayi.

Demikianlah uraian singkat tentang cara mengetahui kehamilan dari seorang ibu, sehingga masing-masing ibu hamil mampu untuk memprediksi atau memperkirakan kapan bayi yang ada di dalam kandungan bisa lahir kedunia. Dengan demikian, maka para ibu tentunya bisa mempersiapkan berbagai macam keperluan untuk proses persalinannya.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Dosis Obat

Cara Menghitung Dosis Obat Dengan Benar

Pada kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba untuk mengolah cara menghitung dosis obat. Tentunya, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *