Home / Pendidikan / Cara Menghitung Kuadrat Paling Mudah Dipahami

Cara Menghitung Kuadrat Paling Mudah Dipahami

Ketemu lagi dengan penulis di mana Pada kesempatan yang baik ini akan dicoba pembahasan tentang cara menghitung kuadrat. Tentunya, pada kesempatan yang baik ini akan dilakukan pembahasan dengan cukup lengkap serta jelas tentang materi kuadrat tersebut, lengkap dengan beberapa contoh soal yang bisa dikerjakan guna meningkatkan kemampuan di bidang matematika.

Cara Menghitung Kuadrat

Bisa dikatakan bahwa menghitung kuadrat sangat berkaitan erat dengan luas bangun datar, salah satunya adalah persegi. Hal tersebut disebabkan karena proses penghitungan luas dari persegi yaitu hasil dari proses pengaduan pada ukuran panjang sisi persegi tersebut.

Tentunya, pada uraian di kesempatan kali ini penulis tidak hanya akan membahas tentang akar kuadrat pada bilangan bulat saja, akan tetapi juga membahas Bagaimana mencari akar kuadrat yang menggunakan bilangan koma atau desimal.

Cara menghitung akar pangkat 2

Pada proses menghitung akar pangkat 2, anda tidak perlu lagi untuk memakai kalkulator dan tentunya bisa dijamin hasil yang didapat adalah sangat akurat, akan tetapi hal tersebut bukan berarti tanpa memiliki syarat, sebab syaratnya adalah Anda harus menghafalkan bilangan pangkat dua dasar serta bilangan kuadrat.

Secara Dasar, bilangan pangkat 2 merupakan bilangan Yang didapat dengan cara mengalikan bilangan tersebut dengan dirinya sendiri secara berurutan sebanyak dua kali. Pada bilangan kuadrat itu sendiri merupakan hasil bilangan yang dipangkatkan dengan angka 2. Sementara itu, akar pangkat 2 merupakan suatu bilangan yang memiliki simbol √.

Jika akan diuraikan lebih jauh, maka bilangan pangkat 2 serta bilangan kuadrat bisa dilihat pada bagian berikut ini:

  • 12 =1 * 1 = 1
  • 22 =2 * 2 = 4
  • 32 =3 * 3 = 9
  • 42 =4 * 4 = 16
  • 52 =5 * 5 = 25
  • 62 =6 * 6 = 36
  • 72 =7 * 7 = 49
  • 82 =8 * 8 = 64
  • 92 =9 * 9 = 81
  • 102 =10 * 10 = 100

Cara menghitung akar pangkat 2 di bilangan besar

Pada proses penghitungan akar kuadrat bilangan besar, misalnya diatas 100, dapat dikerjakan tanpa memakai kalkulator. Adapun cara yang dikerjakan dapat dibilang cukup mudah, namun dengan memakai teknik khusus. Pertama, kita lakukan pemisahan angka satuan dari pasangan nya menjadi 2, yakni angka kecil dan angka besar. Yang dimaksud dengan angka kecil adalah angka satuan dan juga pasangannya yang kurang dari angka 5. Sementara itu, yang dimaksud dengan angka besar yaitu angka satuan serta pasangannya yang melebihi dari angka 5.

Baca Juga:   Cara Menghitung IP Dan IPK Pada Semua Perguruan Tinggi

Yang termasuk angka kecil adalah:

  • Angka satuan 1 yang memiliki pasangan 1
  • Angka satuan 2 yang memiliki pasangan 4
  • Angka satuan 3 yang memiliki pasangan 9
  • Angka satuan 4 yang memiliki pasangan 6
  • Angka satuan 5 yang memiliki pasangan 5

Yang termasuk angka besar adalah:

  • Angka satuan 6 yang memiliki pasangan 6
  • Angka satuan 7 yang memiliki pasangan 9
  • Angka satuan 8 yang memiliki pasangan 4
  • Angka satuan 9 yang memiliki pasangan 1
  • Angka satuan 0 yang memiliki pasangan 0

Begitu anda memahami angka satuan serta pasangannya, anda dapat melihat angka pasangan yang sama, yakni angka satu, angka 4, angka 6, dan angka 9 dari angka kecil dan juga angka besar. Pasangan dalam hal tersebut dapat dibolak-balik, contohnya adalah angka 9 berpasangan dengan angka 1, dan angka 1 berpasangan dengan angka 9.

Pantas, pada proses penghitungan akar pangkat dua kuadrat yang berasal dari bilangan kuadrat di atas angka 100, anda pakai trik jitu, Yakni dengan cara memasang masangkan bilangan pangkat 2 serta satuan bilangan kuadrat tersebut. Langkah-langkahnya bisa dijabarkan seperti berikut ini:

Langkah pertama, lakukan pemisahan dua angka dari bagian kanan atau bagian belakang.

Silakan Anda cari bilangan pangkat 2 dimana bilangan kuadrat nya kurang maupun sama dengan bilangan yang berada di sebelah kirinya atau di depannya.

Abaikan adalah dua angka yang telah dipisahkan sebelumnya. Silakan Anda lihat satuan bilangan kuadrat atau angka yang berada paling belakang, lalu silakan Anda cari pasangannya.

Adapun contoh dari pemakaian akar pangkat dua pada bilangan besar yaitu:

√1936 = ?

Di dalam proses pemecahan soal di atas, maka anda perlu untuk melakukan pemisahan angka tersebut menjadi 2 bagian, yakni angka 19 dan angka 36.

Anda hitung bilangan pangkat 2 paling dekat dari angka 19, yakni angka 42, didapat angka 16. Berikutnya angka tersebut dikurangi serta didapat angka 3. Disebabkan karena hasil dari pengurangan tersebut lebih kecil dari angka 4, maka silakan pakai angka kecil. Berikutnya, anda cukup mencari pasangan dari bagian akhir pada bilangan yang kedua, yakni 36 serta diperoleh bahwa pasangan angka kecil dari angka 6 yaitu angka 4. Dengan pemakaian langkah tersebut, maka akan diperoleh hasil perhitungan dari √1936 yaitu 44.

Baca Juga:   2 Aplikasi Jadwal Pelajaran Madrasah Aliyah Gratis

Cara menghitung akar kuadrat desimal

Ada sebuah contoh soal bidang matematika, yakni mencari akar kuadrat dari bilangan 124?

Cara Menghitung Akar Kuadrat

Proses penyelesaiannya Yaitu anda cukup mencari dua jawaban paling dekat dari akar kuadrat 124, sehingga Anda akan menemukan jawaban sementara yaitu angka 11 dan angka 12. Langkah berikutnya, lakukan pengecekan pada kedua angka tersebut, Perhatikan bagian berikut ini:

  • 11^2 didapat angka 121 sehingga bisa disimpulkan kurang dari 124 atau bisa dikatakan lebih kecil
  • 12^2 didapat angka 144 sehingga bisa disimpulkan terlalu besar

Dengan demikian, maka bisa ditarik kesimpulan awal bahwa jawaban yang benar yakni 11 koma sekian sekian.

Langkah berikutnya, Silakan anda mencari selisih dari angka 124 dan 121, yakni angka 3.

Di tahap berikutnya, anda cukup mencari selisih kedua nilai yang paling dekat, yakni 144 dan 121, sehingga didapat angka 23

Dengan demikian, maka akan diperoleh sebuah angka pecahan, yaitu 3/23.

Pada kesimpulan akhir akan diperoleh jawaban yang benar dari akar 124 yakni 11 + 3/23 atau jika dirubah ke angka desimal yaitu 11,13.

Selanjutnya, apabila memakai langkah yang kedua pada proses menghitung akar kuadrat dengan menggunakan hasil desimal dapat menggunakan teknik pemfaktoran, di mana detailnya bisa anda Simak pada bagian berikut ini

Cara Menghitung Akar Kuadrat

Di langkah yang kedua tersebut, dapat menggunakan pohon faktor, yakni angka 124 dibagi dengan angka 2, sehingga diperoleh hasil 62, kemudian dibagi dengan angka 2 yang nantinya akan didapatkan angka 31 yang mana angka tersebut sudah tidak dapat lagi dibagi sehingga diperoleh hasil paling akhir yakni 124 adalah sama dengan 2^2 * 31

Dengan demikian, akar dari 124 yaitu V2^2 * V31 = 2V31.

Masih cukup merasa bingung? Anda dapat menggunakan langkah manual seperti berikut ini:

Cara Menghitung Akar Kuadrat 2

Langkah awal, Silakan anda mencari Angka berapa yang jika dikalikan akan memperoleh hasil kurang dari maupun sama dengan 2, contohnya adalah 1 * 1. Selanjutnya, baru lah dikurangi dengan angka 2,3 menggunakan angka 1. Anda harus selalu ingat terdapat angka 2 yang turun ketika dikurangi.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Media Pembelajaran

Langkah berikutnya, silakan lakukan penambahan angka sebelumnya, yakni angka 1 + 1, sehingga Anda akan memiliki angka 2. Dua puluh “berapakah” yang jika dikalikan dengan “berapa” Di mana hasilnya kurang dari maupun sama dengan 130 yakni pada angka 25 * 5, didapat hasil 125. Selanjutnya, barulah lakukan pengurangan angka 130 dengan angka 125. Dengan demikian, akan didapat hasil angka 5, pada masing-masing operasi harus terdapat dua angka yang turun, sehingga pada akhirnya akan didapat angka 500.

Langkah selanjutnya, dengan teknik menambahkan 25 + 5, didapat angka 30, kemudian tiga ratus “berapakah” yang jika dikalikan dengan angka “berapa” akan memperoleh hasil kurang dari maupun sama dengan angka 500. Contohnya adalah 301 * 1, didapat angka 301.

Pada langkah yang berikutnya, silakan Anda coba mencari angka yang nantinya akan didapat 3026 * 6 = 18156, sehingga pada akhirnya akan terdapat sisa 1744.

Langkah terakhir yaitu silakan Anda lihat bagian angka satuan yang Telah anda peroleh tadi, misalnya adalah angka 1 5 1 6. Angka tersebut nantinya akan menjadi akar pangkat dua dari angka 2,3. Tentunya dengan cara menyimpan koma, setelah angka paling awal. Dengan demikian, maka bisa didapat hasil perhitungan akhir pangkat dua dari angka 2,3 yaitu 1,516.

Sekian Uraian singkat tentang cara menghitung kuadrat dan juga cara menghitung akar pangkat 2 baik pada bilangan kecil maupun pada bilangan besar dengan menggunakan beberapa teknik yang bisa dijadikan sebagai pilihan anda untuk memperoleh hasil jawaban dari kuadrat maupun akar pangkat 2 pada soal matematika. Mudah-mudahan, beberapa teknik di atas mampu dijadikan panduan dan patokan yang lebih mudah untuk memperoleh hasil pada sebuah soal kuadrat maupun menghitung akar pangkat dua dengan lebih cepat tanpa menggunakan alat bantu kalkulator dan alat bantu Elektronika yang lainnya. Terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Kubikasi Kayu

Cara Menghitung Kubikasi Kayu

Khusus untuk Anda yang memiliki bidang pekerjaan yang berkaitan dengan perkayuan, maka bisa dipastikan Anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *