Home / Pendidikan / Cara Menghitung Kubikasi Kayu

Cara Menghitung Kubikasi Kayu

Khusus untuk Anda yang memiliki bidang pekerjaan yang berkaitan dengan perkayuan, maka bisa dipastikan Anda harus memahami dan mengetahui cara menghitung kubikasi kayu. Sementara itu, kubikasi kayu itu sendiri merupakan suatu nilai besaran volume yang terdapat pada kayu. Satuan yang digunakan untuk menyatakan kubikasi kayu adalah memakai meter kubik atau M3.ketika kita mengetahui nilai kubikasi dari suatu kayu, maka kita bisa mengetahui atau menafsirkan harga dari kayu tersebut dengan dasar nilai kubikasinya.

Cara Menghitung Kubikasi Kayu

Langkah yang dipakai pada saat menghitung kubikasi kayu gelondong atau kayu log tentunya berlainan dengan langkah untuk menghitung kubikasi kayu gergajian maupun kayu yang telah diolah menjadi papan. Hal tersebut disebabkan secara fisik saja Kedua jenis kayu tersebut sudah berlainan. Oleh karena itu, masing-masing jenis kayu tersebut memiliki rumus tersendiri ketika hendak menghitung nilai dari kubikasinya.

Cara menghitung kubikasi kayu

Untuk bisa menghitung kubikasi Kayu jenis gelondong atau log maka bisa menggunakan rumus di bawah ini:

Baca Juga:   Download Kisi-Kisi UN SMP/MTs, SMA/MA, SMK, SMALB Tahun Pelajaran 2016/2017

(P x D x D x 0,7854) : 10.000 = nilai kubikasi

Keterangannya:

P merupakan panjang kayu yang menggunakan satuan meter

D merupakan diameter dari kayu yang menggunakan satuan cm

Contoh soal:

Apabila ada seseorang yang hendak membeli kayu yang masih berbentuk gelondong yang memiliki diameter berukuran 25 cm serta memiliki panjang 2 M, maka apabila memakai rumus di atas, nilai dari kubikasi yang ada pada kayu tersebut yaitu (2 * 25 * 25 * 0,7854):10.000 = 0,098175 M3.

Dengan demikian, maka besar nilai kubikasi di satu gelondong kayu yang hendak dibeli oleh pembeli tersebut yaitu 0,098175 atau mendekati angka Super 10 kubik.

Catatan: nilai dari kubikasi kayu yang didapat dengan memakai rumus tersebut hampir mirip atau sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan nilai dari kubikasi kayu yang berada di tabel kubikasi kayu pada log pertanian. Apabila anda tidak ingin repot-repot menghitung dengan memakai rumus di atas, maka anda dapat membaca secara langsung di tabel kepunyaan Perhutani di bagian tabel kubikasi Perhutani.

Sementara itu, rumus maupun cara menghitung kubikasi kayu papan atau gergajian bisa dilihat pada bagian berikut ini:

Baca Juga:   Ciri Ciri Guru Yang Baik Pada Pengelolaan Pembelajaran

(T x L x P) : 10.000 = nilai kubikasi

Keterangannya:

P merupakan panjang dari papan kayu yang menggunakan satuan meter

L merupakan lebar dari papan kayu yang menggunakan satuan cm

T merupakan tebal dari papan kayu yang menggunakan satuan cm

Contoh soal:

1 buah papan kayu yang memiliki ketebalan 4 cm, panjang 2 meter, serta lebar 25 cm, maka nilai dari kubikasi di papan kayu tersebut apabila memakai rumus di atas yaitu (4 * 25 * 2):10.000 = 0,02 M3 Atau bisa disimpulkan memerlukan 5 buah lembar papan guna mencapai 1 M3.

Adapun cara menghitung kubikasi Kayu pada rumus di atas tidak hanya bisa diterapkan untuk berbagai macam jenis kayu tertentu, namun juga dapat digunakan pada seluruh jenis kayu jenis komersial yang lainnya, misalnya adalah kayu mahoni, kayu Mindi, kayu sengon, kayu jati dan jenis kayu yang lainnya.

Demikianlah penjabaran singkat tentang cara menghitung kubikasi kayu yang bisa penulis Uraikan di kesempatan kali ini. Semoga saja, anda yang kebetulan bekerja di Perhutani ataupun pada bidang perkayuan yang lainnya memperoleh tambahan pengetahuan dan wawasan baru mengenai langkah demi langkah cara menghitung kubikasi kayu yang baik dan benar sehingga Anda mampu untuk menentukan besaran kubikasi kayu secara valid. Terima kasih dan selamat beraktifitas.

Baca Juga:   Ciri Ciri Guru Kreatif Yang Patut Untuk Ditiru

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung KKM

Cara Menghitung KKM Pada Semua Mata Pelajaran

KKM atau kriteria ketuntasan minimal digunakan sebagai dasar patokan nilai paling rendah pada proses penilaian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *