Home / Elektronika / Cara Mengukur Ampere Dengan Multimeter Digital

Cara Mengukur Ampere Dengan Multimeter Digital

Ampere adalah satuan dari arus listrik yang mengalir ke suatu beban di peralatan kelistrikan maupun elektronika. Tentunya, seorang teknisi membutuhkan beragam informasi tentang besarnya arus listrik dalam satuan Ampere maupun miliampere yang masuk ke dalam peralatan elektronika maupun kelistrikan sebagai dasar panduan untuk melakukan sesuatu. Dari latar belakang hal tersebut, maka dibutuhkan pengetahuan cara mengukur ampere dengan multimeter.

Cara Mengukur Ampere

Di saat sekarang ini, multimeter juga diproduksi dalam beberapa model, yakni multimeter Analog dan multimeter digital. Tentunya, masing-masing dari jenis multimeter tersebut memiliki kelemahan dan keunggulan. Pada multimeter analog, batas maksimal arus listrik yang bisa diukur masih tergolong kecil, yakni di bawah 1 ampere. Berbeda dengan multimeter digital di mana arus listrik maksimal yang bisa diukur bisa mencapai 20 ampere.

Selain multimeter, memang kita bisa menggunakan alat tester untuk mengukur arus listrik yang namanya adalah ampere meter. Biasanya, ampere meter memiliki skala yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan multimeter biasa. Artinya, besarnya arus listrik yang bisa diukur menggunakan alat ukur amperemeter tersebut cukuplah besar. Namun, kekurangan dari alat tersebut adalah tidak memiliki multifungsi yang nantinya bisa digunakan untuk mengukur besarnya tegangan, hambatan dan lain sebagainya.

Baca Juga:   Apakah Pengaruh Arah Arus Listrik Terhadap Arah Medan Magnet

Cara mengukur ampere dengan multimeter digital

Seperti yang sudah di singgung di bagian atas bahwa multimeter digital memiliki Range pengukuran arus listrik yang cukup besar, yakni bisa mencapai 20 ampere. Untuk itulah, pada praktek kali ini anda bisa menggunakan multimeter digital karena akan lebih fleksibel di dalam mengukur arus listrik yang masuk pada sebuah beban yang cukup besar.

Akan tetapi, pada prinsipnya cara mengukur ampere pada multimeter digital dan pada multimeter analog adalah sama saja. Yang perlu diperhatikan hanyalah pada perkiraan arus listrik yang mengalir pada suatu beban peralatan. Baiklah, Mari kita bahas langkah demi langkah cara mengukur ampere dengan multimeter digital.

1. Langkah pertama, silakan Anda posisikan saklar pada multimeter di posisi ampere (A)

Anda bisa memilih skala berdasarkan perkiraan arus listrik yang hendak diukur. Apabila arus listrik yang hendak diukur sekitar 100 mili ampere, maka silakan Anda putar saklar selector pada posisi 0.3 ampere atau 300 mili ampere. Apabila kuat arus yang hendak diukur lebih tinggi dari skala yang Anda pilih, maka Fuse atau sekring pada multimeter akan terputus. Pada kasus tersebut, maka kita wajib menggantinya sebelum kita bisa menggunakan multimeter itu kembali.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Headset

2. Silakan Anda putuskan jalur dari power supply atau catu daya yang terhubungkan ke beban peralatan

Selanjutnya, silakan Anda sambungkan Probe pada multimeter pada Terminal jalur yang kita putus tadi. Bagian probe merah kebagian keluaran tegangan positif/+ dan bagian dari probe hitam ke bagian input tegangan positif/+ pada beban maupun rangkaian yang hendak diukur. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat pada rangkaian gambar dibawah ini:

Cara Mengukur Ampere Dengan Multimeter Digital

Cukup mudah bukan cara mengukur ampere dengan multimeter digital? Pada intinya, mengukur besarnya arus listrik pada beban adalah sama saja baik menggunakan multimeter digital maupun multimeter analog. Hanya saja, pada multimeter digital maka kita tidak perlu untuk membaca skala hasil pengukuran pada layar, Namun kita bisa langsung membaca besarnya arus listrik yang mengalir Dalam bentuk angka. Terima kasih dan selamat mencoba, Semoga berhasil.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur IC Yang Mengalami Kerusakan

Cara Mengukur IC Yang Mengalami Kerusakan

IC adalah salah satu komponen elektronika yang dibuat dengan cukup kompleks dan memiliki fungsi cukup …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *