Home / Tips dan Trik / Cara Mengukur Badan Ideal Pada Pria Maupun Wanita

Cara Mengukur Badan Ideal Pada Pria Maupun Wanita

Halo, apa kabar semuanya? Di kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk membahas Bagaimana cara mengukur badan ideal baik pada pria maupun wanita. Bisa dikatakan bahwasanya memiliki berat badan yang ideal adalah salah satu dambaan setiap orang. Oleh sebab itu, maka tidak mengherankan banyak sekali orang yang selalu berlomba-lomba guna memperoleh Berat badan yang ideal.

Cara Mengukur Badan Ideal

Akan tetapi, tentunya Anda harus memahami apakah berat badan yang sudah anda harapkan tersebut telah sesuai dengan berat badan yang ideal sesuai dengan perhitungan? Kadangkala, ada sejumlah orang yang mendambakan memiliki berat badan yang berada di bawah normal. Tentunya, kondisi tersebut akan berefek buruk bagi kesehatan.

Memiliki berat badan yang sangat gemuk maupun sangat kurus, semuanya tentu sangat tidak disarankan. Memiliki berat badan yang ideal tentunya sangat penting sebagai salah satu usaha guna mempertahankan kondisi kesehatan seluruh bagian tubuh. Kondisi tersebut juga adalah salah satu teknik guna mengendalikan serta mencegah berbagai macam penyakit yang bisa masuk.

Memiliki berat badan obesitas atau berlebihan tentunya bisa menaikkan resiko terkena serangan penyakit serius, misalnya adalah penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes melitus tipe2, kanker, batu empedu.

Baca Juga:   Inilai 10 Tips Foto Selfie Supaya Terlihat Sempurna

Lalu, Bagaimanakah cara mengukur berat badan ideal, Apakah berat badan yang sudah anda miliki telah masuk ke dalam kategori yang ideal? Berat badan yang ideal untuk masing-masing orang tentunya berlainan. Oleh karena itu, Janganlah melakukan proses pembandingan berat badan yang anda miliki dengan berat badan orang lain, misalnya adalah keluarga atau saudara.

Guna memahami Berapakah berat badan ideal untuk Anda, tentunya Anda dapat menyesuaikan nya dengan tinggi badan Anda sendiri. Oleh karena itulah, sebelum anda memulai untuk menghitung berat badan pada diri Anda, alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu tinggi badan yang anda miliki.

Cara Mengukur Badan Ideal Pada Pria Maupun Wanita

Guna memahami apakah berat badan yang anda miliki masuk ke dalam kategori Normal atau tidak maka anda dapat melakukan perhitungan dengan menggunakan rumus:

Berat badan ideal dan normal dalam satuan kg adalah tinggi badan dalam satuan cm dikurangi 100. Dengan demikian, apabila anda memiliki tinggi badan 170 cm, maka anda cukup memiliki berat badan 70 kg dan itu dikatakan sebagai berat badan normal.akan tetapi, akan berbeda lagi apabila anda menginginkan untuk memiliki berat badan yang ideal.

Baca Juga:   Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows Tanpa Software

Berat badan yang ideal tersebut tentu dibedakan antara wanita dengan pria. Kondisi tersebut disebabkan adanya perbedaan komposisi pada tubuh wanita dan tubuh pria. Pada tubuh pria cenderung mempunyai massa otot yang lebih banyak dibandingkan dengan wanita. Sementara itu, wanita memiliki komposisi lemak yang lebih banyak di dalam tubuh.

Guna menghitung berat badan yang ideal, maka anda dapat memakai rumus broca yang telah ditemukan oleh Pierre Paul broca. Tentunya cukup gampang guna memakai rumus tersebut. Pada pria, berat badan ideal dalam satuan kg didapat dari (tinggi badan dalam satuan cm dikurangi 100)-( tinggi badan dalam satuan cm*10%). Sementara itu, berat badan ideal untuk wanita dalam satuan kg adalah (tinggi badan dalam satuan cm dikurangi 100)-( tinggi badan dalam satuan cm*15%). Sebagai contoh, apabila ada wanita mempunyai tinggi badan 158 cm, maka apabila menggunakan rumus di atas berat badan idealnya yaitu 58-8.7 didapat hasil 49,3 cm.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka bisa dilihat bahwasanya meskipun anda mempunyai berat badan yang masuk ke dalam kategori normal, namun belum tentu masuk ke dalam kategori ideal. Rata-rata, setiap wanitalah yang sangat menginginkan untuk memiliki berat badan yang ideal. Guna memperoleh berat badan yang cukup ideal, artinya Bukankah Anda harus Melaksanakan diet ketat.

Baca Juga:   Cara Mengukur Mikrometer Yang Perlu Dipahami Setiap Orang

Kunci cara memperoleh berat badan ideal yakni melakukan penyeimbangan antara sejumlah energi yang masuk dengan sejumlah energi yang hendak digunakan. Apabila anda harus menurunkan berat badan guna memperoleh berat badan ideal, makan energi yang keluar dari dalam tubuh jumlahnya harus lebih besar dibandingkan dengan energi yang masuk, begitu pula sebaliknya.

Demikianlah Uraian singkat tentang cara mengukur berat badan ideal baik pada pria maupun wanita. Perlu ditegaskan lagi bahwasanya berat badan normal tidak sama dengan berat badan ideal, sebab rumus perhitungan yang digunakan juga berbeda. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Mikrometer

Cara Mengukur Mikrometer Yang Perlu Dipahami Setiap Orang

Alat mikrometer memang bukanlah alat umum yang diketahui oleh setiap masyarakat. Hanya beberapa bidang pekerjaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *