Home / Umum / Usaha / Cara Mengukur Badan Untuk Membuat Baju

Cara Mengukur Badan Untuk Membuat Baju

Cara mengukur badan untuk membuat baju perlu dipahami dan dipelajari oleh setiap orang yang hendak belajar menjahit sendiri atau untuk meningkatkan kemampuan di dalam menjahit baju. Tentunya, cara mengukur badan untuk baju adalah berlainan pada sejumlah model baju yang hendak dibuat. Namun, Ketika anda sudah memahami dengan sebenar-benarnya cara mengukur badan untuk membuat baju, maka anda bisa dengan mudah melakukan berbagai macam pengukuran badan untuk membuat beragam model baju yang diinginkan.

Cara Mengukur Badan Untuk Membuat Baju

Bagi anda yang sekarang ini sedang mencari tutorial Bagaimana cara mengukur badan untuk baju, maka anda berada pada artikel yang tepat karena sebentar lagi Anda akan memiliki teori dasar Bagaimana cara mengukur badan untuk membuat baju sendiri. Bahkan, apabila kemampuan anda di dalam membuat baju sendiri cukup bagus, maka anda bisa mengembangkan menjadi bentuk sebuah usaha yang bisa mendapatkan keuntungan.

Cara mengukur badan untuk membuat baju

Terdapat dua buah cara yang cukup simpel dan mudah di dalam mengukur badan guna membuat baju baik untuk bagian atasan maupun dress panjang. 2 cara tersebut yaitu dengan cara secara langsung mengukur badan seseorang maupun dengan cara melakukan pengukuran baju yang telah jadi dan pas dikenakan. Rata-rata, kita dapat memakai satuan cm. Berikut ini adalah penjabaran tentang cara mengukur badan untuk membuat baju berdasarkan latar belakang diatas.

Baca Juga:   Contoh Sistem Kerja Pada Usaha Laundry

1. Cara mengukur badan untuk membuat baju secara langsung

Tentunya, lengkap di atas apa yang jauh lebih mudah, di mana kita bisa meminta bantuan kepada teman guna mengukur ukuran badan kita. Proses tersebut menggunakan meteran yang bersifat fleksibel yang seringkali digunakan oleh penjahit. Namun, apabila hanya terdapat penggaris saja, maka tentunya kita dapat memakai tali, kemudian panjang dari tali tersebut diukur menggunakan meteran atau penggaris biasa.

  • Mengukur bagian lingkar dada, caranya adalah alat meteran tersebut kita lingkarkan pada sekeliling badan melewati buah dada yang diukur secara pas, Kemudian ditambahkan 4 cm.
  • Mengukur bagian pundak atau lebar punggung, caranya adalah diukur dari bagian atas atas kerung lengan kiri sampai dengan kerung lengan kanan.
  • Mengukur bagian lingkar pinggang, caranya adalah diukur pada sekeliling pinggang, Kemudian ditambahkan 2 cm
  • Mengukur bagian lengan bahu, caranya adalah dengan melakukan pengukuran dari bagian lekuk leher sampai ke bagian ujung bahu
  • Mengukur lingkar kerung Lengan, caranya adalah dilakukan pengukuran di sekeliling bagian kerung lengan dari bagian bawah ketiak kemudian diserahkan maupun dimasukkan 2 buah jari.
  • Mengukur panjang lengan pendek, caranya adalah diukur dari bagian ujung bahu sampai dengan bagian siku untuk baju lengan pendek, lalu sampai panjang yang diinginkan apabila hendak membuat baju berlengan panjang.
  • Mengukur panjang bahu, caranya adalah dilakukan pengukuran pada bagian ujung pundak atau bahu sampai dengan Bagian yang diinginkan
Baca Juga:   Cara Mengukur Baju Untuk Dijahit Dengan Cepat Dan Mudah

2. Cara mengukur badan untuk membuat baju dengan cara mengukur baju

Guna memudahkan proses pengukuran diri sendiri, maka langkah yang cukup mudah adalah memakai baju kita sendiri yang telah ada dan tentunya memiliki ukuran yang pas pada badan kita. Oleh karena itu, silakan Anda mencoba salah satu baju dari sekian banyak baju yang cukup nyaman untuk dikenakan, dilepas kemudian digelar di lantai. Setelah itu, siapkan pulang meteran, maupun penggaris biasa.

  • Cara mengukur bagian pundak adalah dilakukan dengan cara mengukur dari bagian ujung pundak ke bagian ujung pundak yang satunya. Apabila diinginkan bagian lingkar leher yang tidak standar atau diluar ukuran standar, silakan Anda menambahkan panjang dari bagian sambungan jahitan di bagian keras sampai dengan ujung pundak.
  • Cara mengukur bagian panjang lengan, dilakukan proses pengukuran panjang tangan, dari bagian ujung pundak sampai dengan panjang yang diinginkan, dapat dikurangi maupun ditambahkan dari contoh baju yang diukur tersebut
  • Cara mengukur lebar dada, bisa dilakukan pengukuran dari bagian sambungan ke arah bawah ketiak dan diukur bagian lebarnya saja, kemudian dikalikan 2 apabila ingin mengetahui lingkarnya.
  • Mengukur lebar pinggang juga tetap bisa diterapkan. Apabila pada bagian pinggang tersebut memiliki ukuran yang berbeda, maka harus diukur juga. Tentunya, akan memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan dada untuk ukuran yang langsing. Apabila ukuran perutnya cukup besar, maka ukurannya juga Akan ikut besar dibandingkan dengan ukuran dada maupun panggul, sehingga bisa dibuat sama diantara lebar pinggang dengan pinggul maupun lebar dada.
  • Cara mengukur lebar panggul bisa dilakukan dengan cara mengukur bagian lebar dari panggul, maupun lebar bagian ujung baju model atasan, misalnya adalah kemeja, blus dan lain sebagainya.
  • Cara mengukur panjang baju, dilakukan dengan cara mengukur dari bagian sambungan jahitan pada Craft atau leher ataupun bagian pundak sampai dengan panjang yang diinginkan. Tentunya dapat dikurangi dapat pas maupun ditambah.
  • Untuk bagian yang lainnya yang perlu dilakukan pengukuran adalah di bagian leher tangan. Silakan Anda ukur di bagian ujung tangan, dan apabila diinginkan berbeda dari standar, maka bagian pangkal lengan juga dapat diberikan ukuran.
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Housekeeping

Walaupun cukup banyak bagian yang perlu diukur, namun cara mengukur badan untuk membuat aja di atas cukuplah mudah dipahami dan tentunya bisa dijadikan sebagai acuan untuk mengukur badan baik secara langsung maupun secara tidak langsung, yakni mengukur ukuran baju yang telah jadi cukup nyaman digunakan sehari-hari. Mudah-mudahan, yang di atas bisa berguna dan bermanfaat untuk anda sekalian. Terima kasih dan selamat mencoba, Semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Celana Pria

Cara Mengukur Celana Pria Dengan Mudah

Celana adalah salah satu bagian dari pakaian yang wajib dikenakan oleh setiap orang. Tentu, anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *