Home / Umum / Usaha / Cara Mengukur Baju Untuk Dijahit Dengan Cepat Dan Mudah

Cara Mengukur Baju Untuk Dijahit Dengan Cepat Dan Mudah

Hai, apa kabar Pembaca sekalian? Pada kesempatan yang baik ini inanesia.com pingin membagikan informasi Bagaimana cara mengukur baju untuk dijahit. Tentunya, tujuan mengukur baju sebelum dijahit adalah guna memperoleh ukuran yang pas bagi penggunanya. Tentunya, cara mengukur baju bukanlah perkara yang mudah bagi para pemula, walaupun Hal tersebut berkebalikan bagi para profesional di bidang menjahit, di mana mereka dengan cukup cekatan menguasai teknik mengukur baju untuk dijahit.

Cara Mengukur Baju Untuk Dijahit Dengan Cepat Dan Mudah

Halo, apa sajakah yang perlu dipersiapkan sebelum kita mempelajari cara mengukur baju untuk dijahit? Tentu, Anda harus mempersiapkan peralatan dasar untuk pengukuran baju, yakni meteran. Tentunya, meteran yang dimaksud adalah meteran jahit, bukan meteran yang sering dipakai oleh tukang bangunan. Meteran jahit tersebut cukup banyak yang menjualnya, misalnya adalah di toko bahan pakaian.

Cara mengukur baju untuk dijahit

Baiklah, tanpa perlu panjang lebar lagi marilah kita bahas secara lengkap Bagaimana cara mengukur baju untuk dijahit tersebut supaya kita memperoleh ukuran yang pas dan bisa dipakai dengan nyaman ketika baju tersebut sudah selesai dijahit. Ikutilah tutorialnya berikut ini.

Baca Juga:   Perhitungan Kenaikan Gaji Karyawan

1. Mengukur lingkar badan

Proses pengukuran lingkar badan dilakukan dengan cara mengukur keliling badan yang paling besar, yakni melewati Puncak dada serta di bagian bawah ketiak diukur secara pas. Supaya memiliki ukuran lebih longgar dan tersedia bahan yang cukup, maka bisa menambahkan 4 cm atau bisa diberikan sela sekitar 4 jari.

2. Mengukur lingkar pinggang

Proses pengukuran lingkar pinggang dilakukan mengelilingi pinggang secara paus, lalu ditambahkan sekitar 1 Sela jari atau 1 cm. Tujuannya adalah untuk memperoleh kelonggaran baju sebelum dijahit.

3. Mengukur panjang pundak atau bahu

Proses pengukuran panjang pundak atau bahu dilakukan dari bagian atas leher samping sampai dengan bagian Puncak Lengan, atau pada bagian bahu yang paling rendah.

4. Mengukur lingkar lubang lengan

Proses pengukuran lingkar lubang lengan dilakukan dengan cara mengukur bagian lingkar lubang lengan dan dilakukan secara pas. Untuk memperoleh kelonggaran terhadap ukuran lingkar lubang Lengan, maka anda bisa menambahkan 2 cm Untuk busana yang tanpa lengan serta 4 cm untuk busana yang menggunakan lengan.

Baca Juga:   Perhitungan Gaji Pensiun

5. Mengukur lingkar pangkal lengan

Proses pengukuran lingkar pangkal lengan dilakukan menggunakan dua metode yakni (a) mengukur lingkar pangkal lengan pendek: dilakukan dengan cara mengukur secara pas, lalu menambahkan 4 cm sampai dengan 6 cm untuk memberikan kelonggaran, (b) Mengukur lingkar pergelangan lengan panjang, proses pengukurannya dilakukan di sekeliling kepalan tangan.

6. Mengukur panjang lengan

Proses pengukuran panjang lengan dilakukan mulai dari bagian Puncak lengan sampai dengan melewati tulang pergelangan yang menonjol. Sementara itu, apabila yang hendak dibuat adalah baju berlengan pendek, maka proses pengukuran dimulai dari bagian Puncak lengan sampai dengan batas panjang yang dikehendaki.

7. Mengukur lingkar panggul

Proses pengukuran lingkar panggul adalah diukur pada sekeliling panggul yang paling besar secara pas. Guna memperoleh kelonggaran, maka bisa menambahkan 4 cm atau ditambahkan Sela kurang lebih 4 jari.

8. Mengukur tinggi panggul

Proses pengukuran tinggi panggul dilakukan dengan cara diawali mulai dari bagian batas pinggang sampai dengan bagian batas pinggul.

9. Mengukur panjang badan atau panjang punggung

Proses pengukuran panjang badan maupun panjang punggung dilakukan dari bagian tulang leher yang menonjol, lalu bergerak lurus ke arah bawah sampai dengan batas bawah yang diinginkan

Baca Juga:   Cara Mengukur Baju Kebaya Wanita Dengan Mudah

Itulah penjelasan mengenai cara mengukur baju untuk dijahit yang bisa saya bahas pada kesempatan yang baik ini. Mudah-mudahan, anda yang sekarang ini sedang belajar bagaimana cara menjahit baju dengan baik dan benar bisa terbantu. Terima kasih dan selamat mencoba, Semoga berhasil.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Gaji Karyawan

Cara Menghitung Gaji Karyawan Paling Baru

Setiap orang yang bekerja pada sebuah perusahaan yang mana perusahaan tersebut mampu menghasilkan keuntungan sudah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *