Home / Umum / Usaha / Cara Mengukur Baju Yang Benar Dan Pas

Cara Mengukur Baju Yang Benar Dan Pas

Cara mengukur baju yang benar dan pas adalah salah satu hal yang sangat penting dikuasai oleh para penjahit karena pekerjaan menjahit merupakan pekerjaan yang sangat memerlukan ketelitian. Tentunya, sudah cukup banyak terdengar keluhan dari berbagai macam pelanggan ketika mereka menjahit pakaian, terutama dari sisi ukuran yang tidak tepat. Ada yang menyampaikan bahwa ukurannya terlalu kecil, terlalu besar, bahkan ada pula yang menyampaikan bahwa model dari hasil jahitan tidak sesuai dengan yang dikehendaki.

Cara Mengukur Baju Yang Benar Dan Pas

Dari latar belakang itulah, maka di kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membahas Bagaimana cara mengukur baju yang pas dan sesuai dengan keinginan setiap pelanggan sehingga hasil jahitan yang didapat juga sesuai dengan yang diharapkan. Ketika hasil jahitan sesuai dengan yang diharapkan, maka tentunya baju tersebut akan lebih nyaman digunakan di badan.

Sebelum anda memulai untuk melakukan pengolahan kain menjadi suatu pakaian, maka pekerjaan paling pertama yang harus anda lakukan yaitu melakukan pengukuran badan pelanggan yang hendak menjahit tersebut. Dikalangan penjahit, terdapat dua cara yang cukup populer di dalam proses menjahit yakni mengukur badan secara langsung dan mengukur baju pelanggan yang sudah jadi dan memiliki ukuran pas.

Baca Juga:   Cara Mengukur Badan Untuk Membuat Kebaya

Teknik mengukur badan secara langsung tentunya cukup memudahkan di dalam mendapatkan ukuran yang pas serta bisa mengepaskan pula kain yang tersedia. Tentu, melakukan pengukuran pada badan secara langsung bisa dikatakan jauh lebih mudah dibandingkan dengan mengambil ukuran memakai baju yang telah jadi.

Sementara itu, pada saat menjahit menggunakan contoh baju yang telah jadi untuk mengambil ukuran jahitan, maka hal tersebut harus dilakukan dengan sangat hati-hati pada proses pengukuran. Terlebih, apabila jenis kain yang digunakan pada baju contoh dan jenis kain yang hendak dijahit memiliki perbedaan.

Cara mengukur baju yang benar

Selanjutnya, Mari kita bahas sejumlah bagian pada badan yang bisa diukur sebelum penjahit membuat sebuah pola pakaian dan memotong kain bahan pakaian tersebut. Silahkan di simak uraian berikut ini.

  1. Bagian lingkar dada, proses pengukuran dilakukan dengan cara bagian ujung meteran dengan angka paling kecil kita Letakkan pada bagian dada pelanggan serta bagian ujung yang satunya kita lingkarkan Sehingga nantinya bagian ujung yang satunya akan bertemu dengan bagian ujung yang lainnya, lalu jari telunjuk dan jari tengah kita sisipkan pada bagian tengah dimana bertemunya kedua ujung meteran tersebut.Teknik tersebut bertujuan supaya baju yang dibuat nantinya tidak terlalu sempit pada saat digunakan.
  2. Bagian lebar pundak atau lebar punggung, proses pengukuran dilakukan dari bagian batas Tengah kerung lengan kiri sampai dengan kerung lengan kanan.
  3. Bagian lingkar pinggang, proses pengukuran dilakukan pada sekeliling pinggang, lalu ditambahkan 2 cm.
  4. Bagian lebar bahu, proses pengukuran dilakukan dari bagian lekuk leher sampai dengan bagian ujung bahu.
  5. Bagian lingkar kerung Lengan, proses pengukuran dilakukan pada sekeliling kerung lengan dari posisi bawah ketiak, kemudian dimasukkan atau diselakan dua jari.
  6. Bagian panjang lengan pendek, proses pengukuran dilakukan dari bagian ujung bahu sampai dengan siku jika baju yang hendak dijahit adalah lengan pendek, atau bisa pula sampai panjang yang diinginkan apabila pakaian yang hendak dijahit adalah berlengan panjang.
  7. Panjang bahu, proses pengukuran dilakukan dari bagian ujung pundak atau ujung bahu sampai dengan panjang baju yang diinginkan.
Baca Juga:   Fungsi Utama Dari Uang Dalam Masyarakat Ekonomi

Cukup mudah bukan mempelajari cara mengukur baju yang benar dan pas sesuai dengan keinginan? Tentunya, dengan serius mempelajari teori serta mempraktekkan beberapa tutorial yang sudah ada, maka anda tidak perlu lagi merasa kesulitan untuk belajar bagaimana cara menjahit baju dengan ukuran yang pas sehingga pada akhirnya baju yang dibuat sesuai dengan keinginan. Terima kasih dan selamat praktek, Semoga berhasil.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Gaji Karyawan

Cara Menghitung Gaji Karyawan Paling Baru

Setiap orang yang bekerja pada sebuah perusahaan yang mana perusahaan tersebut mampu menghasilkan keuntungan sudah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *