Home / Umum / Kesehatan / Cara Mengukur Berat Badan Bayi Ideal Dengan Benar

Cara Mengukur Berat Badan Bayi Ideal Dengan Benar

Apakah anda merupakan seorang ibu yang sudah memiliki bayi? Tentu, cara mengukur berat badan bayi ideal adalah salah satu hal yang wajib untuk Anda pahami guna tetap menjaga supaya bayi anda selalu memiliki berat badan yang ideal. Memang, anda dapat secara rutin untuk mengunjungi Posyandu paling dekat guna melakukan penimbangan berat badan balita sekaligus bisa berkonsultasi dengan petugas yang ada di Posyandu tersebut berkaitan dengan berat badan bayi anda.

Cara Mengukur Berat Badan Bayi Ideal

Selain itu, anda tentunya dapat memanfaatkan rumus berat badan bayi dan balita guna sekedar melakukan pemantauan terhadap perkembangan buah hati anda, Apakah mengalami kelainan atau tidak. Berikut ini adalah sejumlah rumus yang bisa anda gunakan untuk menghitung berat badan bayi anda. Rumus-rumus yang digunakan cukuplah sederhana sehingga pasti anda mampu untuk menerapkannya.

1. Rumus untuk menghitung berat badan bayi

Yang dimaksud bayi di sini menurut definisi adalah anak yang memiliki umur 1 bulan sampai dengan 12 bulan. Apabila mengacu pada standar yang telah ditetapkan oleh WHO, maka berat badan bayi yang berusia 3 bulan berkisar di antara 5,1 kg sampai dengan 8 kg.Agar lebih lengkap, anda bisa menyimak penjabaran di bawah ini.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Digital Dibandingkan Termometer Analog

Rumus untuk berat badan bayi usia 1 bulan sampai dengan 6 bulan yaitu berat badan lahir menggunakan satuan gram ditambahkan dengan ( usia* 600 gram)

Rumus untuk berat badan bayi usia 7 bulan sampai dengan 12 bulan yaitu dapat memakai dua buah rumus berat badan bayi sebagai berikut:

( umur bayi:2) ditambah 3 ( satuan hasil dalam kilogram)

Berat badan bayi pada saat lahir dalam satuan gram ditambah ( umur* 500 gram) ( satuan dalam gram)

Misalnya adalah:

Bayi Bu Ani berusia 4 bulan serta memiliki berat badan 6000 gram. Pada saat lahir, bayi Bu Ani memiliki berat badan 3900 G. Maka, berat badan bayi ideal Bu Ani adalah 3900 ditambah (4*600 gram)sehingga hasilnya adalah 3900 ditambah 2400 didapat angka 6300 gram atau 6,3 kg. Kesimpulannya adalah bayi Bu Ani memiliki berat badan yang kurang ideal, sehingga memerlukan perhatian lagi dari sisi konsumsi dan gizinya.

2. Rumus untuk menghitung berat badan balita

Yang dimaksudkan balita di sini adalah anak yang memiliki umur 1 tahun sampai dengan 5 tahun. Untuk menghitung berat badan ideal dari balita, maka bisa menggunakan rumus 2n +8, di mana 2n adalah usia dalam satuan tahun, yakni usia bulan setelah dikali 2. Untuk lebih jelasnya, silakan perhatikan contoh berikut ini.

Baca Juga:   Arti Dari Hipertensi ? Inilah Penjelasan Lengkapnya

Contoh cara mengukur berat badan balita Ideal pertama:

Ibu Ani memiliki balita dengan usia 13 bulan, maka berat badan ideal balita tersebut yaitu

13 bulan adalah sama dengan 1 tahun 1 bulan, sehingga nilai n adalah 1,1, sehingga 2n adalah 2,2. Apabila dimasukkan ke dalam rumus maka berat ideal balita Bu Ani adalah 2,2+8 =4,2+8 =12,2

Contoh cara mengukur berat badan balita Ideal kedua:

Ibu Ani memiliki balita dengan umur 2 tahun 2 bulan, sehingga nilai dari 2n adalah 4 tahun 14 bulan, maka sama dengan 5 tahun 2 bulan atau 5,2. Maka berat badan ideal dari balita Bu Ani adalah 5,2+8=13,2Kg

Diperlukan kehati-hatian jika hasil dari perhitungan yang anda lakukan melebihi 20% atau kurang dari 20% dari berat badan ideal bayi atau balita anda. Sebab, hal tersebut mengindikasikan ketidakseimbangan gizi yang ada di dalam bayi atau balita. Bisa gizi buruk, bisa pula obesitas atau kegemukan.

Sekian Uraian singkat tentang cara mengukur berat badan bayi ideal Dengan menggunakan beberapa rumus yang bisa anda gunakan untuk selalu memantau perkembangan dari berat badan bayi atau balita anda. Mudah-mudahan bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Baca Juga:   Akibat Kekurangan Dan Kelebihan Air

Artikel menarik lainnya

Fungsi Utama Darah

Fungsi Utama Darah Pada Tubuh Manusia

Kata darah merupakan kata yang tidak asing lagi. Namun, Apakah anda memahami fungsi utama darah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *