Home / Umum / Kesehatan / Cara Mengukur Berat Badan Ideal Pria Dan Wanita

Cara Mengukur Berat Badan Ideal Pria Dan Wanita

Membicarakan tentang berat badan dapat dikatakan salah satu materi obrolan yang cukup sensitif, utamanya adalah untuk Anda yang mempunyai berat badan berlebih maupun berat badan yang ada di atas rata-rata. Pada saat seseorang mengharapkan berat badan yang cukup ideal, hal yang pertama untuk diperhatikan yaitu tentang asupan makanan yang dimakan setiap hari, apakah telah sesuai dengan kebutuhan di dalam tubuh atau belum.

Cara Mengukur Berat Badan Ideal Pria Dan Wanita

Oleh sebab itu, sebelum mengurangi maupun menambah berat badan, alangkah baiknya anda terlebih dahulu mengetahui cara mengukur berat badan ideal pria maupun cara mengukur berat badan ideal wanita yang bisa dijadikan sebagai bahan patokan di dalam program diet anda. Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk mengulas tentang cara mengetahui berat badan ideal dengan tahapan yang cukup mudah.

Sesungguhnya, yang namanya berat badan ideal memang sedikit sulit untuk dideskripsikan. Seorang yang mempunyai berat badan yang cukup berat, orang tersebut belum tentu berat badannya tidak ideal atau dikategorikan sebagai orang yang berat badannya berlebih. Bisa jadi, berat badan pada orang tersebut disebabkan oleh cukup banyaknya massa otot yang ada di dalam tubuh, jadi bukan hanya sekedar kadar lemaknya saja.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Digital Dibandingkan Termometer Analog

Penampilan dapat dijadikan sebagai kunci yang sangat penting pada proses menilai seseorang, apakah masuk ke dalam golongan tubuh yang belum ideal atau sudah ideal. Contohnya yaitu bahan yang terlalu besar, perut buncit, dan lain-lain. Selain itu, kita membutuhkan suatu pengukuran di dalam bentuk Angka guna tahu bagaimana cara mengukur berat badan ideal baik pada pria maupun wanita yang memakai metode atau teknik BMI.

Metode body Mass index atau BMI atau sering juga dinamakan dengan indeks massa tubuh atau IMT adalah sebuah metode yang sangat mudah untuk melakukan pengukuran berat badan ideal. Teknik tersebut memakai suatu acuan yakni tinggi badan serta berat badan Sehingga nantinya kita bisa tahu apakah masuk ke dalam golongan kelebihan berat badan, normal atau kurus.

Cara mengukur berat badan ideal pada pria dan wanita

Di bawah ini adalah cara untuk mengukur berat badan ideal pada wanita maupun pria memakai rumus BMI:

  1. Angka BMI diperoleh dari berat badan dalam satuan kg dibagi ( tinggi badan dalam meter dikalikan tinggi badan dalam meter)
  2. Misalnya adalah angka BMI didapat 58/(1,6X1,6)=22,66
Baca Juga:   Sistem Kerja Otak Lengkap Dengan Anatomi Dan Fungsinya

Dari proses perhitungan angka BMI di atas, maka kita bisa menggunakan acuan kategori kriteria berat badan ideal di bawah ini:

Standar angka BMI baik untuk wanita maupun untuk pria adalah

  1. Kurang dari 18,5 masuk ke dalam kriteria kekurangan berat badan
  2. 18,5 sampai dengan 24,9 masuk kedalam kriteria ideal
  3. 25 sampai 29,9 masuk ke dalam kriteria kelebihan berat badan
  4. Lebih dari 30 masuk ke dalam kriteria obesitas

Setelah anda memahami Bagaimana cara mengukur berat badan ideal memakai teknik BMI, anda tentunya bisa mengambil keputusan apakah hendak menaikkan berat badan atau mengurangi berat badan. Apabila berat badan yang anda miliki memang masih kurang, maka silakan memperbanyak untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

Menambah asupan makanan yang mengandung karbohidrat, di samping yang berasal dari nasi putih adalah salah satu teknik yang sering kali cukup berhasil guna menambah berat badan. Ketika anda sudah membiasakan diri untuk makan 3 kali dalam sehari, maka anda bisa merubahnya menjadi 5 kali sampai dengan 6 kali dalam sehari, akan tetapi dengan porsi makan yang dikurangi dari biasanya.

Begitu pula sebaliknya, apabila anda mempunyai masalah kelebihan berat badan, maka tentunya olahraga secara rutin amat dibutuhkan, utamanya adalah jenis olahraga yang bisa mengurangi kadar lemak pada tubuh. Adapun contoh olahraga yang bisa membakar lemak di dalam tubuh yaitu olahraga ketahanan tubuh atau olahraga aerobik serta latihan beban. Adapun contoh dari olahraga aerobik yaitu Mendayung, bersepeda dan jogging.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Alkohol

Jenis olahraga aerobik tentunya amat efektif guna membakar lemak, sementara itu latihan beban bisa dikerjakan dengan olahraga angkat besi ataupun menjadikan diri anda sendiri sebagai beban, misalnya adalah push up atau sit up. Di samping berolahraga, anda bisa pula mengimbangi dengan cara mengurangi mengkonsumsi berbagai macam makanan yang mengandung cukup banyak lemak, seperti minuman bersoda atau junk food.

Demikianlah uraian tentang cara mengukur berat badan ideal pria dan wanita yang menggunakan standar BMI yang bisa saya ulas pada kesempatan yang baik ini. Semoga saja, Uraian singkat Pada kesempatan kali ini bisa menambah wawasan anda serta bisa membantu anda untuk melaksanakan program berkaitan dengan berat badan, baik itu menambah berat badan maupun menguranginya. Terima kasih, selamat beraktifitas.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Berat Badan Bayi Ideal

Cara Mengukur Berat Badan Bayi Ideal Dengan Benar

Apakah anda merupakan seorang ibu yang sudah memiliki bayi? Tentu, cara mengukur berat badan bayi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *