Home / Umum / Kesehatan / Cara Mengukur Berat Badan Yang Ideal

Cara Mengukur Berat Badan Yang Ideal

Apakah berat badan yang anda miliki sudah termasuk kedalam kategori ideal? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas Bagaimana cara mengukur berat badan ideal. Tentunya, untuk mengetahui berat badan dari setiap orang bisa dilakukan dengan cukup mudah. Hanya saja, mengetahui berat badan ideal tentunya berbeda dengan cara mengukur berat badan normal.

Cara Mengukur Berat Badan Yang Ideal

Seringkali, ketika kita memandang berat badan yang ideal seringkali dilakukan secara subjektif. Berat badan ideal menurut anda tentunya belum tentu ideal bagi orang lain. Meskipun Anda menganggap bahwasanya berat badan Anda sudah ideal, namun ternyata dokter pribadi anda menganggap masih BB atau belum ideal. Tentu, kondisi tersebut kerap kali menjadi sumber kebingungan untuk anda.

Namun, sekarang ini Anda tidak perlu gelisah dan resah, sebab mulai saat ini anda dapat mengukur berat badan ideal untuk diri anda sendiri. Kegiatan mengukur berat badan tersebut memiliki manfaat guna memperoleh penampilan proporsional yang tentu saja akan lebih menarik untuk dipandang. Disamping itu, apabila dilihat dari sisi medis, orang yang tidak kekurangan maupun kelebihan berat badan tentu akan memperoleh kondisi kesehatan maksimal.

Baiklah, mari kita mulai untuk mempelajari cara mengukur berat ideal bagi anda sendiri. Pada kesempatan kali ini akan dijabarkan tiga cara mengukur berat badan ideal yang telah direkomendasikan oleh sejumlah ahli kesehatan dan tentunya telah dipakai selama bertahun-tahun. Silakan anda Simak ketiga cara berikut ini dan Pilihlah sesuai dengan yang Anda senangi.

Baca Juga:   Arti Dari WHO Dan Peranannya

Cara mengukur berat badan ideal pertama

Cara berikut ini sudah cukup lama digunakan, bahkan sudah bertahun-tahun lamanya, sebab Teknik ini lebih umum diterapkan dari dua teknik yang lainnya. Cara mengukur berat ideal bisa menggunakan rumus berikut ini:

Berat badan ideal manusia adalah ( tinggi badan dikurangi 100) * 90%.

Contohnya adalah jika anda memiliki tinggi badan 170 cm, maka berat badan ideal Anda yaitu (170-100)*90% sehingga didapat angka 63 kg. Jadi, anda dikatakan memiliki berat badan ideal jika memiliki bobot 63 kg. Silakan Anda lakukan pengukuran pada berat badan Anda, apakah sudah masuk ke kategori ideal, kelebihan atau kekurangan. Apabila berat badan hasil pengukuran anda lebih besar di antara 10% sampai dengan 20% dari berat ideal, maka anda termasuk kedalam kategori kelebihan berat badan.

Terlebih, apabila hasil pengukuran didapat bahwa berat badan Anda melebihi 20% dari berat badan ideal, maka artinya anda sudah mengalami obesitas atau kegemukan. Begitu juga sebaliknya, anda masuk ke dalam kategori kekurangan berat badan atau kurus apabila berat badan Anda kurang 10% dari berat badan yang ideal.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Hemoglobin

Cara mengukur berat badan ideal kedua

Cara mengukur berat badan ideal yang berikutnya yakni menggunakan istilah IMT atau indeks massa tubuh. Teknik ini merupakan teknik yang cukup baru di dunia kedokteran dan disinyalir memiliki keakuratan yang lebih baik dibandingkan Cara yang pertama. Penasaran Bagaimana cara mengukur berat badan ideal yang kedua ini? Silakan disimak rumusnya berikut ini.

Berat badan ideal didapat dari berat badan dibagi kuadrat dari tinggi badan dalam satuan meter.

Contohnya, apabila anda memiliki berat badan 65 kg serta tinggi badan 1,65 meter, maka berat badan yang ideal untuk Anda yaitu 65:(1.65*1.65)=23.8.Setelah anda memperoleh angka perhitungan rumus di atas, maka silakan Anda coba cocokkan dengan beberapa parameter berat badan berikut ini:

  1. Jika kurang dari 17, maka anda termasuk orang yang kekurangan berat badan
  2. Jika angkanya adalah 17, maka anda masuk ke dalam kategori orang yang kekurangan berat badan ringan
  3. Jika angkanya 18,4 sampai 21, maka anda termasuk orang yang memiliki berat badan ideal
  4. Jika angkanya 21,5 sampai 27, maka anda termasuk kategori orang yang kelebihan berat badan ringan
  5. Jika angkanya 27,1 sampai 30, maka anda termasuk kategori orang yang kelebihan berat badan sedang
  6. Jika angkanya lebih dari 30, maka anda termasuk kategori orang yang memiliki kelebihan berat badan berat.
Baca Juga:   Cara Alami Membuat Suara Merdu

Kesimpulannya, anda masuk ke dalam golongan kategori kelebihan berat badan ringan, sebab indeks dari massa tubuh anda yaitu 23,8

Cara mengukur berat badan ideal ketiga

Tentunya, cara yang ketiga ini merupakan cara yang sangat mudah dan bisa Anda coba kerjakan, akan tetapi cara ini tidaklah terlalu akurat. Caranya yaitu dengan melakukan pengukuran lingkar pinggang memakai jengkal tangan. Satu jengkal rata-rata memiliki ukuran 20 cm. Pada lingkar pinggang wanita maka tidak boleh melebihi 4 jengkal atau 80 cm. Sementara itu, pada pria maka tidak boleh melebihi 4,5 jengkal atau 90 cm.

Tentunya, kelebihan dari cara mengukur berat badan ideal yang ketiga ini yakni anda bisa dengan sangat mudah mengukur kekurangan atau kelebihan berat badan, Akan tetapi anda tentunya tidak dapat Menentukan secara nyata, berapakah angka dalam satuan kg kekurangan atau kelebihan berat badan yang dimiliki.

Demikianlah Uraian singkat mengenai tiga cara mengukur berat badan ideal yang bisa saya ulas pada kesempatan yang baik ini. Sangat penting bagi anda adalah untuk selalu menjaga kondisi hidup yang ideal dan seimbang. Kekurangan maupun kelebihan berat badan tentunya akan menjadikan kondisi fisik terpengaruh. Oleh sebab itu, Alangkah baiknya apabila anda mampu menjaga kondisi berat badan supaya tetap ideal.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Tinggi Badan Anak

Cara Mengukur Tinggi Badan Anak Dengan Paling Mudah Dan Cepat

Ada sebuah iklan yang berbunyi ” tumbuh itu keatas bukan kesamping”, dimana slogan dari perkembangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *