Home / Elektronika / Cara Mengukur Grounding Atau Pembumian Atau Pentanahan

Cara Mengukur Grounding Atau Pembumian Atau Pentanahan

Seseorang yang bekerja di dunia elektronika maupun kelistrikan tentu wajib untuk memahami cara mengukur grounding atau kerapkali dikenal dengan istilah pembumian atau pentanahan. Tentu, mereka sudah sangat memahami apa itu pembumian ataupun grounding. Secara umum, pembumian atau grounding dipakai guna mengamankan berbagai macam peralatan elektronika maupun peralatan listrik dari adanya induksi listrik pada saat terjadi sambaran petir maupun konsleting.

Cara Mengukur Grounding Atau Pembumian Atau Pentanahan

Kondisi tersebut dapat kita temukan dengan sangat jelas pada gedung-gedung tinggi bertingkat yang memakai sebuah sistem grounding atau pembumian. Mungkin, sekarang ini muncul pertanyaan mengapa peralatan grounding memakai bahan dasar tembaga? Sebab, tembaga adalah salah satu konduktor yang sangat efektif guna dilalui oleh arus listrik. Selain itu, tembaga merupakan bahan yang cukup sulit untuk berkarat, baik itu dipakai di dalam tanah yang kering maupun di dalam tanah yang berair dan lembab. Oleh karena itulah, tembaga merupakan bahan yang sangat cocok di segala macam kondisi.

Lantas, Bagaimanakah cara mengukur grounding atau pentanahan atau pembumian dengan benar? Guna mengetahui ukuran yang hendak dicapai maupun nilai yang cukup baik untuk grounding maka kita harus memakai Sebuah alat ukur yang namanya adalah Earth tester. Alat tersebut dirancang khusus guna mengukur sebuah sistem pembumian atau grounding, jadi apabila anda merupakan teknisi di bidang elektronika maupun listrik sudah pasti akan memahami fungsi dari alat tersebut. Akan tetapi, jika Anda belum memahami cara memakainya, maka Berikut ini akan saya jelaskan langkah demi langkah untuk mengukur pembumian atau grounding.

Baca Juga:   Cara Setting Karburator Genset Dan Sistem Kerjanya

Cara mengukur grounding atau pembumian atau pentanahan

Sebelum kita masuk ke pembahasan inti, maka anda harus memahami terlebih dahulu bahwasanya pembumian yang baik dan benar dan cukup efektif harus memiliki nilai dibawah angka 1 ohm. Akan tetapi, perlu ditambahkan pula bahwasanya seluruh proses akan bisa didapat dengan cukup baik apabila kondisi tanah yang digunakan cukup Lembah. Apabila tanah yang dipakai gersang ataupun kering, atau bahkan berpasir maka tentunya harus menggunakan ukuran yang berbeda. Oleh karena itulah maka kita kerap kali menemukan sebuah sistem grounding atau pentanahan yang penggaliannya cukup dalam, hal tersebut disebabkan untuk mendapatkan kondisi tanah yang cukup baik serta mencari nilai ohm yang berada di bawah angka 1 Ohm

Cara melakukan pengukuran grounding menggunakan Earth tester

  1. Langkah pertama, lakukan kalibrasi jarum di alat ukur dan harus menunjukkan pada posisi nol
  2. Earth tester memiliki 3 buah kabel yang memiliki warna hijau, warna kuning dan warna merah.
  3. Pada langkah berikutnya, silakan Anda sambungkan kabel berwarna merah serta kabel berwarna kuning ke tanah dengan jarak masing-masing sekitar 10 meter dari grounding atau pentanahan.
  4. Pada langkah yang selanjutnya, silakan Anda sambungkan kabel hijau ke grounding yang telah dipasang, dari ketika kabel di atas maka silakan Anda Sambungkan ke bagian Earth tester dengan warna yang ada pada alat ukur.
  5. Lakukan pengetesan grounding dengan cara mengarahkan segala pada posisi 1 Ohm. Jika jarum menunjukkan angka di bawah 1 Ohm, maka grounding berkisar nol koma sekian sekian dan bisa dikatakan sudah dalam kategori standar grounding atau standar pembumian. Begitu pula sebaliknya, apabila jarum pada Earth tester menunjukkan angka lebih dari 1 Ohm, maka artinya kondisi pembumian kurang bagus.
Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Tape Mobil

Demikianlah Uraian singkat tentang cara mengukur grounding atau pembumian atau pentanahan yang bisa saya bahas pada posting di kesempatan kali ini. Semoga saja, tutorial di atas bisa memberikan tambahan ilmu serta wawasan bagi Anda yang memiliki profesi sebagai teknisi, khususnya adalah teknisi listrik yang kerap kali memasang instalasi listrik di rumah serta membutuhkan pemasangan grounding yang baik dan benar. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Baterai Dari Sisi Tegangan

Cara Mengukur Baterai Dari Sisi Tegangan

Apakah anda belum memahami cara mengetahui tegangan suatu baterai? Pada kesempatan yang baik ini, saya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *