Home / Umum / Pola Pikir / Cara Mengukur IQ Dengan Mudah Secara Online

Cara Mengukur IQ Dengan Mudah Secara Online

Ada beragam cara mengukur IQ yang bisa ditempuh, baik secara online maupun secara offline. Namun sebelumnya, perlu diketahui bersama bahwasanya IQ memiliki kepanjangan dari intelligence quotient, yakni suatu ukuran mengenai kemampuan seseorang di dalam mempertimbangkan, menghafal, menghitung serta berpikir.

Cara Mengukur IQ

Ciri-ciri dari orang yang memiliki IQ yang cukup tinggi yaitu teliti, cepat bereaksi serta cerdas. Lantas, Bagaimanakah cara untuk mengukur tingkat dari IQ yang dimiliki seseorang? Bagaimanakah ciri-ciri tersebut? Mari kita ulas satu demi satu

1. IQ kategori ideot, yakni dari 0 sampai 29

Seseorang yang memiliki IQ idiot adalah seseorang paling terbelakang, di mana tingkat dari perkembangan pada sisi kecerdasannya adalah sama seperti pada anak-anak dengan usia 2 tahun, walaupun usianya sudah dewasa. Mereka tidak bisa berbicara kecuali hanya sejumlah kata saja, tidak dapat untuk mengurus dirinya sendiri, rentan terhadap penyakit, kadangkala tidak memiliki umur panjang. Rata-rata, tempat tidur adalah tempat yang paling lama mereka tempati.

2. IQ Kategori Imbecile, yakni dari 30-40

Tingkat kemampuan kecerdasan pada IQ dengan kategori Imbecile adalah sama seperti anak-anak yang usianya 3 tahun sampai 7 tahun tapi dapat Mandiri serta mengucapkan beberapa kata, namun tetap dengan pengawasan serta membutuhkan sekolah spesial, sebab masih ada Ketergantungan dengan orang lainnya.

3. IQ Dengan kategori debile atau moron, yakni dari 50 sampai 69

Pada kategori ini, seseorang sudah dapat menulis, menghitung sederhana, membaca, serta dapat dikasih beberapa tugas, namun tanpa adanya pemecahan maupun perencanaan. Rata-rata, mereka mengenyam pendidikan di sekolah luar biasa.

Baca Juga:   Pola Pikir Sehat Akan Membuat Masyarakat Juga Sehat

4. IQ kategori bodoh, yakni dari 70-79

Pada kategori tersebut, mereka dengan sangat bersusah payah untuk bisa menyelesaikan berbagai macam pekerjaan yang dimilikinya. Kelompok IQ dengan kategori bodoh tersebut masih terbelakang dan berada dibagian bawah kelompok normal, di mana mereka rata-rata bisa mengenyam pendidikan sampai dengan SMP, namun dengan sangat bersusah payah untuk menyelesaikan seluruh pelajarannya pada kelas 3.

5. IQ Kategori rendah, yakni 80-89

Pada kelompok tersebut, masuk ke dalam kelompok normal sedang bagian paling bawah. Rata-rata, mereka dapat lulus dari sekolah SMA atau sederajat, namun sedikit mengalami kesulitan pada saat menempuh pendidikan tersebut.

6. IQ Kategori normal sedang, yakni 90 sampai 109

Pada kelompok tersebut, mereka adalah kelompok yang masuk ke dalam kategori normal sedang atau normal rata-rata. Pada kelompok tersebut adalah kelompok yang sangat besar jumlahnya dari populasi penduduk yang ada di dunia.

7. IQ kategori tinggi, yakni 110-119

Kelompok tersebut adalah kelompok individu yang masuk ke dalam kategori normal, namun ada pada tingkatan yang cukup tinggi.

8. IQ Kategori Superior atau cerdas, yakni 120-129

Rata-rata, kelompok yang masuk ke dalam kategori di atas mampu menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi dengan berbagai macam prestasi akademik

Baca Juga:   Definisi Dan Pengertian Pola Pikir Ilmiah

9. IQ kategori sangat cerdas, yakni 130 sampai dengan 139

Pada kelompok tersebut, mereka sangat cakap di dalam membaca serta memiliki pengetahuan yang sangat baik mengenai pembendaharaan kata, bilangan, serta memahami berbagai macam hal yang bersifat abstrak. Adapun sejumlah faktor dari sisi kesehatan, kekuatan serta ketangkasan sangat menonjol dibandingkan dari anak normal pada umumnya.

10. IQ Kategori genius, yakni diatas 140

Pada kelompok tersebut, mereka sangat luar biasa dan memiliki kemampuan di dalam menyelesaikan berbagai macam masalah serta menemukan berbagai macam hal yang baru walaupun mereka tidak mengenyam pendidikan formal di sekolah. Mereka tentunya ada di sejumlah ras serta bangsa dan juga di seluruh tingkatan baik pada tingkatan ekonomi dan juga jenis kelamin. Sebagai contohnya adalah Thomas Alva Edison dan Einstein.

Cara mengetahui IQ secara online

Setelah kita memahami berbagai macam tingkatan IQ lengkap dengan skor yang dimilikinya, maka Mari kita lanjutkan Bagaimana cara mengukur aikyu secara online.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengunjungi situs http://www.quickiqtest.net/indonesian

Berdasarkan pendapat dari goldman, ukuran dari IQ yang berada di atas hanyalah 20% di dalam menentukan tingkat dari keberhasilan masing-masing individu, selebihnya yakni 80% sangat ditentukan pada EQ atau emotional quotient yang di dalam bahasa Indonesia artinya kecerdasan emosi. EQ Adalah suatu ukuran kemampuan masing-masing individu di dalam mengkoordinasikan tindakan, perasaan dan pikiran dan sering disebut pula dengan kecerdasan untuk mengendalikan emosi diri.

Baca Juga:   Ketahuilah Pola Pikir Orang Jepang Yang Cerdas-cerdas

Adapun ciri-ciri dari individu yang memiliki EQ yang cukup tinggi yaitu bijaksana, sopan serta jujur. Pada kecerdasan emosi tersebut sangat berkaitan dengan Tingkat kemampuan di dalam berinteraksi terhadap orang lain, misalnya adalah dapat menempatkan diri, rajin, disiplin, semangat tinggi, serta memiliki sifat empati, yakni mampu merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, tidak agresif, tidak pasif dan egois, dan lain sebagainya.

Lantas, Bagaimanakah jika kita membayangkan mengenai anak yang cukup cerdas, pandai namun tidak sopan dan tidak jujur? Apakah mereka tetap memiliki masa depan yang baik? Sebuah perusahaan atau instansi di mana dapat menerima mereka sebagai pegawai, namun mereka juga dapat mendirikan usaha sendiri atau berwiraswasta tanpa adanya masalah.

Sejumlah orang yang bisa berhasil di dunia tentunya mampu untuk memakai dua jenis kecerdasan diatas dengan cara bersamaan dan dilakukan secara maksimal. Jadi, bisa disimpulkan bahwa Sanya disamping mereka bisa tampil cukup cerdas di dalam menyelesaikan sejumlah permasalahan yang sangat rumit, mereka juga harus bisa tampil dengan sikap sopan santun serta bijaksana dan Simpati dengan tetap memiliki visi dan misi yang tinggi. Dengan jalan tersebut, maka Sikap profesionalisme yang baik di dalam bekerja akan terjaga, termasuk adalah di dunia pergaulan pada umumnya.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Motivasi Seorang Karyawan

Cara Mengukur Motivasi Seorang Karyawan Yang Wajib Dikerjakan Oleh Perusahaan

Kinerja seorang karyawan adalah merupakan hasil kerja yang sudah dicapai oleh setiap karyawan yang didasarkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *