Home / Umum / Fashion / Cara Mengukur Lengan Baju Dengan Menggunakan Pola

Cara Mengukur Lengan Baju Dengan Menggunakan Pola

Ketika menjahit baju, tentunya banyak sekali bagian tubuh yang harus diukur. Salah satunya adalah bagian lengan baju. Walaupun terkesan sederhana, apabila tidak dilakukan dengan baik dan benar, mengukur lengan baju akan mengakibatkan hal yang cukup pada, misalnya adalah bagian lengan baju yang terlalu longgar atau terlalu sempit sehingga mengurangi kenyamanan di dalam digunakan maupun menjadikan penampilan kurang menarik.

Cara Mengukur Lengan Baju

Oleh sebab itulah, dibutuhkan cara mengukur lengan baju yang baik dan benar supaya pola baju yang hendak dibuat juga nantinya sesuai dengan ukuran yang sebenarnya. Lantas, Bagaimanakah kita melakukan pengukuran lengan baju? Sebagai awalan, silakan Anda tengok gambar Di bawah ini.

Cara Mengukur Lengan Baju

Berdasarkan gambar di atas, maka ada beberapa bagian yang perlu dilakukan pengukuran, di antaranya yaitu:

  1. Bagian lingkar kerung lengan, yakni 40 cm, dilakukan pengukuran dari bagian pola badan
  2. Bagian tinggi Puncak Lengan, yakni 12 cm
  3. Bagian panjang lengan, yakni 24 cm

Keterangan mengenai pola lengan

Proses menggambar pola lengan tentunya diawali dari bagian titik A yang mana merupakan bagian Puncak lengan.

Baca Juga:   Cara Mengukur Jas Paling Mudah Sehingga Siapapun Bisa Mengerjakannya

A-B Merupakan bagian panjang lengan

A-C merupakan bagian ukuran tinggi untuk Puncak Lengan, dibuat garis sampai ke bagian titik D dan E, selanjutnya dilakukan pengukuran dari titik A setengah lingkar kerung lengan di mana ukurannya bertemu dengan bagian Garis dari titik C.

Selanjutnya, silakan membuat garis putus-putus sebagai garis bantu dari titik A ketik D dan juga dari titik A Ke titik E

Berikutnya, buat pola garis bantu dari titik A ke titik D dan dari titik A ke titik E dibagi 3. Sepertiga bagian dari titik A ke titik D

Selanjutnya, berilah titik A1 dan dari titik A ke titik E diberikan nama titik A2.

A1 – A4 adalah sama dengan A2 – A3 yakni 1,5 cm.

Titik D1 adalah sama dengan 1/3 D – A

Titik D ke titik D1 dibagi dua diberikan nama titik D2.

Jarak dari titik D2 ke titik D3 adalah 0,5 cm.

Selanjutnya, silakan Anda sambungkan titik A dengan titik A4 dan titik D1, titik D3 dan juga titik D seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Bagian lingkar kerung lengan ada di bagian muka.

Baca Juga:   Cara Mengukur Kaos Pria Dengan Mudah Dan Bisa Dilakukan Oleh Siapapun

Selanjutnya, sambungkan pula titik A dengan titik A3 dan titik E seperti yang ditunjukkan pada gambar. Bagian lingkar kerung lengan untuk bagian belakang.

G – G1 adalah sama dengan E1 – E2 yakni 1,5 cm.

Bagian terakhir adalah menyambungkan titik E dengan titik E2 untuk bagian Sisi lengan bagian belakang dan juga titik D dengan titik G seperti yang ditunjukkan pada gambar. Untuk sisi lengan bagian muka.

Itulah sekelumit penjabaran tentang cara mengukur lengan baju Sehingga nantinya lebih mudah untuk Menggambar pola baju dan pada akhirnya ukuran baju secara keseluruhan bisa lebih baik dan sesuai dengan ukuran yang sebenarnya. Dengan sering berlatih untuk mengukur bagian-bagian tubuh nantinya akan menjadikan para penjahit semakin Mahir dan semakin pas di dalam menggambar pola baju. Terima kasih dan selamat berkreasi.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Pakaian

Cara Mengukur Pakaian Sebagai Panduan Dasar Untuk Masing-Masing Penjahit

Cara mengukur pakaian adalah salah satu bagian yang sangat penting pada proses pembuatan atau penjahitan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *