Home / Tips dan Trik / Cara Mengukur Mikrometer Yang Perlu Dipahami Setiap Orang

Cara Mengukur Mikrometer Yang Perlu Dipahami Setiap Orang

Alat mikrometer memang bukanlah alat umum yang diketahui oleh setiap masyarakat. Hanya beberapa bidang pekerjaan yang membutuhkan kemampuan untuk bisa menggunakan alat ukur mikrometer tersebut. Apabila anda kebetulan sedang mencari tutorial bagaimana cara mengukur mikrometer, maka anda berada pada artikel yang tepat karena pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahasnya untuk anda.

Cara Mengukur Mikrometer

Adapun salah satu manfaat dari penggunaan mikrometer adalah untuk mengukur besarnya sekrup. Namun, sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara menggunakan mikrometer, alangkah baiknya kita membahas terlebih dahulu tentang skala pada mikrometer.

Skala pada mikrometer

Secara umum, skala pada peralatan mikrometer dibagi menjadi dua macam, yakni:

1. Skala utama

Skala utama tersebut terdiri atas skala 1 mm, 2 mm, 3 mm, 4 mm, 5 mm dan seterusnya yang angkanya ada pada bagian atas. Sementara itu, nilai tengahnya ada pada angka 1,5 mm;2,5 mm;3,5 mm;4,5 mm;5,5 mm dan seterusnya di mana posisinya berada pada bagian bawah.

2. Skala nonius atau skala putar

Untuk skala nonius atau skala putar, isinya terdiri dari skala 1 sampai dengan skala 50. Masing-masing dari skala nonius atau skala putar bisa berputar mundur sebanyak 1 kali putaran dan nantinya skala utama akan bertambah sebanyak 0,5 mm. Oleh sebab itu, secara logika maka bisa diperoleh 1 skala putaran adalah 1/100 mm atau 0,01 mm.

Baca Juga:   Cara Membuat Suara Dua Dengan Mudah dan Cepat

Cara mengukur mikrometer

Baiklah, berikut ini adalah langkah demi langkah cara membaca mikrometer sekrup.

Langkah pertama, silahkan anda memposisikan mikrometer sekrup searah dengan pandangan anda sehingga anda dapat melihat dengan cukup jelas skala dari hasil pengukuran.

Selanjutnya, silakan anda baca skala utama pada peralatan mikrometer sekrup tersebut. Di bagian atas garis adalah menunjukkan angka bulat dalam satuan mm, misalnya adalah 1 mm, 2 mm dan seterusnya. Sementara itu, di bagian garis berskala posisi bawah menunjukkan bilangan dari 0,5 mm. Perhatikan gambar dibawah ini.

Cara Mengukur Mikrometer

Langkah membaca mikrometer sekrup

Setelah anda memperhatikan gambar di atas, maka mari kita lanjutkan untuk membaca hasil dari proses pengukuran mikrometer sekrup tersebut. Berdasarkan gambar di atas, posisi garis skala bagian atas menunjukkan pada angka 5 mm, sementara itu garis skala untuk bagian bawah menunjukkan 0,5 mm. Silakan anda menjumlahkan kedua hasil tersebut sehingga angka pada skala utama di mikrometer diatas menunjukkan angka 5,5 mm.

Di tahap berikutnya, silakan anda baca skala putarnya atau skala nonius, yaitu garis yang posisinya berada tepat segaris dengan bagian garis pembagi di skala utama. Tetaplah ingat bahwa masing-masing satu garis pada skala nonius menunjukkan 0,01 mm. Berdasarkan pada gambar diatas, maka skala nonius tersebut menunjukkan pada angka 30 dan dikalikan dengan angka 0,01 mm, sehingga skala nonius menunjukkan angka 0.30 mm.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Komputer Blue Screen Pada Windows 7

Silakan anda jumlahkan hasil dari proses pengukuran dari bagian skala utama dengan proses pengukuran di skala nonius. Berdasarkan gambar diatas, maka akan didapat hasil proses pengukuran 5,5 mm ditambahkan 0,3 mm sehingga didapat hasil 5,8 mm.

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara mengukur mikrometer yang perlu dipahami oleh setiap orang sehingga kita mampu untuk menggunakan peralatan mikrometer walaupun alat tersebut bukanlah alat yang umum digunakan di masyarakat indonesia. Ketika kita memiliki kemampuan yang lebih banyak, maka tentunya kemampuan tersebut merupakan sebuah bekal keterampilan yang suatu saat nanti bisa digunakan apabila diperlukan. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Tinggi Badan

Cara Mengukur Tinggi Badan Tanpa Alat Ukur Pada Wanita Dan Pria

Masing-masing wanita tentang mengharapkan untuk bisa tumbuh lebih tinggi secara maksimal. Seorang wanita yang mempunyai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *