Home / Umum / Fashion / Cara Mengukur Pakaian Sebagai Panduan Dasar Untuk Masing-Masing Penjahit

Cara Mengukur Pakaian Sebagai Panduan Dasar Untuk Masing-Masing Penjahit

Cara mengukur pakaian adalah salah satu bagian yang sangat penting pada proses pembuatan atau penjahitan baju seragam sekolah maupun baju yang diproduksi secara massal. Tentunya, pakaian yang hendak dibuat diterlebih dahulu dengan berdasarkan pada ukuran standar dari badan yang dimiliki oleh seseorang. Ukuran-ukuran pakaian biasanya diberikan label dimulai dari semua atau kecil/S, medium atau sedang/M, large atau besar/L the extra large/XL.

Cara Mengukur Pakaian

Tentunya, mengukur pakaian dapat dikerjakan oleh anda sendiri. Cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan cara mencocokkan pakaian yang telah anda miliki dan tentunya mempunyai ukuran yang pas dan juga nyaman apabila sedang digunakan.

Cara Mengukur Pakaian

Cara Mengukur Pakaian

Apabila anda hendak membuat pakaian dengan menggunakan model baru, tentunya anda akan memerlukan orang lain guna mengukur nya. Tentunya, Seorang penjahit akan mampu untuk menyesuaikan ukuran dari pakaian dengan ukuran pada badan anda. Masing-masing orang tentunya mempunyai ukuran yang berlainan. Hal inilah yang menjadi penting pada proses pengukuran pakaian. Pada proses pengukuran pakaian tersebut, bagian yang paling penting yaitu Anda dapat memperoleh baju seragam yang ukurannya pas dengan ukuran tubuh anda.

Baca Juga:   Cara Mengukur Sepatu Agar Tidak Salah Pilih Ukuran Sepatu

Proses mengukur sejumlah bagian pada tubuh

1. Mengukur lebar Puncak

Ukuran dari lebar badan adalah hasil dari proses pengukuran yang dimulai dari bagian ujung bahu sebelah kanan ke bagian ujung bahu sebelah kiri

2. Mengukur lingkar dada

Cara mengukur lingkar dada adalah dengan menggunakan meteran yang dilingkarkan pada badan. Pada wanita bisa diambil bagian keliling dada yang paling besar, yakni Puncak payudara. Kemudian, ditambahkan dengan 4 cm guna memberikan ruang gerak agar lebih leluasa. Tambahan ukuran tersebut juga tentunya tidak hanya 4 cm, namun dapat menyesuaikan keinginan serta model pakaian dari masing-masing orang.

3. Mengukur lingkar pinggang

Cara mengukur lingkar pinggang adalah dengan cara mengukur keliling pinggang. Adapun hasil dari proses pengukuran dapat berlainan pada saat Anda sesudah dan sebelum makan. Oleh sebab itulah, maka anda bisa memilih ukuran secara rata-rata, Yakni dengan cara menambahkan ukuran pakaian beberapa cm daripada ukuran pinggang milik anda.

4. Mengukur panjang baju

Cara mengukur panjang baju adalah dengan cara mengukur bagian pada leher bawah sampai dengan ke bagian ujung baju paling bawah atau disesuaikan dengan keinginan masing-masing orang.

Baca Juga:   Cara Mengukur Lengan Baju Dengan Menggunakan Pola

5. Mengukur panjang lengan

Proses mengukur panjang lengan dilakukan dari bagian ujung bahu menuju ke bagian bawah sampai dengan bagian sekitar pergelangan tangan

6. Mengukur lingkar lengan

Proses mengukur lingkar lengan dilakukan dari bagian lingkaran di lengan, yakni pada bagian tangan yang posisinya sejajar dengan bagian dada.

Itulah beberapa cara mengukur pakaian sebagai salah satu panduan dasar untuk Anda yang hendak membuat baju baru baik untuk seragam maupun untuk sehari-hari. Dengan memahami dasar-dasar dari bagian tubuh yang hendak diukur pada proses menjahit, makan nanti nya anda akan lebih terbiasamenentukan bagian tubuh mana yang perlu untuk diukur guna keperluan membuat atau menjahit baju. Terima kasih dan selamat mencoba.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Lengan Baju

Cara Mengukur Lengan Baju Dengan Menggunakan Pola

Ketika menjahit baju, tentunya banyak sekali bagian tubuh yang harus diukur. Salah satunya adalah bagian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *