Home / Umum / Sosial / Cara Mengukur Pertumbuhan Ekonomi Pada Sebuah Negara

Cara Mengukur Pertumbuhan Ekonomi Pada Sebuah Negara

Apakah anda memahami Bagaimana cara mengukur pertumbuhan ekonomi pada sebuah negara? Ada kemungkinan pertanyaan tersebut secara tiba-tiba datang pada pikiran anda, terlebih apabila anda merupakan seorang trader forex yang cukup memperhatikan adanya faktor-faktor fundamental. Dapat pula seorang siswa pada tingkat SMP dan juga SMA yang mencari jawaban atas pertanyaan tersebut sebagai tugas sekolah.

Cara Mengukur Pertumbuhan Ekonomi

Adapun faktor-faktor yang perlu mendapat perhatian pada proses mengukur pertumbuhan ekonomi pada sebuah negara yaitu PDB atau produk domestik bruto, yang mana istilah internasional nya sering dikenal dengan istilah GDP atau gross domestic product. Produk domestik bruto atau gross domestic product merupakan total dari produksi barang serta jasa yang diproduksi pada rentang waktu tertentu di sebuah wilayah atau negara tertentu pula.

Lantas, Bagaimanakah proses pengukuran GDP atau PDB? Adapun nilai dari PDB bisa diukur dengan cara mengetahui total nilai dari sejumlah barang dan jasa yang di agregasikan atau dirata-ratakan nilainya. Tentunya, kondisi tersebut dikerjakan dengan selalu memperhatikan jenis jasa dan jenis barang yang dimilikinya.

Baca Juga:   Contoh Peraturan Lalu Lintas

Sementara itu, terdapat pula istilah nilai pendapatan nasional yang menggunakanharga yang dikenal dengan istilah PDB nominal. Adapun nilai dari PDB nominal akan selalu berubah dari waktu ke waktu berdasarkan adanya perubahan dari jumlah produksi barang dan juga jasa.

Adapun istilah yang lainnya yaitu PDB riil, yakni sebuah pendapatan nasionall yang menggunakan satuan harga serta diambiltahun dasar khusus, misalnya adalah tahun 2013, tahun 2014 dan lain sebagainya.

Cara mengukur pertumbuhan ekonomi

Adapun cara untuk mengukur pertumbuhan ekonomi pada suatu negara bisa memakai rumus berikut ini:

“g = {(pdbs-pdbk)/pdbk} x 100%”

G adalah Tingkat pertumbuhan ekonomi yang menggunakan satuan persentase

Pdbs adalah PDB riil tahun sekarang

Pdbk adalah PDB riil tahun kemarin.

Sebagai contoh adalah

PDB di negara amerika pada tahun 2013 yaitu 500 Trilyun USD. PDB pada tahun 2014 yaitu 650 trilyun USD. Nilai dari Pertumbuhan ekonomi amerika ditahun 2014 yaitu:

G = {(650-500)/500} x 100% = 30%

Apabila dilihat secara kasar, yang disebut dengan istilah pertumbuhan ekonomi dapat dianggap selalu mengacu pada proses peningkatan nilai dari total barang serta total jasa pada perekonomian di sebuah negara.

Baca Juga:   Arti Dari Masyarakat Menurut Beberapa Ahli

Lantas, apakah nilai penting dari hal tersebut untuk mereka yang bekerja sebagai seorang Trader?

Dapat dianggap sangat penting ataupun dapat pula tidak terlalu penting, tentunya bergantung kepada kita sendiri. Namun, bisa dipastikan kita akan lebih memahami Ketika kita melihat dan memahami istilah GDP pada berita ekonomi. Tentunya, rilis berita mengenai GDP dapat kita peroleh dari sejumlah sumber.

Rumus GDP negara

Demikianlah sejumlah Uraian singkat tentang cara mengukur pertumbuhan ekonomi di sebuah negara yang bisa diaplikasikan untuk mengetahui nilai dari GDP pada masing-masing negara.Mudah-mudahan, artikel singkat Pada kesempatan kali ini mampu memberikan tambahan ilmu serta wawasan baru untuk pengunjung sekalian, terutama yang menyukai Berita-berita ekonomi.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Jumlah Penduduk

Cara Menghitung Jumlah Penduduk Pada Suatu Negara

Apakah anda merasa penasaran dengan jumlah total penduduk Indonesia? Tentunya, dari tahun ke tahun jumlah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *