Home / Umum / Kesehatan / Cara Mengukur Suhu Tubuh Dengan Termometer

Cara Mengukur Suhu Tubuh Dengan Termometer

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sanya suhu normal pada tubuh manusia ada di sekitar angka 36,6 derajat celcius sampai dengan 37 derajat celcius. Suhu tersebut juga dapat diperoleh apabila diukur pada bagian mulut. Apabila proses pengukuran pada bagian telinga atau dubur, maka ada kemungkinan suhu dapat sedikit lebih tinggi dari angka tersebut. Sementara itu, apabila proses pengukuran dilakukan pada ketiak, maka secara rata-rata suhu yang diperoleh sedikit lebih rendah dibandingkan dengan suhu yang diukur lewat telinga maupun dubur.

Cara Mengukur Suhu Tubuh Dengan Termometer

Pada proses pengukuran suhu tubuh, maka kita memerlukan alat yang diberikan nama termometer. Alat termometer juga memiliki berbagai macam jenis, dimulai dari termometer jenis konvensional yang memakai merkuri atau air raksa sampai dengan termometer digital yang cukup canggih. Berikut ini adalah sejumlah jenis termometer yang seringkali dipakai

Jenis-jenis termometer untuk mengukur suhu dengan tepat

Termometer air raksa dimana termometer pada jenis ini sudah tidak lagi direkomendasikan untuk dipakai, sebab dapat pecah serta mengakibatkan air raksa yang bersifat racun tersebut mengering serta terhirup.

Termometer digital, di mana termometer tersebut berbahan dasar plastik serta memiliki bentuk layaknya seperti pensil. Rata-rata, termometer digital ini memakai sebuah sensor panas elektronik guna melakukan perekaman pada suhu tubuh baik lewat dubur, ketiak maupun mulut.

Baca Juga:   Cara Menghitung Kehamilan Pada Seorang Wanita

Termometer digital telinga ataupun termometer timpani, di mana termometer tersebut memakai sinar inframerah guna melakukan pengukuran suhu yang berada di dalam liang telinga. Perlu untuk selalu diingat bahwa ketepatan dari termometer tersebut di dalam mengukur suhu tubuh bisa memperoleh gangguan apabila terhalang oleh kotoran telinga, maupun oleh lingkungan pada saluran telinga.

Termometer dot digital, dimana termometer tersebut sangatlah cocok untuk digunakan pada anak-anak yang masih memakai dot. Tentunya, anak-anak tersebut cukup menghisap dot sampai dengan suhu yang paling tinggi terlihat, biasanya berkisar antara 3 menit sampai 5 menit. Untuk termometer jenis ini sangat dimungkinkan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mengukur suhu tubuh serta keakuratannya tidaklah terlalu baik.

Termometer arteri temporal, dimana termometer tersebut memakai infrared atau inframerah guna melakukan pengukuran suhu dari bagian arteri temporal yang ada di bagian dahi. Termometer jenis ini memiliki harga yang cukup mahal serta tingkat keakuratan nya yang masih dipertanyakan sehingga menyebabkan termometer jenis ini tidak terlalu umum dipakai di dunia medis.

Termometer dahi, di mana termometer tersebut dibuat dari bahan dasar plastik tipis dengan menggunakan angka-angka yang tertulis pada plastik termometer. Termometer tersebut memiliki keakuratan yang kurang baik pada saat digunakan. Cara memakainya adalah dengan menempelkan termometer pada bagian dahi. Nantinya, termometer tersebut akan mengalami perubahan warna maupun menyala pada bagian angka yang sesuai dengan suhu tubuh yang diukur.

Baca Juga:   Cara Mengukur Denyut Jantung, Denyut Nadi atau Detak Jantung

Termometer sekali pakai, dimana termometer tersebut dibuat dari bahan plastik yang tipis dengan memiliki sejumlah titik berwarna serta tanda suhu di salah satu bagian ujungnya. Termometer jenis ini bisa dipakai baik di dubur maupun di mulut, akan tetapi termometer ini tidak memiliki keakuratan sebaik termometer elektronik maupun termometer telinga.

Secara umum, apabila kita hendak mengukur suhu tubuh, maka termometer akan diselipkan pada bagian mulut. Namun, apakah anda mengetahui bahwasanya ternyata teknik yang sangat akurat guna mengetahui suhu tubuh kita yaitu lewat dubur? Sementara itu, bagian ketiak merupakan lokasi yang tingkat keakuratan nya sangat rendah apabila dibandingkan dengan bagian mulut atau dubur.

Cara Mengukur Suhu Tubuh Dengan Termometer

Proses pengukuran suhu tubuh menggunakan termometer tidak boleh dilakukan secara sembarangan atau asal-asalan. Berikut ini adalah sejumlah langkah yang wajib diperhatikan pada proses pengukuran suhu tubuh.

  1. Silakan anda menunggu paling cepat adalah 20 menit atau 30 menit setelah anda menyelesaikan makan, merokok, atau minum cairan yang dingin atau panas.
  2. Apabila anda selesai berolahraga maupun mandi air panas, maka anda harus menunggu setidaknya selama 1 jam
  3. Apabila anda memakai termometer mulut, maka silakan anda meletakkan termometer tersebut di bagian bawah lidah serta dikatupkan oleh bibir secara erat
  4. Silakan anda biarkan termometer tersebut berada di bagian mulut selama beberapa saat. Terdapat jenis termometer digital yang sudah dilengkapi dengan bunyi beep pendek pada saat pengukuran telah selesai dikerjakan.
  5. Apabila telah selesai dipakai untuk proses pengukuran suhu tubuh, segera lakukan pembersihan dengan cara mencuci termometer tersebut dengan menggunakan air dingin serta sabun sebelum anda menyimpannya kembali
  6. Apabila setelah selesai proses pengukuran suhu tubuh menggunakan termometer dan didapat suhu tubuh yang kurang atau lebih dari suhu normal, maka sangat disarankan untuk segera mengunjungi dokter guna memeriksakan kondisi kesehatan tubuh anda serta memperoleh penanganan yang lebih tepat.
Baca Juga:   Cara Alami Membuat Suara Merdu

Demikianlah beberapa uraian singkat tentang cara mengukur suhu badan dengan menggunakan peralatan termometer. Walaupun sederhana, penerapan pemakaian termometer yang tepat akan memperoleh hasil yang akurat sehingga pada akhirnya hasil dari pengukuran tersebut bisa bermanfaat untuk kepentingan yang lainnya. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga sukses.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung BMI

Cara Menghitung BMI Agar Berat Badan Dan Kesehatan Tetap Terjaga

BMI memiliki kepanjangan body Mass index atau merupakan salah satu langkah yang dipakai guna mengukur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *