Home / Umum / Kesehatan / Cara Mengukur Termometer Dengan Baik Dan Benar

Cara Mengukur Termometer Dengan Baik Dan Benar

Sejumlah pertanyaan yang kerapkali ditanyakan oleh pihak orang tua yaitu jenis termometer yang memiliki kualitas paling bagus serta cara memakai termometer baik pada anak-anak maupun bayi. Tentunya, dengan memahami cara mengukur termometer dengan baik dan benar maka orang tua bisa melakukan pengukuran sendiri untuk anak-anaknya maupun untuk dirinya sendiri.

Cara Mengukur Termometer

Jenis-Jenis Termometer

Di pasaran, terdapat banyak sekali termometer yang cukup umum digunakan oleh masyarakat indonesia. Berikut ini adalah sejumlah pilihan termometer yang cukup umum tersedia di toko-toko kesehatan.

1. Termometer raksa atau termometer merkuri

Termometer raksa atau termometer merkuri seringkali ditemukan di kotak-kotak obat. Akan tetapi, sekarang ini jenis termometer raksa sudah tidak lagi direkomendasikan, sebab cukup mudah untuk pecah sehingga mengakibatkan cairan merkuri atau raksa bisa menguap dan bisa terhirup oleh manusia, sementara itu air raksa itu sendiri memiliki sifat racun.

2. Termometer digital

Termometer digital memakai sensor panas elektronik guna mengetahui suhu tubuh seseorang. Cara memakai termometer digital ini terdapat beberapa teknik, ada yang diletakkan di ketiak, di mulut ataupun pada bagian rektum.

3. Termometer tympanic

Termometer timpani adalah salah satu dari jenis termometer digital, di mana memakai sinar inframerah guna mengukur suhu tubuh seseorang. Cara memakai dari termometer tympanic ini yaitu dengan cara mengarahkan ke dalam lubang telinga.

Apabila anda mengharapkan 1 buah termometer yang bisa digunakan oleh semua anggota keluarga, maka pilihan termometer digital adalah pilihan yang paling baik. Akan tetapi, apabila anda memiliki maksud untuk memakainya di rectal, silakan anda membeli dua jenis termometer dan berilah label pada kedua termometer tersebut untuk membedakan mana yang dipakai untuk rectal dan mana yang dipakai untuk mulut. Jangan sampai memakai satu jenis termometer untuk kedua tempat tersebut.

Baca Juga:   Cara Menghitung Balance Cairan

Adapun cara yang sangat akurat guna mengukur suhu tubuh pada anak-anak yaitu dengan cara memakai termometer digital yang dimasukkan ke dalam mulut atau rectal. Sementara itu, pada bayi paling baik apabila dimasukkan ke dalam rectal. Termometer timpani adalah pilihan termometer yang selanjutnya. Namun, adanya kotoran telinga maupun lekukan yang berada di dalam lubang telinga bisa berpengaruh terhadap akurasi dari hasil pengukuran suhu oleh termometer tympanic tersebut. Kondisi akurasi dari proses pengukuran suhu tubuh memakai termometer di posisi ketiak cukuplah rendah.

Jadi, metode apapun yang anda pakai, anda harus memastikan bahwasanya anda mengerjakan berdasarkan instruksi yang telah ditulis pada buku panduan termometer anda. Setiap selesai anda menggunakan termometer tersebut, lakukan pembersihan bagian ujung termometer dengan cara menghapusnya menggunakan sabun atau alkohol serta air hangat. Supaya lebih aman, janganlah anda membiarkan anak anda sendirian pada saat sedang di ukur suhu tubuhnya.

Di bawah ini adalah sejumlah petunjuk petunjuk umum guna memakai termometer yang dilakukan berdasarkan usia:

Untuk bayi yang baru lahir sampai dengan berumur 3 bulan, silakan pakai termometer digital serta melakukan pengukuran suhu tubuh lewat rectal dengan langkah menghidupkan termometer digital itu terlebih dahulu, lalu berikanlah lubrikasi di bagian ujung termometer dengan petroleum jelly yang bisa didapatkan lewat apotek.

Silakan anda baringkan bayi dengan posisi tubuh terlentang, kemudian silakan anda angkat panggul nya, lalu masukkan termometer yang telah dikalibrasi sampai dengan 0,5 hingga 1 inci atau sekitar 1,3 cm sampai dengan 2,5 cm dalamnya kebagian rektal. Anda harus menghentikan apabila terasa terdapat tahanan. Silakan anda tahan termometer kurang lebih sekitar 1 menit atau sampai terdengar sinyal atau suara bahwa proses pengukuran sudah selesai. Silakan anda keluarkan termometer serta bacalah hasil dari proses pengukurannya.

Baca Juga:   Cara Mengukur Obesitas Yang Bisa Dilakukan Dengan Mudah Oleh Setiap Orang

Untuk bayi yang berumur 3 bulan sampai dengan balita 4 tahun, anda bisa memakai termometer jenis digital tympanic. Silakan anda mengikuti petunjuk pemakaian dengan cukup teliti. Atau, anda juga bisa memakai termometer digital biasa yang anda masukkan kedalam rectal maupun dijepitkan di bagian ketiak.

Pada pemakaian yang dilakukan dengan cara dijepit kan pada bagian ketiak, silakan anda hidupkan termometer digital, lalu silakan anda tempatkan di ketiak anak, serta pastikan bahwa ujung termometer bisa kontak dengan bagian kulit di ketiak, bukan di bagian bajunya. Sebuah termometer pada bagian ketiak dengan durasi sekitar 1 menit atau sampai terdengar sinyal bahwasanya proses pengukuran sudah selesai. Silakan anda keluarkan termometer serta bacalah hasil dari proses pengukuran.

Anak-anak dengan usia lebih dari 4 tahun, di mana anak-anak di usia lebih dari 4 tahun tentunya sudah dapat diminta untuk bisa menjepit termometer pada bagian bawah lidah pada waktu yang singkat pada saat proses pengukuran suhu. Silakan anda hidupkan termometer, lalu letakkan ujung dari termometer di bagian bawah lidah serta mintalah anak anda guna menutup mulutnya kurang lebih sekitar 1 menit atau sampai terdengar sinyal bahwasanya proses pengukuran sudah selesai.

Silakan anda keluarkan termometer serta bacalah hasil dari proses pengukuran. Apabila anak anda baru saja selesai minum atau makan, silakan anda menunggu sampai dengan sekitar 15 menit, baru lah anda melakukan pengukuran suhu tubuh lewat mulut. Apabila anak anda dalam kondisi hidung tersumbat sehingga ia kesulitan untuk bernafas apabila harus dilakukan pengukuran suhu lewat mulut, maka anda bisa melakukan proses pengukuran suhu lewat ketiak ataupun rektal, maupun bisa memakai termometer tympanic.

Baca Juga:   Sistem Kerja Otak Lengkap Dengan Anatomi Dan Fungsinya

Demam adalah salah satu gejala yang sangat umum, namun tidak selalu memiliki arti yang buruk, bahkan kadang kala demam memegang peranan yang cukup penting pada proses pertahanan tubuh di dalam melawan infeksi. Apabila anak anda yang memiliki usia diatas 1 tahun serta masih bisa minum cairan dalam jumlah yang cukup banyak, tidur nyenyak serta masih aktif bermain, maka kondisi tersebut tidak perlu dikhawatirkan.

Sementara itu, pada bayi yang baru lahir hingga berusia sekitar 6 bulan maka hanya diperbolehkan untuk diberikan paracetamol ataupun acetaminophen. Apabila umurnya sudah melebihi dari 6 bulan, maka diijinkan untuk diberikan ibuprofen. Namun, anda harus selalu membaca aturan pakai sebelum anda memberikan obat tersebut kepada anak anda. Anda dilarang untuk memberikan aspirin kepada anak anda sampai dengan ia memiliki umur 18 tahun.

Anda wajib sesegera mungkin untuk menghubungi dokter apabila anak anda:

  1. Yang berusia kurang dari 3 bulan serta suhu rektal di atas 38 derajat celcius
  2. Yang berusia lebih dari 3 bulan serta suhu rektal lebih dari 38,9 derajat celcius serta terlihat tidak nyaman, lemas dan rewel
  3. Yang berusia lebih dari 3 bulan serta suhu rektal lebih dari 38,9 derajat celcius serta tidak memberikan adanya respon kepada obat-obat bebas yang sebelumnya sudah anda berikan

Demikianlah sekelumit informasi mengenai cara mengukur termometer dengan baik dan benar lengkap dengan berbagai macam jenis termometer serta beberapa hal yang berkaitan dengan termometer tersebut. Mudah-mudahan, walaupun informasi ini singkat dan sederhana, anda tetap bisa memperoleh manfaat dari artikel di atas. Terima kasih atas kunjungannya.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung BMI

Cara Menghitung BMI Agar Berat Badan Dan Kesehatan Tetap Terjaga

BMI memiliki kepanjangan body Mass index atau merupakan salah satu langkah yang dipakai guna mengukur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *