Home / Pendidikan / Cara Menjadi Moderator Diskusi yang Baik

Cara Menjadi Moderator Diskusi yang Baik

Moderator merupakan salah satu bagian penting di dalam diskusi sehingga kita harus memahami Bagaimana cara menjadi moderator diskusi yang baik sehingga mampu membantu jalannya diskusi. Selain moderator, di dalam sebuah diskusi atau presentasi rata-rata terdapat notulen, presenter atau pembaca serta anggota. Yang bertugas untuk menyampaikan isi diskusi serta menjawab berbagai macam pertanyaan dari anggota adalah pembaca, yang bertugas untuk mengatur jalannya diskusi adalah moderator, yang bertugas untuk melakukan pencatatan jalannya proses diskusi adalah notulen, sedangkan yang memiliki tugas untuk bertanya serta menyimak isi dari diskusi yang diberikan oleh pembaca adalah anggota.

Cara Menjadi Moderator Diskusi yang Baik

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk Sharing Bagaimana cara menjadi moderator diskusi yang baik sehingga apabila suatu saat kebetulan anda bertugas untuk menjadi moderator pada sebuah diskusi, maka anda sudah mampu melaksanakan dengan sebaik-baiknya karena sudah tahu tips dan triknya. Salah satu bagian penting untuk menjadi seorang moderator adalah proses mengatur jalannya diskusi, membuka diskusi, mengatur adanya sesi tanya jawab, menjaga supaya proses diskusi tetap menarik, serta berbagai macam tugas moderator lainnya. Apabila seorang moderator tidak kompetensi dalam mengatur jalannya diskusi, maka tentunya bisa anda bayangkan betapa menjatuhkannya proses diskusi tersebut.

Cara menjadi moderator diskusi yang baik

Silakan anda Simak beberapa tips dibawah ini yang berisi tutorial menjadi moderator diskusi yang baik sehingga anda tentu mampu untuk melaksanakan tugas menjadi moderator diskusi.

Baca Juga:   Cara Memilih Sekolah Yang Baik Untuk Anak

1. Jalinlah komunikasi yang baik antara pembicara atau presenter sebelum anda mulai membuka diskusi

Tetap harus diingat bahwa bagian utama yang ada di dalam sebuah diskusi adalah presenter atau pembaca, walau Anda juga memiliki posisi cukup penting di dalam kegiatan diskusi. Bisa dikatakan, anda merupakan faktor kedua di dalam ajang diskusi sehingga Anda harus melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Hindarilah berbagai macam pernyataan maupun kalimat yang nantinya bisa mempersulit presenter atau pembaca. Itulah alasan kenapa seorang moderator harus berkomunikasi dulu dengan pembaca atau presenter sebelum diskusi dimulai Karena untuk mengetahui berbagai macam hal yang nantinya akan disampaikan oleh pembaca maupun presenter.

2. Proses membuka diskusi

Pembukaan merupakan tahap awal dari sebuah diskusi. Tugas dari seorang moderator diawali dengan membuka Proses diskusi. Tidak terburu-buru serta berbicara dengan tenang dan baik merupakan salah satu ciri presenter yang baik. Anda bisa menenangkan diri dengan cara menarik nafas dalam-dalam apabila perasaan grogi muncul pada diri Anda secara tiba-tiba. Selanjutnya, silahkan anda buka acara diskusi dengan suara yang tenang dan lantang.

3. Sambutan kepada peserta

Ucapan selamat datang untuk peserta merupakan hal yang perlu disampaikan pertama kali pada saat moderator melakukan pembukaan diskusi. Buatlah suasana dan kesan yang menyenangkan untuk peserta pada saat anda mengucapkan selamat datang pada saat diskusi dimulai. Kondisi ini tentunya akan membuat peserta memiliki pandangan yang baik terhadap anda sebagai seorang moderator.

Baca Juga:   Aplikasi Jadwal Pelajaran Dengan Excel Gratis Dan Mudah Digunakan

4. Sampaikan tujuan dan latar belakang dari diskusi

Buatlah setiap peserta merasa tertarik mengenai diskusi yang benda diikuti dengan cara menyampaikan tujuan serta latar belakang diadakannya diskusi tersebut. Namun, tujuan dan latar belakang yang hendak anda sampaikan lakukanlah dengan singkat serta memakai sejumlah kata yang menarik sehingga peserta akan semakin antusias.

5. Memperkenalkan pembaca atau presenter

Setelah anda selesai di dalam menyampaikan latar belakang serta tujuan diadakannya diskusi, selanjutnya Anda bisa memperkenalkan penyaji atau presenter. Sampaikanlah kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh presenter supaya setiap peserta akan memiliki keyakinan bahwa materi yang akan disampaikan oleh presenter berkualitas baik.

6. Sampaikan aturan serta susunan acara di dalam diskusi

Mengatur jalannya diskusi yang merupakan tugas dari seorang moderator. Oleh sebab itulah alangkah baiknya seorang moderator menginformasikan terlebih dahulu aturan serta susunan acara dari diskusi tersebut. Sebagai contoh, sampaikan kapan diadakannya sesi tanya jawab, durasi waktu yang disediakan untuk setiap peserta di dalam memberikan pertanyaan, serta informasi lain terkait dengan susunan acara.

7. Mempersilahkan penyaji untuk memulai diskusi

Apabila sudah waktunya diskusi dimulai, maka seorang moderator bisa mempersilahkan presenter untuk mulai membawakan materinya. Suasana juga harus tetap di atur supaya kondusif ketika presenter sedang membawa materi.

Baca Juga:   Tata Cara Menjadi Moderator Diskusi

8. Waktu atau sesi tanya jawab

Sebelum anda memberikan kesempatan tanya jawab kepada peserta terkait dengan materi yang dibawakan oleh presenter, alangkah baiknya anda sedikit mengulas kembali mengenai materi yang sudah disampaikan oleh presenter Sehingga peserta akan lebih paham lagi dengan materi yang sebelumnya sudah disampaikan. Sebaiknya Anda membagi sesi tanya jawab menjadi beberapa sensi dengan masing-masing sesi terdiri dari tiga pertanyaan.

9. Ucapan sebelum penutupan diskusi

Setelah acara tanya jawab selesai dan setiap peserta sudah puas dengan jawaban-jawaban yang diberikan presenter, maka sampaikan terima kasih kepada presenter sekaligus juga kepada peserta atas partisipasi dan kehadirannya serta kerjasamanya yang baik didalam mengikuti diskusi tersebut.

10. Menutup acara diskusi

Pada akhir sesi kegiatan diskusi, tugas moderator adalah menutup kegiatan diskusi tersebut. Melakukan penutupan acara diskusi dengan tetap optimis serta ucapan semangat untuk setiap peserta. Seorang moderator juga boleh untuk menyampaikan pemecahan masalah yang sebelumnya sudah dibahas dalam acara diskusi tersebut.

Demikianlah tutorial singkat mengenai bagaimana cara menjadi moderator diskusi yang baik sehingga apabila suatu saat nanti Anda kebagian tugas menjadi seorang moderator, maka anda bisa melaksanakan tugas sesuai dengan aturan yang ada. Akhir kata selamat Berlatih menjadi moderator diskusi dan semoga Anda bisa sukses pada saat mengatur jalannya diskusi.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung 2,5 Persen Pada Zakat

Cara Menghitung 2,5 Persen Pada Zakat Yang Perlu Dipahami Bersama

Di bulan Romadhon, di samping kita berpuasa untuk menahan haus dan lapar, di bulan tersebut …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *