Home / Software / Android / Cara Menjadikan Android Sebagai Modem

Cara Menjadikan Android Sebagai Modem

Bagaimana kabar anda sekalian? Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas Bagaimana cara menjadikan Android sebagai modem. Kebutuhan data internet memang sudah lumayan tinggi untuk saat ini sehingga tutorial mengenai cara menjadikan Android jadi modem adalah salah satu bagian yang sangat penting untuk diketahui bersama. Dipilih perangkatnya Android sebagai salah satu media atau alat yang dijadikan sebagai modem karena smartphone yang satu ini sudah sangat menjamur di kalangan masyarakat Indonesia, baik yang berteknologi 3G maupun LTE.

Cara Menjadikan Android Sebagai Modem

Memang, tidak bisa dipungkiri juga bahwa sistem operasi Android merupakan salah satu sistem operasi yang menawarkan banyak sekali fitur cukup menarik. Oleh sebab itulah Alangkah baiknya apabila anda membutuhkan banyak koneksi internet dengan satu sumber untuk bisa mencoba tutorial cara menjadikan, Android jadi modem berikut ini.

HP Android juga merupakan salah satu perangkat yang mempunyai koneksi internet cukup cepat. Dukungan teknologi 3G, bahkan LTE menjadikan kecepatan internet untuk saat ini semakin menjadi-jadi. Tentunya kecepatan internet yang bisa didapat rata-rata untuk saat ini berkisar antara 7,2 mbps sampai dengan 42 mbps. Kecepatan yang luar biasa bukan? Tentunya Sayang kalau dilewatkan Bagaimana cara menjadikan, Android sebagai modem karena hal tersebut akan sangat menghemat perangkat, namun mendapatkan fungsi yang luar biasa.

Baca Juga:   Cara Menjalankan Superuser Tanpa Root

Tanpa kita sadari bahwa smartphone Android yang beredar saat ini sudah disediakan sebuah fitur yang namanya hotspot wifi yang berguna untuk berbagi jaringan dengan perangkat lain baik ke Ke komputer maupun cas smartphone Android lainnya.Lalu, Bagaimana cara menjadikan  HP Android menjadi modem?Untuk melakukan hal tersebut tentunya bukanlah hal yang sulit dilakukan karena bagi pemula pun sudah bisa melakukan hal tersebut.

Salah satu kelebihan yang bisa didapat ketika kita mempraktekkan cara menjadikan, Android sebagai modem adalah mendapatkan kecepatan internet yang cukup stabil dibandingkan dengan menggunakan hotspot wifi ataupun modem secara langsung. Walaupun teori tentang hal tersebut tidak terlalu signifikan. Akan tetapi pastinya setiap pengguna internet akan selalu memiliki harapan supaya dapat memaksimalkan kecepatan internet yang sedang digunakan untuk mendukung aktivitas browsing mereka.

Sebenarnya ada dua cara menjadikan, Android sebagai modem yang nantinya bisa saling berbagi jaringan internet ke seluruh perangkat yang diizinkan. Cara menjadikan, Android sebagai modem yang pertama adalah memakai hotspot wifi yang sudah disematkan di dalam perangkat smartphone android anda. Cara menjadikan  HP jadi modem yang pertama ini bisa dikatakan merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan, bahkan hanya dalam beberapa ketuk saja.

Baca Juga:   Cara Menjalankan Aplikasi Android Di Laptop

Cara menjadikan  HP menjadi modem yang kedua yaitu dengan menggunakan kabel USB. Cara menjadikan  HP modem yang kedua ini memang belum banyak diketahui oleh para pengguna smartphone. Oleh sebab itulah, karena saya memiliki smartphone Android Samsung maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas Bagaimana cara menjadikan  HP Samsung sebagai modem Menggunakan kabel USB.

Cara menjadikan  HP sebagai modem

Cara menjadikan  HP sebagai modem dengan kabel data USB tentunya harus diawali dengan mempersiapkan beberapa alat. Alat-alat tersebut haruslah ada sehingga pekerjaan Anda didalam membuat smartphone Android Anda bertindak sebagai modem bisa berjalan dengan baik.

Dibawah ini adalah peralatan yang harus disiapkan:

  1. 1 buah smartphone Android, carilah yang sudah berteknologi 3G atau LTE
  2. Kabel USB yang sudah mendukung dengan komputer. Usahakan untuk menggunakan kabel USB bawaan dari smartphone
  3. Pastikan bahwa kuota internet masih tersedia pada smartphone Android Anda

Cara menjadikan Android sebagai modem:

Berikut ini adalah langkah demi langkah bagaimana menjadikan Android sebagai modem:

  1. Langkah pertama, silakan Anda hubungkan smartphone Android dengan memakai kabel data USB bawaan ke perangkat komputer atau laptop
  2. Setelah penyambungan Anda berhasil, maka komputer akan memunculkan notifikasi yang menyatakan bahwa kabel USB telah tersambung
  3. Silahkan Anda memilih menu “wireless and networks”lalu Silahkan pilih menu “more”
  4. Langkah berikutnya, akan dimunculkan lagi pilihan “tethering and portable hotspot”
  5. Apabila kabel USB terhubung dengan lancar, Maka akan muncul pilihan “USB tethering”
  6. Untuk mengaktifkan fasilitas USB tethering, silahkan anda ceklis opsi yang tersedia
  7. Finish dan anda bisa menikmati Internet menggunakan laptop anda dengan bermodalkan smartphone Android sebagai modem.
Baca Juga:   Cara Menampilkan Lirik Lagu Di Android Tanpa Aplikasi

Demikianlah cara menjadikan Android sebagai modem yang bisa saya kupas Pada kesempatan kali ini. Tutorial ini sebenarnya bisa anda aplikasikan untuk seluruh perangkat smartphone yang ada untuk saat ini, dari tidak terbatas hanya pada smartphone Android bermerek Samsung saja. Mudah-mudahan, tutorial singkat Pada kesempatan kali ini berhasil anda praktekan dan anda bisa menikmati koneksi internet menggunakan komputer dengan bermodalkan kuota yang ada di Smartphone. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Android

Apa Yang Dimaksud Dengan Android

Smartphone Android atau handphone Android adalah salah satu piranti yang sudah cukup memiliki nama beberapa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *