Home / Software / Android / Cara Menjadikan Android Sebagai WiFi

Cara Menjadikan Android Sebagai WiFi

Memiliki smartphone Android saja sebenarnya belumlah cukup, Hal tersebut dikarenakan pengguna Android juga pastinya memerlukan koneksi internet yang digunakan pada berbagai macam perangkat. Tentunya cara menjadikan Android sebagai WiFi cukup membuat banyak orang merasa penasaran. Seperti yang kita sadari bersama bahwa saat ini kita hidup pada zaman smartphone Android yang tentunya masih terasa kurang apabila tidak disediakan koneksi internet.

Cara Menjadikan Android Sebagai WiFi

Sebenarnya koneksi internet untuk sekarang ini bisa dibagi dan dinikmati oleh orang lain Dengan cara menjadikan smartphone Android sebagai WiFi. Tentunya hal tersebut cukup menarik dan bermanfaat bagi orang lain karena bisa mengakses internet menggunakan kuota yang ada pada smartphone Android. Tentunya, Android tersebutlah yang nantinya kita jadikan sebagai modem WiFi.

Cara menjadikan Android sebagai WiFi tanpa kabel

Berikut ini adalah tutorial cara menjadikan HP sebagai modem tanpa kabel yang bisa saya ulas sebagai gambaran umum menjadikan Android sebagai modem WiFi yang bisa dinikmati oleh siapapun termasuk anda.namun, sebelum kita mengulas lebih dalam Bagaimana cara menjadikan Android sebagai WiFi alangkah baiknya kita mengetahui 2 cara menjadikan Android sebagai modem WiFi. Menjadikan Android sebagai modem bisa dilakukan dengan memakai kabel USB atau yang sering dikenal dengan istilah USB tethering dan menggunakan WiFi tethering. Cara yang paling mudah menjadikan smartphone Android sebagai modem WiFi adalah menggunakan fasilitas WiFi tethering. Apalagi, sekarang ini perangkat-perangkat komputer hampir seluruhnya sudah mendukung fasilitas WiFi.

Baca Juga:   5 Software Browser Tercepat Berbasis Android 2017
  1. Tahapan pertama di dalam proses memfungsikan HP Android menjadi modem WiFi yaitu masuk ke menu “setting” atau menu “pengaturan”yang berada pada smartphone Android. Silahkan anda temukan dan pilih menu “nirkabel dan jaringan”
  2. Langkah berikutnya, silahkan anda cari dan pilih menu “tethering dan portable hotspot”
  3. Tahap selanjutnya akan dimunculkan 2 buah menu “penambatan USB”dan menu “hotspot WiFi portable”
  4. Pada langkah ini, silahkan Anda memilih menu yang kedua yaitu “hotspot WiFi portable”. Apabila dibutuhkan, silakan Anda membuat password sebagai pengaman jaringan hotspot WiFi portable anda.
  5. Pada proses mengubah dan membuat password agar tidak bisa dimasuki oleh orang lain jaringan hotspot WiFi portable Anda, anda bisa langsung masuk ke bagian pengaturan untuk hotspot WiFi portable.
  6. Alangkah baiknya anda melakukan pengecekan terlebih dahulu Apakah hotspot WiFi portable anda sudah sukses diaktifkan dengan menggunakan laptop atau pc yang ber WiFi. Jika hotspot WiFi portable anda sudah aktif, maka sinyal WiFi akan langsung terdeteksi.
  7. Apabila Anda ingin memakai laptop atau PC serta hendak mengakses internet lewat hotspot WiFi portable pada smartphone Android Anda, password yang anda isikan pada jaringan WiFi di laptop atau PC haruslah sama, sesuai dengan yang sudah diatur pada smartphone Android anda.
Baca Juga:   Cara Menghapus Data Di HP Android

Jaringan hotspot WiFi portable yang sudah anda aktifkan tersebut tidak hanya bisa dipakai untuk laptop maupun PC, tapi bisa digunakan untuk seluruh perangkat yang memiliki fasilitas WiFi, termasuk adalah smartphone. Supaya jaringan hotspot WiFi portable yang kita aktifkan benar-benar aman dan tidak diakses oleh sembarang orang, maka membuat dan memasang password pada pengaturan hotspot WiFi portable di smartphone Android adalah sebuah kewajiban.

Adapun sejumlah alasan masyarakat memilih smartphone Android untuk dijadikan sebagai modem yaitu:

  1. Kemudahan dalam mengakses koneksi internet, baik menggunakan laptop, PC maupun smartphone. Cukup mengaktifkan fasilitas WiFi saja.
  2. WiFi adalah salah satu solusi terbaik untuk mengkoneksikan koneksi internet dari smartphone Android ke berbagai macam perangkat. Hal tersebut tentunya berbeda dengan memakai kabel dimana kabel adalah salah satu media yang masih terlihat sehingga cukup membuat berantakan pada kondisi tertentu.
  3. Dengan memanfaatkan jaringan WiFi, mengakses koneksi internet tidak perlu dilakukan harus berdekatan dengan modem. Asalkan masih dalam jangkauan sinyal WiFi, anda bisa mengakses dari mana pun juga.
  4. Kerugian dimana kondisi jaringan memburuk tentunya bisa diminimalisir apabila menggunakan WiFi. Berbeda dengan menggunakan kabel dimana resiko jaringan bisa tiba-tiba memburuk.
Baca Juga:   Cara Menjalankan PS3 di Smartphone Android

Namun, walaupun WiFi banyak sekali kelebihan, tetap saja WiFi adalah salah satu jaringan yang mempunyai sensitifitas cukup tinggi terutama terhadap kekuatan sinyal. Oleh karena itu, setiap penggunaan internet baik menggunakan laptop maupun smartphone akan cukup lancar pada saat kekuatan sinyal terpenuhi. Anda juga harus berhati-hati dengan adanya perubahan iklim serta cuaca yang ekstrem yang tentunya akan sangat mempengaruhi kondisi sinyal WiFi. Semoga saja cara menjadikan Android sebagai WiFi Pada kesempatan kali ini bermanfaat dan berguna bagi pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat mencoba.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Tinggi Badan Dengan Android

Cara Mengukur Tinggi Badan Dengan Android

Semakin hari, perkembangan smartphone atau telepon canggih semakin tinggi. Sampai dengan saat ini pula, kecanggihan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *