Home / Software / Android / Cara Menjalankan Aplikasi Android Di Laptop

Cara Menjalankan Aplikasi Android Di Laptop

Pada zaman sekarang ini, perangkat Android sudah sangat menjamur di masyarakat Indonesia. Berbagai macam aplikasi dengan fungsinya masing-masing bisa dijalankan pada smartphone Android sehingga setiap pengguna dari smartphone Android akan sangat terbantu dengan adanya aplikasi tersebut. Namun, kadangkala terjadi sebuah permasalahan pada pengguna Android di mana aplikasi tersebut sebenarnya ingin dijalankan di komputer atau laptop.

Cara Menjalankan Aplikasi Android Di Laptop

Kadangkala permasalahan yang sering dialami oleh pengguna smartphone Android adalah ukuran layar yang cukup kecil sehingga menyulitkan untuk bekerja. Berbeda dengan di laptop atau komputer di mana layar dari smartphone Android tersebut akan berubah menjadi full screen sehingga memudahkan pengguna didalam memanfaatkannya. Dari latar belakang tersebut saya akan mencoba membahas Bagaimana cara menjalankan aplikasi Android di komputer.

Tutorial mengenai cara menjalankan Android di PC ini saya angkat sebagai salah satu kepedulian Kepada Anda didalam keinginan untuk mempermudah menggunakan aplikasi APK yang seharusnya di Smartphone namun dijalankan di komputer. Dengan memanfaatkan aplikasi emulator yang terpasang di laptop khusus untuk menginstal APK Android, maka tentunya pekerjaan Anda akan semakin ringan karena layar yang digunakan untuk bekerja memiliki ukuran cukup besar.

Cara menjalankan aplikasi Android di PC tanpa emulator lebih sulit dibandingkan dengan yang menggunakan emulator. Artinya adalah nantinya kita membutuhkan sebuah software emulator yang bisa digunakan untuk menginstal APK yang ada di smartphone tersebut. Emulator untuk menjalankan Android di komputer atau laptop cukuplah sulit untuk dicari. Oleh sebab itulah, sangat disarankan untuk Anda juga turut mencari cara menjalankan APK di PC sehingga beragam aplikasi yang ada pada smartphone anda bisa bekerja pada komputer tanpa harus memainkan langsung di Smartphone.

Baca Juga:   Cara Mendengarkan Radio Online Di Android

Salah satu alasan mencari cara menjalankan aplikasi APK Android di PC adalah karena rata-rata smartphone Android digunakan untuk bermain game. Namun, salah satu kelemahan dari smartphone Android yang digunakan untuk bermain game adalah cepatnya suhu pada smartphone tersebut naik Sehingga tentunya akan mengakibatkan smartphone Android tersebut menjadi menjadi cepat panas. Tentunya, panas yang berlebihan pada smartphone Android akan bisa dengan mudah menjadikan smartphone mengalami kerusakan. Untuk itulah dengan cara menjalankan APK di PC akan menjadikan smartphone Android menjadi lebih awet.

Cara menjalankan aplikasi Android di laptop atau PC

Cara menjalankan aplikasi Android di laptop atau PC yang akan saya bahas Pada kesempatan kali ini tentunya menggunakan bantuan aplikasi yang harus diinstal terlebih dahulu di komputer sebelum kita menginstal APK di pada laptop atau PC tersebut. Jadi, APK Android tersebut nantinya kita install pada software emulator yang sudah kita install pada laptop ataupun PC. Software-software yang akan saya bahas ini Tentunya bisa berjalan pada 3 platform sistem operasi, yaitu sistem operasi Linux, sistem operasi Windows dan Mac OS.

1. Software Android SDK

Software Android SDK adalah sebuah emulator yang dibuat oleh developer Android guna menjalankan berbagai macam game dan aplikasi Android pada laptop ataupun komputer selain aplikasi bluestack. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini bukanlah perkara yang sulit karena memang user interface dari software Android SDK cukuplah mudah dipahami oleh siapapun termasuk para pemula. Spesifikasi yang dibutuhkan untuk bisa menjalankan software Android SDK ini juga tidak terlalu tinggi sehingga cocok digunakan pada komputer dengan spesifikasi rendah. Menggunakan software Android SDK juga akan mempermudah Anda didalam mendownload secara langsung game maupun aplikasi SDK di Google Play Store. Software Android SDK tersedia untuk 3 sistem operasi, mulai dari Linux Mac OS dan juga Windows.

Baca Juga:   Kumpulan Aplikasi Kunci Layar atau Lock Screen terbaik di Android

2. Software bluestacks

Software bluestack merupakan software emulator yang paling terkenal untuk saat ini sebagai salah satu aplikasi yang paling umum digunakan untuk membuat aplikasi SDK bisa berjalan diatas komputer. Hampir rata-rata pengguna Android yang ingin memindah atau menggunakan aplikasi dan game Android di komputer pastinya menggunakan software bluestack ini. Ya, bluestack merupakan aplikasi Perdana yang pertama kali dirilis untuk mensimulasikan sistem operasi Android pada komputer. Dengan menggunakan software bluestack, Kita juga bisa menginstal seluruh jenis aplikasi Android dan bisa dengan lancar menggunakannya.

3. Software youwave

Sama dengan dua software emulator di atas, software youwave juga merupakan software yang bisa anda gunakan untuk menjalankan aplikasi Android di laptop dan di komputer PC. Software youwave merupakan salah satu software yang cukup ringan dan memiliki tampilan yang cukup mudah dikenali oleh setiap pengguna sehingga lebih mudah dioperasikan. Anda bisa memanfaatkan software youwave untuk di-instal di laptop atau komputer Sehingga nantinya anda bisa memasang aplikasi Android pada emulator youwave tersebut. Ukuran dari software youwave ini cukup kecil, yaitu kurang lebih 150 MB.

Baca Juga:   Inilah 7 Aplikasi Android Kamera Seperti DSLR Terbaik Dan Gratis

4. Software Andy

Berbagai macam fitur yang menarik ditawarkan oleh software Andy sebagai sebuah software emulator yang berperan untuk menggantikan smartphone Android pada PC ataupun laptop. Software Andy termasuk salah satu software yang cukup direkomendasikan oleh banyak pengguna smartphone Android karena fitur yang dimilikinya cukup canggih dan juga menarik. Oleh karena itu tentunya tidak akan rugi bagi Anda yang ingin mencoba software Andy untuk menghidupkan Android di komputer atau laptop.

Demikianlah empat software emulator yang bisa anda terapkan sebagai salah satu langkah di dalam mempraktekkan cara menjalankan aplikasi Android di laptop maupun di PC. Anda tentunya bisa melakukan uji coba keempat software emulator tersebut, lalu dianalisa mana yang terbaik untuk anda gunakan. Setelah itu, anda bisa membuang software emulator yang lain dan menggunakan software emulator yang paling cocok untuk anda. Mudah-mudahan, informasi singkat Pada kesempatan kali ini mengenai cara menjalankan aplikasi Android di laptop bisa bermanfaat dan menambah wawasan dan pengetahuan anda sekalian. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Android

Apa Yang Dimaksud Dengan Android

Smartphone Android atau handphone Android adalah salah satu piranti yang sudah cukup memiliki nama beberapa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *