Home / Software / Android / Cara Menjalankan Aplikasi PC Di Android

Cara Menjalankan Aplikasi PC Di Android

Cara menjalankan aplikasi PC di Android adalah kelanjutan pembahasan pada artikel yang lalu di mana membahas mengenai cara menjalankan aplikasi Android di PC. Sistem operasi Android adalah salah satu sistem operasi yang cukup hebat baik secara manajemen perangkat keras maupun manajemen perangkat lunak. Selain bisa menjalankan file APK dari Android itu sendiri, ternyata sistem operasi Android juga bisa untuk mengeksekusi aplikasi excutable/.EXE atau format aplikasi miliknya Microsoft Windows.

Cara Menjalankan Aplikasi PC Di Android

Sistem operasi Android memang lah memakai Kernel Linux, namun demikian Ternyata banyak Developer yang terus mengembangkan emulator untuk aplikasi .exe miliknya Microsoft Windows supaya dapat berjalan pada sistem operasi Android. Namun, perlu kita ketahui bersama bahwa Sampai dengan saat ini tidak semua file .exe dapat berjalan pada sistem operasi Android. Hanya sejumlah aplikasi .exe yang bisa berjalan dengan sempurna. Mungkin saja setelah ada pembaharuan dari pengembang ataupun developer software di Android, jumlah file .exe yang bisa dijalankan pada sistem operasi Android dapat lebih banyak lagi.

Penggolongan dari file .exe secara umum dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  1. File .exe dimana tetap memerlukan adanya file yang lain yang berguna sebagai data peserta bagian dari penunjang jalannya aplikasi tersebut. Contoh file yang dibutuhkan misalnya adalah file library yang berekstensi.lib atau.tlb, file dll dan beberapa jenis file lainnya.
  2. File .exe yang mampu berdiri sendiri dan bisa berjalan tanpa memerlukanmi yang lain. Contoh dari file ini adalah aplikasi ibooks, aplikasi game portable dan beberapa jenis aplikasi Lainnya.
Baca Juga:   Cara Menjalankan Aplikasi Windows Di Android

Cara menjalankan aplikasi PC di Android

Untuk jenis file .exe yang memiliki kemungkinan besar bisa berjalan pada sistem operasi Android adalah file .exe yang bisa berjalan tanpa membutuhkan file yang lain atau bisa dikatakan sebagai file excutable Mandiri. Ada tiga cara menjalankan aplikasi PC di Android yang bisa Anda coba Praktekkan sesuai dengan tutorial dibawah ini.

1. Memanfaatkan Inno setup Extractor untuk membuka file .executable pada smartphone Android

Langkah pertama yang paling mudah di dalam membuka file .exe di smartphone Android adalah dengan menggunakan Inno setup Extractor. Silakan Anda download terlebih dahulu software Ino setup Extractor, lalu lanjutkan dengan menginstal pada smartphone android anda. Jangan lupa pula untuk menyimpan file .exe pada smartphone.

Tempatkan file .exe pada posisi yang mudah dibuka pada smartphone android anda. Langkah berikutnya, silahkan anda buka file .exe tersebut menggunakan aplikasi Inno setup extractor. Apabila software Inno setup extractor berhasil membuka file .exe Anda, maka secara otomatis aplikasi yang seharusnya berjalan di PC bisa langsung berjalan di smartphone Android.

Baca Juga:   Kumpulan Aplikasi Kunci Layar atau Lock Screen terbaik di Android

2. Menggunakan software dosbox untuk menjalankan file .exe

Dosbox merupakan salah satu aplikasi yang metode menggunakannya memakai command Line layaknya command prompt yang ada pada sistem operasi Windows. Sebenarnya, cukup banyak jenis aplikasi Android yang memiliki fitur seperti ini, namun aplikasi dosbox merupakan aplikasi yang cukup saya sarankan untuk anda gunakan. Di bawah ini adalah urutan didalam memakai dosbox untuk menjalankan file .exe pada smartphone Android:

  1. Langkah pertama, silahkan anda download aplikasi dosbox pada Google Play Store, lalu lanjutkan dengan proses penginstalan
  2. Silahkan anda simpan file .exe pada smartphone Android, usahakan pada direktori root, lalu silahkan anda rename nama foldernya supaya memiliki nama lebih mudah untuk diingat. Sebagai contoh, misalkan nama foldernya .exe saya ganti dengan nama “percobaan”.
  1. Selanjutnya, silakan Anda jalankan aplikasi dosbox, lalu silakan Anda Tuliskan perintah “cd/percobaan”Pada aplikasi dosbox, lalu lanjutkan dengan menekan tombol enter.
  2. Setelah anda berhasil masuk ke dalam folder “percobaan”, silakan Anda ketik file .exe yang hendak Anda jalankan.
  3. Apabila file .exe yang anda panggil tersebut kompatibel dengan aplikasi dosbox, maka seketika aplikasi yang anda panggil bisa berjalan dan digunakan sama persis Ketika anda pakai di komputer Windows.
Baca Juga:   Inilah 7 Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Aplikasi

3. Menjalankan aplikasi Zarchiver untuk membuka file .exe pada smartphone Android

Aplikasi Zarchiver merupakan aplikasi ketiga yang bisa dipakai untuk membuka file .executable atau .exe pada smartphone berbasis Android. Aplikasi Zarchiver ini juga termasuk ke dalam salah satu aplikasi yang sangat mudah untuk digunakan dan tentunya bisa dikuasai oleh pengguna smartphone walaupun masih cukup awan. Untuk memulai menggunakan aplikasi Zarchiver ini, anda tentunya bisa terlebih dahulu mendownloadnya lewat Google Play Store. Silakan Anda manfaatkan aplikasi Zarchiver untuk menjalankan aplikasi PC di Android yang memiliki ekstensi .exe.

Demikianlah pembahasan tiga cara menjalankan aplikasi PC di Android. Sebagai catatan saja bahwa tentunya ada aplikasi .exe yang tidak bisa dijalankan pada smartphone Android. Hal tersebut bisa dikarenakan kompatibilitas yang kurang atau tidak kompetibel antara software aplikasi PC atau .exe dengan sistem operasi smartphone berbasis Windows. Anda perlu melakukan beberapa eksperimen hingga bisa menentukan software mana yang paling cocok anda gunakan untuk menjalankan aplikasi PC di Android. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Android

Apa Yang Dimaksud Dengan Android

Smartphone Android atau handphone Android adalah salah satu piranti yang sudah cukup memiliki nama beberapa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *