Home / Software / Android / Cara Menjalankan Aplikasi Windows Di Android

Cara Menjalankan Aplikasi Windows Di Android

Walaupun berbeda platform sistem operasi, ternyata aplikasi yang berjalan pada sistem operasi Windows bisa dijalankan pada sistem operasi Android yang ada di Smartphone. Memang, sistem operasi Windows berjalan pada komputer sedangkan Android berjalan pada smartphone. Perbedaan keduanya bisa berjalan di satu device. Untuk itulah pada posting kali ini saya akan mencoba membahas cara menjalankan aplikasi Windows di Android sehingga apa bilang sekarang ini anda belum memiliki laptop, maka tentunya Anda bisa menggantikan keberadaan komputer di rumah dengan smartphone Android.

Cara Menjalankan Aplikasi Windows Di Android

Cara Menjalankan Aplikasi Windows Di Android

Kabar gembira mengenai mudahnya menjalankan aplikasi Windows di Android ini Tentunya bisa anda nikmati tidak hanya di Smartphone saja namun juga pada tablet yang menggunakan sistem operasi Android. Cara menjalankan aplikasi Windows di Android ini Tentunya membutuhkan sebuah emulator untuk aplikasi Windows yang bernama wine.

Berdasarkan penyampaian yang dikemukakan oleh developer Winner yaitu Alexander juliard, beliau sudah sangat berusaha supaya emulator Wina tersebut dapat berjalan pada sistem operasi open source miliknya Google dan tentunya sudah sangat siap untuk melakukan demonstrasi Wine pada smartphone Android di konferensi vostem yang dilakukan 1 tahun sekali di Brussel, Negara Belgia.

Baca Juga:   Cara Menampilkan Foto Di Galeri Smartphone Android

Metode demonstrasi yang dikerjakan oleh juliard tersebut memakai sebuah macbook yang didalamnya berisi OS X guna menjalankan sistem operasi Android pada sebuah virtual mesin. Kemudian virtual mesin tersebut dipakai untuk menjalankan berbagai macam program aplikasi windos memakai Wine. Hanya saja, aplikasi Wine Belumlah dilakukan uji coba Apakah bisa dengan mulus berjalan pada perangkat yang menggunakan prosesor ARM yang mana hal tersebut tentunya sudah dimasukkan ke dalam rencana.

Wine memiliki kepanjangan Windows emulator atau Wine is not an emulator dimana aplikasi tersebut adalah aplikasi open source yang didesain sedemikian rupa hingga memungkinkan aplikasi Windows dapat berjalan pada berbagai macam sistem operasi seperti sistem operasi Linux, sistem operasi OS X termasuk adalah dukungan port yang ada di dalamnya, Solaris serta freebsd.

Pada proyek Wine tersebut Sudah mempunyai berbagai macam fitur software library winelib, dimana developper ataupun pengembang bisa melakukan kompilasi berbagai macam aplikasi Windows untuk dapat membantu port nya ke sistem operasi Linux.

Baca Juga:   Cara Menjalankan Aplikasi PC Di Android

Kegiatan menjalankan beragam aplikasi sistem operasi Windows pada sistem operasi Android menggunakan wine hanyalah Salah satu bagian kecil dari proses. Hal tersebut disebabkan karena terdapat cukup banyak perangkat yang menggunakan sistem operasi Android yang dijual di pasaran dimana memakai processor 32bit atau x86.

Apabila kita tengok, perangkat smartphone yang memakai prosesor Intel medfield jumlahnya masih sangat terbatas, bahkan bisa dihitung dengan jari. Andaikata saja dapat dijalankan menggunakan chip ARM, tentunya wine bisa dengan mudah dapat berjalan pada perangkat yang menggunakan prosesor seperti Snapdragon, tegra dan juga exynos.

Juliar serta lengkap dengan timnya Memiliki pekerjaan yang harus dilakukan sebelum wine benar-benar siap untuk diluncurkan di pasaran. Demo yang sudah dilakukan juliar tersebut merupakan salah satu langkah awal di dalam mengenalkan aplikasi wine supaya masing-masing personal yang membutuhkan perangkat ini sudah memiliki gambaran secara umum peserta sudah bisa mendapatkan perhatian dari para developer.

Tentunya, ketika wine sudah siap untuk diluncurkan maka tentunya akan terjadi cukup banyak penambahan yang mendukung berbagai macam port seperti stik PC, Android HDMI yang tentunya akan sangat mempengaruhi popularitas dari wine itu sendiri.

Baca Juga:   4 Aplikasi Pemotong Lagu MP3 Untuk Android Terbaik

Demikianlah sekelumit informasi Bagaimana cara menjalankan aplikasi Windows di Android yang mana apabila hal tersebut memang sudah benar bisa dilaksanakan, maka anda akan sangat terbantu karena tidak lagi harus menggunakan sistem operasi Windows untuk menjalankan berbagai macam software yang berjalan pada Windows tersebut. Selain itu, karena rata-rata ukuran smartphone dan tablet memiliki dimensi yang cukup kecil, maka bisa dipastikan anda akan lebih mudah membawa perangkat tersebut untuk bisa bekerja kapanpun dan dimanapun menggunakan aplikasi berbasis Windows tersebut. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Android

Apa Yang Dimaksud Dengan Android

Smartphone Android atau handphone Android adalah salah satu piranti yang sudah cukup memiliki nama beberapa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *