Home / Software / Utility / Cara Menjalankan CCleaner Untuk Bersih-Bersih Komputer

Cara Menjalankan CCleaner Untuk Bersih-Bersih Komputer

CCleaner merupakan salah satu software yang cukup penting untuk di instal di komputer karena memiliki fungsi yang sangat bagus apa ya itu untuk membersihkan komputer dari berbagai macam file sampah dan registry sampah. Hanya saja, karena masih cukup banyak pengguna komputer yang awam terhadap software CCleaner ini, maka pada kesempatan kali ini ijinkan saya untuk membahas Bagaimana cara menjalankan CCleaner untuk bersih-bersih komputer sehingga komputer anda bisa berjalan lebih maksimal karena kondisinya bersih.

Cara Menjalankan CCleaner Untuk Bersih-Bersih Komputer

Bisa dikatakan, software CCleaner adalah salah satu software yang menempati rating paling bagus pada jajaran software untuk membersihkan sampah yang ada di komputer Windows. Oleh sebab itu, tentunya tidak ada salahnya ketika kita mencoba software ini karena pasti akan mendapatkan efek positif yang cukup baik. Dengan menggunakan CCleaner, maka kita tidak perlu lagi melakukan proses pembersihan sampah pada komputer Windows secara manual. Biarkan CCleaner bekerja secara otomatis untuk melakukan pemindaian atau scan terhadap file-file sampah serta registry sampah yang ada pada komputer windos tersebut Lalu menampilkannya kepada anda yang nantinya bisa dibersihkan.

Apakah cara menjalankan CCleaner untuk bersih-bersih komputer cukup sulit? Ternyata tidak. Kuliner memiliki tampilan antarmuka yang sangat mudah untuk dipahami, bahkan oleh pemula sekalipun. Oleh sebab itu, Ketika saya Tunjukkan bagaimana cara menjalankan CCleaner, maka bisa dipastikan anda bisa dengan cepat memahami lalu mempraktekannya sendiri pada komputer masing-masing. Intinya, silakan Anda install software CCleaner yang terbaru yang bisa anda download dengan sangat mudah hanya memanfaatkan mesin pencari Google.Apabila Anda bingung Dimana bisa mendownload CCleaner, maka silahkan anda tuju pada Link https://www.piriform.com/cCCleaner/download

Cara menjalankan CCleaner untuk bersih-bersih komputer

Berikut ini adalah langkah-langkah singkat untuk menjalankan CCleaner pada komputer berbasis Windows sehingga komputer yang anda miliki bisa lebih bersih dari file sampah dan juga registry sampah yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Dengan menjalankan teknik seperti itu, maka komputer anda bisa ngebut kembali.

1. Tahap pertama

Silahkan anda buka software aplikasi CCleaner yang sudah terinstal pada komputer. Usahakan untuk menggunakan versi yang terbaru supaya memiliki kinerja lebih maksimal. Kadangkala, apabila software CCleaner anda termasuk versi yang lawas, maka jendela notifikasi yang menginformasikan bahwa sudah tersedia update software CCleaner dimunculkan.

2. Tahap kedua

Proses berikutnya adalah dengan melakukan Klik tombol yang bertuliskan “analyze”yang berada pada bagian kanan bawah. Silakan Anda tunggu beberapa saat hingga software CCleaner menyelesaikan Tugasnya di dalam menganalisa file-file sampah pada komputer anda

3. Tahap ketiga

Setelah tahap kedua selesai, anda bisa menghapus seluruh file sampah yang sudah ditemukan oleh software CCleaner dengan cara Klik tombol “Run CCleaner”. Silakan Anda tunggu beberapa saat lagi sampai dengan software CCleaner menyelesaikan tugasnya.

4. Tahap keempat

Silakan Anda klik pada bagian tombol “registry”yang berada pada sebelah kiri Tengah untuk proses pembersihan file registry yang sudah digunakan, Lalu silakan Anda lanjutkan dengan Klik tombol “scan for issues”yang berada pada bagian kanan bawah, lalu Silakan tunggu beberapa saat hingga software CCleaner selesai melakukan scanning pada registry yang sudah tidak terpakai lagi.

5. Tahap kelima

Setelah proses scanning terhadap file registry selesai, silahkan anda anda Klik tombol “fix selected issues”yang posisinya ada di bagian kanan bawah.

6. Tahap keenam

Akan dimunculkan sebuah konfirmasi apakah Anda hendak melakukan backup registry atau tidak. Apabila anda hendak melakukan back up file registry, silahkan anda Klik tombol “Yes”. Begitu juga sebaliknya, apabila anda tidak ingin melakukan back up file registry, maka silahkan anda Klik tombol “No”.

7. Tahap ketujuh

Silahkan anda Klik tombol “Fix all selected issues”untuk memulai proses penghapusan file sampah pada registry

8. Tahap kedelapan

Proses pembersihan file sampah dan file registry telah selesai dan anda bisa menutup aplikasi CCleaner untuk mengakhirinya.

Demikianlah tutorial mengenai cara menjalankan CCleaner untuk bersih-bersih komputer baik dari file sampah maupun registry sampah. Sebenarnya, selain untuk membersihkan dua jenis file tersebut, CCleaner juga memiliki kemampuan untuk melakukan beberapa operasi lagi, salah satunya adalah melakukan konfigurasi program atau Software apa saja yang masuk kedalam list Startup Windows. Fungsi ini Tentunya menggantikan fitur msconfig pada Windows. Mudah-mudahan artikel singkat pada kesempatan yang baik ini mampu menambah pengetahuan dan wawasan anda di dalam menggunakan aplikasi CCleaner. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *