Home / Software / Bahasa Pemrograman / Cara Menjalankan Java Dari Awal Hingga Akhir

Cara Menjalankan Java Dari Awal Hingga Akhir

Java merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang sudah cukup populer saat ini. Masih teringat ketika duduk di bangku kuliah mendapat mata kuliah yang salah satu di dalamnya adalah pemrograman java dimana pemrograman tersebut cukuplah sulit untuk dikuasai. Sintak yang dimilikinya cukuplah berbeda dengan bahasa pemrograman desktop yang lain seperti Delphi maupun VB. Untuk sedikit memberikan gambaran kepada anda tentang bahasa pemrograman Java maka pada posting kali ini saya akan mencoba sharing cara menjalankan Java dari bagian awal.

Cara Menjalankan Java

Salah satu Letak perbedaan antara bahasa pemrograman java dengan bahasa pemrograman lain diantaranya adalah bahasa pemrograman java memiliki case sensitive dimana aturan penulisan dari kode sumber pada pemrograman java ini benar-benar ketat. Huruf kecil harus ditulis dengan huruf kecil, begitu juga huruf kapital haruslah ditulis dengan huruf kapital. Prosedur inilah yang membuat sedikit rumit di dalam menuliskan Sintak dari bahasa pemrograman java.

Namun, walaupun bahasa pemrograman java merupakan bahasa yang sulit, tetap saja kita harus berusaha untuk bisa menguasai pemrograman tersebut ketika kita hendak fokus untuk membuat sebuah software atau aplikasi yang menggunakan bahasa Java. Apalagi Salah satu kelebihan bahasa pemrograman Java adalah bisa dijalankan multi platform sehingga kompatibilitas ke beberapa sistem operasi cukuplah baik. Kita bisa membuat aplikasi di Smartphone menggunakan bahasa pemrograman java, Kita juga bisa membuat program aplikasi berbasis Windows maupun Linux dengan menggunakan bahasa pemrograman java.

Baca Juga:   Cara Menjalankan XAMPP Di Windows 7

Cara menjalankan Java

Sebelum kita mulai mencoba untuk belajar membuat aplikasi menggunakan Java, tentunya kita harus melakukan konfigurasi bahasa pemrograman java supaya bahasa pemrograman tersebut bisa kita gunakan. Berikut ini adalah tahapan demi tahapan Bagaimana mengkonfigurasikan bahasa pemrograman Java:

  1. Melakukan penginstalan JDK adalah tahapan awal sebelum kita menjalankan bahasa pemrograman Java. Setelah anda melakukan penginstalan JDK, selanjutnya kita lakukan beberapa konfigurasi pada sistem operasi Windows.
  2. Langkah paling awal adalah mengcopy Patch miliknya JDK pada lokasi C — program Files — Java — JDK — Bin
  3. Setting Windows ini dimaksudkan adalah untuk melakukan setting alamat JDK yang digunakan yaitu dengan cara klik Kanan computer, lalu pilih menu properties
  4. Langkah berikutnya, silahkan anda klik menu Advanced System setting
  5. Tahapan berikutnya, silahkan anak klik menu environment variables
  6. Setelah jendela environment variables ditampilkan, silahkan anda klik tombol edit, lalu silahkan anda copykan alamat dari patch JDK yang sebelumnya sudah anda copykan pada tahap pertama.
  7. Selesai, anda bisa mulai untuk membuat kode sumber dengan menggunakan bahasa pemrograman Java di CMD
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Programmer

Contoh bahasa pemrograman Java

Dibawah ini adalah 1 contoh kecil kode sumber yang menggunakan bahasa pemrograman java. Silahkan anda salin di notpad atau editor lainnya yang sudah terinstal pada komputer anda.

Public class latihan

{

Public static void main(String[] args) {

System.out.print(“latihan 3”);

}

}

Setelah anda berhasil membuat sebuah perintah atau aplikasi menggunakan Java seperti pada contoh di atas, maka berikutnya adalah langkah-langkah untuk memanggilnya. Langkah-langkah yang bisa anda ikuti untuk menjalankan Java di kamar from adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama silahkan Anda masuk ke CMD
  2. Langkah berikutnya silakan Anda tekan kombinasi tombol Windows + R
  3. Pada tahap berikutnya, silakan Anda ketik perintah D: dengan asumsi directory D merupakan tempat menyimpan file aplikasi Java yang anda miliki.
  4. Apabila Anda bingung, anda bisa menggunakan perintah DIR untuk menampilkan seluruh file-file yang ada pada direktori tersebut.
  5. Untuk mengkompilasi aplikasi java, maka anda bisa menggunakan perintah “Javac nama_file_yang_disimpan.java. Sedangkan untuk menjalankan Java bisa dilakukan dengan mengetik perintah nama_file_java.java

Demikianlah urutan demi urutan cara menjalankan Java yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Mudah-mudahan, tutorial singkat pada artikel ini mampu memberikan pemahaman dan wawasan baru bagi pengunjung sekalian Sehingga anda memiliki pengetahuan dasar mengenai bahasa pemrograman java. Akhir kata, Selamat belajar, Semoga anda bisa lebih cepat menguasai bahasa pemrograman yang satu ini. Terima kasih.

Baca Juga:   Cara Menjalankan PHP menggunakan XAMPP

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan PHP

Apa Yang Dimaksud Dengan PHP

PHP merupakan sebuah kata yang cukup terkenal di bidang bahasa pemrograman. Namun, tidak semua programmer …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *