Home / Hardware / Cara Menjalankan Komputer Dengan Baik dan Benar

Cara Menjalankan Komputer Dengan Baik dan Benar

Bagian dasar yang harus dikuasai oleh pengguna komputer Baru adalah bagaimana cara menjalankan komputer dengan baik dan benar sehingga komputer yang digunakan bisa lebih awet. Tingkat keawetan dari komputer salah satunya adalah perlakuan pada komputer itu sendiri. Sebenarnya pelajaran bagaimana cara mengoperasikan komputer dengan baik dan benar sudah didapat di bangku sekolahan. Hanya saja, kadang kala kita masih merasa bingung bagaimana langkah demi langkah menjalankan komputer.

Cara Menjalankan Komputer Dengan Baik dan Benar

Untuk bisa memahami Bagaimana cara menjalankan komputer dengan baik dan benar, maka alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu beberapa operasi dasar pada sebuah komputer. Operasi dasar yang dimaksud adalah proses menyalakan komputer, proses mengoperasikan komputer dan proses mematikan komputer. Apabila langkah dasar di dalam masing-masing operasi menjalankan komputer tersebut sudah anda kuasai, maka secara tidak langsung Anda sudah mampu untuk menjaga supaya kondisi komputer tetap awet.

Untuk membantu Anda yang sekarang ini masih awam di dalam menjalankan komputer hape maka pada artikel Pada kesempatan kali ini akan sedikit membahas mengenai cara menjalankan komputer sehingga Anda nantinya Memiliki gambaran sekaligus bahan belajar untuk praktek cara mengoperasikan komputer Sesuai dengan standar operasional prosedur.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Penggunaan Komputer

Cara menjalankan komputer dengan baik dan benar

Di bawah ini adalah urutan urutan Bagaimana cara menyalakan komputer, cara mengoperasikan berbagai macam software aplikasi yang ada pada komputer serta cara mematikan komputer dengan baik dan benar. Silahkan anda ikuti tahapan demi tahapan mengoperasikan atau menjalankan komputer dibawah ini.

1. Langkah-langkah menyalakan komputer

Sebelum Anda menyalakan komputer, silahkan anda Pastikan bahwa seluruh perangkat input dan output pada komputer sudah terpasang dengan benar. Beberapa contohnya adalah Mouse, keyboard, monitor serta kabel power yang menghubungkan listrik keplay. Selainitu, sistem operasi pada PC juga sudah terinstal baik itu sistem operasi berbasis Windows maupun sistem operasi berbasis Linux. Langkah menyalakan komputer diawali dengan menekan tombol power yang ada pada bagian depan casing, lalu diikuti dengan menekan tombol power pada monitor. Selanjutnya, anda tinggal menunggu saja proses loading sampai komputer atau PC siap untuk digunakan dengan ditandai munculnya jendela Windows.

2. Langkah mengoperasikan komputer

Tentunya, setelah komputer nyala dan sudah berada pada jendela Windows atau sering disebut dengan istilah desktop, maka komputer tersebut sudah siap untuk digunakan. Tentunya software yang anda buka tergantung dari kebutuhan. Sebagai contoh, apabila anda hendak mengetik, maka anda bisa memanfaatkan software Microsoft Office Word 2007. Demikian juga Ketika anda ingin mendesain logo, maka software Corel Draw lah yang cocok untuk Anda buka. Ketika anda ingin mengedit foto, maka silakan Anda membuka Photoshop. Intinya, sesuaikan software yang anda buka sesuai dengan kebutuhan pekerjaan anda. Janganlah membuka terlalu banyak software karena hal tersebut akan membuat kinerja komputer menjadi berat dan melambat.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer HP 1010

3. Langkah mematikan komputer

Sebelum anda mematikan komputer, maka terlebih dahulu Anda harus menutup program-program yang sudah anda gunakan sebelumnya. Jangan lupa untuk menyimpan terlebih dahulu pekerjaan Anda sebelum anda menutup program tersebut. Ketika seluruh program sudah tertutup dengan sempurna, proses mematikan komputer bisa dilakukan. Silahkan Anda mulai mematikan komputer dengan klik tombol Start Windows yang berada pada pojok kiri bawah, lalu pilih menu shutdown. Silahkan anda tunggu beberapa saat sampai dengan komputer atau PC benar-benar mati dengan ditandai lampu indikator power pada CPU padam.

Setelah CPU benar-benar dalam kondisi mati, silahkan anda lepas kabel power yang menghubungkan komputer dan monitor dari stop kontak listrik yang ada pada dinding rumah. Hal tersebut bertujuan untuk menghemat listrik sekaligus untuk menjaga adanya permasalahan lonjakan tegangan listrik yang berpotensi merusak sistem pada komputer.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai cara menjalankan komputer dengan baik dan benar. Mudah-mudahan setelah anda memahami urutan demi urutan di dalam menjalankan komputer maka anda bisa memperlakukan komputer dengan lebih baik sehingga Anda bisa lebih maksimal di dalam menggunakan komputer tersebut sekaligus komputer yang Anda gunakan bisa lebih awet. Terimakasih atas kunjungan anda, Selamat belajar dan semoga sukses.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Komputer Mati Total Secara Lengkap

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Istilah storage device merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna komputer, terutama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *