Home / Software / Linux / Cara Menjalankan Linux Dengan Beragam Metode

Cara Menjalankan Linux Dengan Beragam Metode

Sebagai salah satu sistem operasi tandingan Microsoft Windows, Linux mencoba untuk menjadi bagian dari masyarakat di dalam penggunaan komputer. Hanya saja, karena Linux datang pada masyarakat setelah Microsoft Windows maka membuat masyarakat harus belajar cara menjalankan Linux dikarenakan cara menggunakan Linux cukup berbeda dengan cara menggunakan Windows. Terdapat banyak sekali perbedaan didalam cara menjalankan Linux sehingga bagi masyarakat awam tentu akan cukup merasa kesulitan di dalam menjalankan sistem operasi komputer yang satu ini.

Cara Menjalankan Linux

Ketika anda hendak belajar lebih jauh mengenai Linux, maka tentunya Anda harus praktek di dalam mengoperasikannya. Lalu, apa saja peralatan yang anda butuhkan untuk mengoperasikan sistem operasi Linux tersebut? Sebenarnya cukup dengan bermodalkan laptop atau PC serta CD atau DVD Master dari Linux maka anda sudah bisa dicoba untuk menginstalnya.

Cara Menjalankan Linux Dengan Beragam Metode

Satu hal yang menjadi kelebihan Linux adalah sifatnya yang open source dan gratis. Jadi, versi apapun Linux yang Anda gunakan tentunya anda tidak perlu lagi ditakutkan dengan lisensi atau dituduh membajak karena menggunakan software sistem operasi yang ilegal. Untuk membantu anda di dalam mengawali belajar cara menjalankan Linux, maka di bawah ini akan saya ulas tiga buah cara mengawali untuk menjalankan Linux dengan berbagai macam metode. Metode mana yang hendak Anda jalankan tentu disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing. Silahkan anda Simak tutorialnya dibawah ini.

1. Metode Fresh installation

Metode fresh installation ini merupakan salah satu metode yang sangat populer dilakukan oleh setiap pengguna komputer baik yang sudah akrab pada sistem operasi Windows maupun sistem operasi Linux. Dengan menerapkan teknik press installation, maka sistem operasi Linux akan mampu untuk berdiri sendiri pada satu buah Komputer. Jadi nantinya tidak ada sistem operasi lain selain Linux yang ide instal tersebut. Dengan bahasa lain pula bisa dikatakan bahwa seluruh sumber daya yang ada pada komputer tersebut digunakan untuk sistem operasi Linux.

Metode press installation juga bisa dikatakan sebagai metode yang paling mudah untuk dikerjakan karena pastinya kan beresiko.Resiko kehilangan data juga pastinya tidak ada apabila anda melakukan operasi installation untuk memulai menjalankan Linux pada kondisi komputer yang masih baru.

2. Metode dual booting

Metode dual booting ini cukup populer dikerjakan oleh mereka yang pada komputernya sudah terinstal sistem operasi seperti Microsoft Windows. Nantinya, sistem operasi Windows dengan Linux bisa dipilih pada saat pertama kali komputer dinyalakan. Istilah ini disebut dengan dual boot. Namun tentunya anda tidak perlu khawatir mengenai tenaga pada komputer karena komputer juga akan tetap menjalankan satu sistem operasi secara penuh setelah anda memilih sistem operasi mana yang akan dijalankan.

Ketika Anda memilih untuk masuk ke sistem operasi Linux, maka seluruh tenaga komputer tersebut akan dialokasikan untuk sistem operasi tersebut. Demikian juga sebaliknya, ketika Anda memilih sistem operasi Windows, maka tentunya seluruh tenaga komputer tersebut akan diberikan untuk sistem operasi Windows.

3. Metode live CD/DVD booting Linux

Tanpa harus melakukan instalasi pada komputer, metode ini bisa anda terapkan guna melakukan uji coba terhadap salah satu versi sistem operasi Linux. Untuk kebutuhan ini, anda cukup menyiapkan CD atau DVD bootinglinux. Hanya dengan bermodalkan CD atau DVD anda dapat menjalankan Linux tanpa harus menginstal pada komputer dengan penuh resiko apabila di dalam komputer tersebut sudah terdapat banyak Data.

Berbagai macam data yang dibutuhkan untuk kebutuhan menjalankan Linux akan dipindah pada RAM komputer sehingga Linux tersebut bisa digunakan sama persis ketika anda melakukan penginstalan pada komputer. Disaat anda melakukan restart pada komputer, maka secara otomatis sistem Linux yang berada pada CD atau DVD juga akan direset sehingga sistem operasi Linux Live CD tersebut akan kembali seperti semula.

Fasilitas ini tentunya akan memberikan kesempatan bagi anda untuk melakukan uji coba berbagai macam versi atau Distro Linux sehingga nanti anda akan bisa menentukan pilihan Distro Linux mana yang akan diinstal pada komputer. Hanya sayangnya tidak semua Distro Linux memiliki live CD/DVD. Namun demikian, dari sekian banyak Distro Linux yang ada, separuh lebih sudah memiliki live CD/DVD.

4. Metode virtual mesin

Apabila anda sudah Sangat menginginkan untuk menjalankan sistem operasi Linux namun tidak ingin membuat dual booting ataupun menghilangkan sistem operasi yang sudah ada sebelumnya, maka anda bisa menggunakan software VM atau virtual machine dari Oracle. Dengan memanfaatkan software virtual machine ini, anda bisa membuat komputer virtual pada komputer windos yang nantinya bisa diinstal beragam sistem operasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Software virtual machine ini tentunya sangat cocok untuk melakukan uji coba terhadap berbagai macam sistem operasi termasuk Linux.

Hanya sayangnya, untuk bisa menjalankan virtual machine lengkap dengan virtual komputer yang ada didalamnya, maka Anda membutuhkan komputer dengan spesifikasi cukup tinggi, terutama pada sisi RAM. Pada saat Anda menjalankan sistem operasi Linux pada virtual machine ini, maka sebenarnya komputer anda menjalankan dua sistem operasi sekaligus. Untuk itu tentunya dibutuhkan sumber daya komputer yang mumpuni supaya bisa berjalan dengan lancar.

Demikianlah beberapa metode cara menjalankan Linux yang bisa Anda coba praktekan sendiri. Metode mana yang anda bisa kerjakan tentu disesuaikan dengan kebutuhan. Paling aman tentunya menggunakan metode live CD atau DVD. Metode kedua yang cukup aman adalah dengan memanfaatkan virtual machine walaupun Anda harus menyediakan komputer dengan spesifikasi cukup tinggi. Akhir kata, Terima kasih atas kunjungan anda Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *