Home / Software / Bahasa Pemrograman / Cara Menjalankan MySQL Lewat CMD Windows

Cara Menjalankan MySQL Lewat CMD Windows

Hampir seluruh website yang ada sekarang ini bersifat dinamis dimana didalamnya dibutuhkan sebuah DBMS yang berguna untuk tempat menyimpan data-data baik berupa konten, konfigurasi maupun data lainnya. Sejumlah pengguna website rata-rata Memanfaatkan MySQLsebagai database untuk website yang mereka miliki. Sebelum kita menggunakan MySQL pada layanan hosting yang kita miliki, maka kita bisa melakukan uji coba menggunakan MySQL yang bisa diperoleh pada software XAMPP.

Cara Menjalankan MySQL Lewat CMD Windows

Software XAMPP adalah Sebuah software yang didalamnya berisi beberapa aplikasi untuk kebutuhan membangun web server mulai dari Apache, filezilla, MySQL, dan sejumlah aplikasi lainnya yang tentunya sangat bermanfaat untuk pengelolaan web server. Software XAMPP juga bisa anda instal pada komputer lokal sebagai tempat latihan di dalam membangun website berbasis PHP.

Untuk membantu anda di dalam memahami lebih lanjut mengenai MySQL, Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas Bagaimana cara menjalankan MySQL lewat CMD Windows supaya kita dapat melakukan Pembuatan tabel maupun database.karena berbasis CMD Windows, maka tentunya metode ini memakai teknik berbasis teks atau sering disebut dengan istilah console.

Baca Juga:   Cara Menjalankan PHP menggunakan XAMPP

cara menjalankan MySQL lewat CMD Windows hanyalah merupakan salah satu metode yang bisa anda praktekan karena sebenarnya mengoperasikan MySQL juga bisa dikerjakan dengan menggunakan aplikasi yang sudah berbasis GUI atau grafis. Salah satu layanan berbasis GUI untuk menjalankan MySQL adalah Phpmyadmin.

Sebelum memulai mempraktekkan cara menjalankan MySQL lewat CMD Windows, maka anda harus melakukan instalasi software XAMPP serta memastikan lokasi atau Path yang tepat pada saat penginstalan software XAMPP tersebut. Secara default, software XAMPP berada pada Drive C:. namun, apabila anda menginginkan lokasi lain tentunya Anda juga bisa memindah ke Drive D atau E.

Berdasarkan pengalaman, sangat disarankan untuk tidak melakukan instalasi software XAMPP pada direktori C. hal tersebut untuk mengantisipasi dan menjaga apabila suatu saat nanti anda melakukan instalasi sistem operasi komputer, maka anda tidak perlu dipusingkan dengan data-data website yang ada di dalam software XAMPP tersebut.

Cara menjalankan MySQL lewat CMD Windows

langkah pertama, silahkan anda buka CMD Windows atau command prompt dengan cara Klik tombol Start Windows, pilih menu all programs, kemudian pilih menu aksesoris dan terakhir pilih menu command prompt. Anda juga bisa memanggil jendela CMD Windows dengan menggunakan shortcut yaitu menekan kombinasi tombol Windows + R, lalu masukkan perintah “CMD”, akhiri dengan menekan tombol enter pada keyboard.

  1. Secara default, jendela CMD Windows akan membawa anda pada posisi C:\Users\xxxxx. silakan Anda tuju ke direktori D:\ dengan mengetikkan perintah ‘CD:\’ tanpa menggunakan tanda petik.
  2. langkah berikutnya, silahkan anda tuju kebagian lokasi bin yang ada didalam software XAMPP. biasanya ada pada lokasi D:\XAMPP\MySQL\bin. apabila lokasinya seperti itu, maka silahkan anda ketik “cd XAMPP\MySQL\bin”, kemudian tekan tombol enter.
  3. ketika anda sudah berhasil masuk ke direktori bin tersebut, maka anda bisa mengaktifkan layanan MySQL dengan cara klik merinttah “MySQL -u root” tanpa tanda petik.
  4. apabila sebelumnya anda tidak pernah mengganti username dan password dari MySQL, maka secara default usernamenya yaitu ‘root’ sedangkan passwordnya dikosongkan. namun, apabila password dan username MySQL sudah diganti sebelumnya, maka bisa menggunakan perintah MySQL -u username anda dan -p password anda.
  5. ketika kita berhasil masuk pada fasilitas MySQL yang ada pada command prompt atau CMD Windows maka akan muncul tulisan musql>
  6. setelah tahapan ini, maka anda dapat mulai membuat database maupun tabel.
Baca Juga:   Cara Menjalankan Java Dari Awal Hingga Akhir

Demikianlah sedikit tutorial mengenai cara menjalankan MySQL lewat CMD Windows yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa keberadaan MySQL sangatlah penting bagi sebuah website sehingga kita diwajibkan untuk menguasainya apabila ingin berkecimpung di dalam dunia website. Terima kasih atas kunjungan anda, semoga tutorial sederhana ini bisa bermanfaat dan berguna bagi pengunjung sekalian. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan PHP

Apa Yang Dimaksud Dengan PHP

PHP merupakan sebuah kata yang cukup terkenal di bidang bahasa pemrograman. Namun, tidak semua programmer …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *