Home / Software / Bahasa Pemrograman / Cara Menjalankan PHP menggunakan XAMPP

Cara Menjalankan PHP menggunakan XAMPP

Tentunya anda sudah mengenal bahasa PHP bukan? Pada kesempatan yang baik ini saya akan melanjutkan pembahasan mengenai cara menjalankan PHP menggunakan XAMPP. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa PHP merupakan salah satu jenis bahasa pemrograman dimana sistem kerjanya berbasis server Side sehingga tentu proses untuk memanggilnya tidaklah sama dengan bahasa HTML. Untuk bisa menjalankan file PHP, anda diwajibkan untuk memiliki sebuah server Sehingga nantinya file PHP tersebut bisa dipanggil menggunakan software browser seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Cara Menjalankan PHP

Pada artikel yang lain Saya sudah membahas mengenai XAMPP yang memfungsikan sebuah komputer menjadi server lokal yang tentunya bisa digunakan untuk mempelajari di dalam membuat website berbasis PHP. Apabila Anda masih bingung di dalam membuat web server menggunakan XAMPP, maka anda bisa Mencari kembali tutorial cara menginstal software XAMPP.

Ketika anda sudah berhasil di dalam menginstal software XAMPP, maka secara otomatis akan terinstal beberapa software yang dibutuhkan untuk menjadikan sebuah komputer menjadi server baik server lokal maupun server di dalam jaringan dengan catatan telah dilakukan konfigurasi khusus supaya komputer tersebut bisa berfungsi pada sebuah jaringan. Silahkan anda lakukan Uji coba untuk mengakses server lokal tersebut menggunakan software seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome dengan membuka alamat localhost. Apabila pada layar software Browser ditampilkan beberapa menu dari apache/XAMPP, maka bisa disimpulkan bahwa komputer tersebut sudah siap untuk dipakai menjalankan file PHP.

Baca Juga:   Cara Menjalankan MySQL Lewat CMD Windows

Cara menjalankan PHP dengan XAMPP

Untuk para pemakai sistem operasi berbasis Windows yang memanfaatkan XAMPP sebagai software web server lokal supaya bisa menjalankan file PHP pada web browser, maka langkah yang perlu dilakukan adalah dengan menaruh file PHP tersebut pada folder Htdocs.

  1. Buatlah sebuah folder yang digunakan untuk menampung seluruh file PHP hasil latihan anda.
  2. Apabila anda memiliki file PHP untuk beberapa proyek, maka tentunya Alangkah baiknya apabila anda membuat sebuah folder khusus untuk menyimpan beberapa file PHP tersebut sesuai dengan nama masing-masing web.
  3. Termasuk pada pemakai Linux distro Ubuntu yang mana rata-rata folder ditempatkan pada tempat khusus dan bisa langsung dipanggil datanya asalkan sudah mengetahui lokasi nya. Untuk berkas file PHP di linux tersimpan pada lokasi /var/www.
  4. Setelah semua bahan yang dibutuhkan oleh P, cukup, maka kita lanjutkan untuk menengok dimana file PHP tersebut disimpan oleh software web browser.
  5. Bagian untuk membuat halaman PHP diawali dengan membuat sebuah contoh halaman. Silahkan anda ketik perintah seperti dibawah ini menggunakan notepad:

<?PHP echo ‘Saya ingin sekolah setinggi-tingginya’; ?>

  1. Langkah berikutnya, silahkan anda simpan file tersebut dengan nama saya.PHP
  2. Kemudian, silakan Anda coba panggil nama file tersebut menggunakan software browser seperti Google Chrome ataupun Mozilla atau software Browser yang lainnya. Silahkan anak ketik pada alamat web dengan http://127.0.0.1/saya.PHP atau http://localhost/saya.PHP.
  3. Apabila seluruh konfigurasi dan pekerjaan Anda berhasil maka seharusnya pada halaman web browser akan dimunculkan tulisan saya ingin sekolah setinggi-tingginya.
Baca Juga:   Cara Menjalankan Java Dari Awal Hingga Akhir

Sekian Uraian singkat mengenai cara menjalankan PHP menggunakan XAMPP yang mana tutorial tersebut merupakan tutorial sederhana. Namun, walaupun masih dalam bentuk sederhana tentunya admin memiliki harapan tulisan ini bisa bermanfaat untuk pengunjung sekalian, terutama yang sekarang ini sedang berlatih untuk mempelajari menggunakan bahasa pemrograman PHP. Akhir kata selamat belajar, mudah-mudahan anda cepat menguasai bahasa pemrograman PHP Sehingga nantinya anda lebih mudah di dalam mengembangkan kepada fungsi-fungsi yang lebih tinggi. Selamat belajar.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan PHP

Apa Yang Dimaksud Dengan PHP

PHP merupakan sebuah kata yang cukup terkenal di bidang bahasa pemrograman. Namun, tidak semua programmer …

2 Komentar

  1. dulu saya bingung jg dengan bahasa PHP

    tp semenjak migrasi ke wordpress jadi ngeri dikit2 mas

    • Sama mas, saya juga baru belajar PHP setelah make CMS wordpress, makasih atas kunjungannya, salam kenal dan salam sukses mas yanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *