Home / Jaringan / Internet / Cara Menjalankan Web Browser

Cara Menjalankan Web Browser

Web browser merupakan software wajib yang harus dimiliki dan dikuasai setiap pengguna komputer yang terkoneksi dengan internet. Dengan memanfaatkan web browser maka kita bisa mengakses internet serta mencari dan mengumpulkan berbagai macam informasi. Tentu, tersedia banyak jenis software web browser yang bisa kita gunakan. Masing-masing tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan. Contoh Web Browser yang cukup terkenal saat ini diantaranya adalah Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, opera dan sejumlah software web browser lainnya.

Cara Menjalankan Web Browser

Hanya saja, kadang kala bagi sejumlah pengguna baru komputer akan merasakan sedikit kebingungan Bagaimana cara menjalankan web browser tersebut. Untuk itulah pada kesempatan yang baik ini ijinkan saya untuk mengulas Bagaimana cara menjalankan web browser secara mudah dan cepat sehingga setiap pengguna akan lebih bisa memaksimalkan penggunaan software web browser guna mencari informasi di dunia Internet.

Cara menjalankan web browser

Walaupun software web browser yang satu dengan software web browser yang lain memiliki perbedaan dari segi tampilan atau interface, namun secara umum metode penggunaan di dalam menjalankan software web browser tersebut cukuplah mirip. Bahkan, apabila kita sudah menguasai salah satu web browser, maka kita juga akan lebih mudah di dalam menggunakan software web browser yang lainnya. Berikut ini adalah beberapa langkah di dalam menjalankan software web browser.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan SSL
  1. Langkah pertama, anda bisa memulai memanggil software web browser baik itu Google Chrome, Mozilla Firefox atau Internet Explorer dengan cara melakukan klik dua kali icon yang berada pada desktop
  2. Langkah kedua, silahkan anda ketik alamat situs yang diinginkan pada address bar yang sudah disediakan di bagian atas dari software web browser tersebut
  3. Tekan tombol enter pada keyboard atau klik icon “Go” untuk memulainya

Adapun penjelasan dari bagian-bagian software web browser adalah sebagai berikut:

  1. Bagian title window, merupakan bagian yang berisi baris judul dari alamat internet yang sedang dibuka serta akan selalu diikuti dengan nama program pada Internet Explorer
  2. Bagian menu, merupakan baris yang didalamnya berisi sejumlah perintah yang berfungsi untuk mengontrol Internet Explorer
  3. Bagian tombol standar atau standard button, merupakan sebuah bagian yang isinya kumpulan tombol-tombol standar untuk mengontrol Internet Explorer
  4. Bagian address bar, merupakan bagian yang isinya adalah kotak teks guna Kita mengetikkan alamat website yang hendak dikunjungi. Pada bagian ujung dari address bar tersebut terdapat sebuah tombol go yang gunanya adalah untuk memulai kita didalam berselancar di dunia maya.
  5. Bagian link, merupakan sebuah bagian yang berfungsi untuk menghubungkan ke alamat website dengan cepat tanpa kita harus mengetik alamat keseluruhan. Bagian ini bisa dikurangi dan juga bisa ditambah.
  6. Bagian workspace, merupakan bagian dimana konten atau isi dari halaman website yang kita akses bisa tampil dan bisa dibaca.
  7. Bagian status bar, merupakan bagian yang isinya adalah informasi mengenai status link dari alamat internet yang sedang tampil ataupun sedanghati dalam workspace.
Baca Juga:   Cara Mempercepat Internet Dengan Ping Atau Command Prompt

Cara menjalankan web browser lengkap dengan langkah mengakses alamat sebuah web

  1. Langkah pertama yang bisa kita lakukan untuk mengakses alamat sebuah web adalah dengan menjalankan software web browser yang bisa kita akses melalui klik menu start Windows, kemudian pilih menu all programs, lalu klik pada shortcut Internet Explorer. Rata-rata, begitu kita berhasil membuka software web browser Internet Explorer, maka homepage yang akan ditampilkan adalah website miliknya Microsoft.
  2. Tahap berikutnya, anda bisa mulai memasukkan alamat website yang hendak dikunjungi pada address bar yang sudah disediakan di bagian atas.
  3. Langkah berikutnya, silahkan anda Klik tombol “Go” yang ada di bagian sebelah kanan address bar, atau gunakan tombol enter pada keyboard apabila ingin memulainya dengan lebih cepat.
  4. Anda bisa menunggu beberapa saat sampai dengan seluruh konten dan tampilan dari alamat website yang Anda kunjungi bisa tampil dengan sempurna dan ditandai dengan munculnya tulisan “done” pada bagian status bar.
  5. Anda bisa menggunakan Internet Explorer sesuai dengan fungsinya. Menu-menu yang disediakan pada Internet Explorer bisa kita pelajari sesuai dengan keterangan di atas.
  6. Untuk mengakhiri kegiatan berinternet menggunakan Internet Explorer dapat dilakukan dengan 3 cara. Cara pertama yaitu dengan memilih menu file kemudian pilih menu close. Cara yang kedua adalah dengan Klik Kanan mouse pada bagian blok judul Internet Explorer, kemudian pilih menu close. Selanjutnya, cara ketiga bisa dilakukan dengan cara mengklik secara langsung Bagian tanda silang yang berada pada posisi kanan atas.
Baca Juga:   Kekurangan Dan Kelebihan Internet Explorer

Demikianlah sejumlah informasi Bagaimana cara menjalankan Web Browser dengan baik dan benar. Pada Penjelasan diatas, penulis sengaja mengambilkan contoh software web browser Internet Explorer sebagai bahan praktek untuk kita. Namun, ketika kita sudah memahami dengan sebenarnya cara menjalankan web browser Internet Explorer, maka anda tidak akan mengalami kesulitan ketika hendak berpindah software web browser, misalnya adalah Google Chrome ataupun Mozilla Firefox. Mudah-mudahan, artikel diatas bisa bermanfaat dan berguna bagi pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat praktek, Semoga anda bisa dengan cepat mendapatkan informasi yang dibutuhkan di internet.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Web Server

Apa Yang Dimaksud Dengan Web Server

Pada kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba mengulas Apa yang dimaksud dengan web server. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *