Home / Jaringan / Internet / Cara Menjalankan Website di LocalHost

Cara Menjalankan Website di LocalHost

Website merupakan salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara online. Semua berkas website yang memiliki bisa diakses oleh setiap orang yang terkoneksi internet tentunya sudah disimpan pada komputer server Yang mana komputer tersebut selalu on 24jam dan selalu siap di dalam memberikan permintaan atau request daripengguna internet. Website juga dibuat dalam berbagai macam model dan bahasa pemrograman, sebagai contoh adalah html, PHP, Java dan beberapa bahasa pemrograman yang lainnya.

Cara Menjalankan Website di LocalHost

Bagi sejumlah orang yang ingin membuat website tentunya harus memiliki komputer server. Hanya saja, ketika kita hendak menggunakan komputer server yang selalu on tentu kita harus menyewa dan mengeluarkan biaya. Tentunya hal tersebut cukup memberatkan apabila kita hanya sebatas latihan terlebih dahulu sebelum benar-benar membuat website resmi. Untuk itulah, dibutuhkan sebuah cara menjalankan website supaya kita bisa berlatih terlebih dahulu sebelum benar-benar launching website kita di internet.

Metode yang bisa kita gunakan untuk membuat Website tanpa harus menyewa komputer server adalah dengan menjalankannya pada komputer lokal. Untuk membantu anda di dalam mempraktekkan hal tersebut, maka pada tutorial kali ini saya akan membahas Bagaimana cara menjalankan website di localhost atau komputer lokal sehingga Kita bisa berhemat.

Dalam tutorial ini saya akan mencoba untuk mempraktekkan cara menjalankan website di localhost dengan bantuan software XAMPP. Tentunya dengan software tersebut kita sudah diberikan kemudahan didalam membuat server lokal yang bisa kita gunakan untuk menjalankan website dengan berbagai macam bahasa pemrograman.

Baca Juga:   Cara Mempercepat Internet Tri Dijamin Ngebut

Cara menjalankan website di localhost

Tahapan pertama yang bisa anda lakukan tentunya adalah mendownload software XAMPP pada situs resminya. Setelah itu, anda bisa melanjutkan untuk proses instalasi software XAMPP pada komputer hingga komputer sudah siap untuk digunakan. Salah satu ciri bahwa komputer tersebut sudah bisa berfungsi sebagai localhost adalah ketika kita mengetikkan perintah ” localhost” pada address bar Mozilla Firefox, maka tidak ditemukan error Namun justru ditampilkan halaman website.

1. Mengenal fungsi folder htdocs

Supaya kita bisa mengakses website berbasis PHP menggunakan software Google Chrome atau Mozilla Firefox, file-file website yang berbasis PHP wajib Anda simpan pada folder khusus yang mana folder tersebut merupakan folder Inti atau utama dari sebuah web server. Ketika kita menggunakan aplikasi XAMP maka folder utama tersebut adalah HTDOCS. Lokasi dari folder htdocs adalah pada \xampp\htdocs.

2. Langkah menjalankan website berbasis PHP yang berada pada folder htdocs

Silakan Anda lakukan file-file website yang anda miliki langsung pada folder tersebut. Anda juga diharapkan untuk membuat folder baru di dalam folder htdocs supaya proses pencarian dan pemanggilan alamat tidak terlalu sulit. Dalam hal ini, saya mencoba untuk membuat folder yang bernama ” latihan” dimana nantinya folder tersebut akan saya isi dengan beberapa file PHP untuk Website saya

3. Langkah di dalam menulis file PHP

Secara umum, file PHP merupakan kain standar yang berisi teks dengan struktur tertentu yang dapat diketik memakai software Notepad yang berada pada windows. Apabila Anda ingin mendapatkan fitur lebih pada editor teks, maka anda bisa memanfaatkan software notepad++ yang disana download pada situs resminya.Software ini Tentunya Tokobagus digunakan oleh para programmer di dalam mengetik perintah PHP karena fitur yang dimilikinya sudah cukup baik.

Baca Juga:   Cara Membuat Forum Diskusi Dengan Mudah Dan Gratis

Bagi para profesional di bidang programmer, mereka ada yang menggunakan software yang namanya Sublime text 2. Software tersebut merupakan salah satu software yang sangat disukai oleh para programmer karena fitur dan fasilitas Serta tampilannya yang sangat baik. Hanya sayangnya software Sublime text 2 ini bukanlah software yang gratis alias berbayar.

Baiklah, kita kembali lagi kepada langkah di dalam menuliskan file PHP supaya nanti bisa diakses pada software browser. Anda bisa membuka software Notepad maupun software Notepad++, kemudian silahkan anda ketik sebuah perintah seperti tampilan dibawah ini:

<?PHP

Echo “Memancing adalah kegiatan yang bisa menghilangkan rasa jenuh dan bosan”;

Echo “<br />”;

Echo “Dengan memancing, kita bisa kembali refresh”;

?>

Kemudian, silakan Anda simpan file tersebut dengan nama latihan.PHP. Jangan lupa untuk memastikan bahwa lokasi penyimpanan dari file tersebut ada pada folder htdocs, sehingga nanti email tersebut masuk kedalam folder \xampp\htdocs\latihan\latihan.PHP. Selesai menyelesaikan tahap ini berarti anda sudah menyelesaikan tahap membuat halaman PHP sederhana. Untuk bisa memanggil atau menjalankannya, kita bisa menggunakan salah satu software web browser, seperti google chroome atau mozilla firefox.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Internet dan Manfaatnya

4. Langkah menjalankan website berbasis PHP yang sudah dibuat

Apabila web server apache yang anda miliki belum aktif, maka silahkan anda mengaktifkan terlebih dahulu. Cara mengaktifkan web server Apache tersebut bisa dilakukan dengan memanfaatkan control panel dari xampp. Silahkan anda aktifkan beberapa service yang dibutuhkan. Tahap berikutnya, silahkan anda buka Google Chrome atau Mozilla Firefox, kemudian silahkan anda ketik pada address bar localhost/latihan/latihan.PHP, Lalu ikuti dengan menekan tombol enter pada keyboard. Apabila langkah-langkah yang sudah anda kerjakan diatas sudah benar, maka seharusnya pada layar akan ditampilkan sebuah pesan yaitu:

Memancing adalah kegiatan yang bisa menghilangkan rasa jenuh dan bosan

Dengan memancing, kita bisa kembali refresh

Ketika Anda sukses di dalam mendapatkan tampilan Seperti di atas, maka anda sudah sukses di dalam membuat file PHP sekaligus menjalankannya pada server lokal atau localhost. Setelah itu, anda bisa mengembangkan sejumlah proyek yang hendak ingin dibuat.

Itulah sejumlah tutorial Bagaimana cara menjalankan website di localhost. Sebelum artikel ini diakhiri, Mohon untuk diingat bahwa seluruh file pekerjaan anda yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP haruslah berada di dalam folder htdocs. Apabila anda tidak menaruh file file berbasis PHP pada folder tersebut, maka web server tentunya tidak akan bisa mengakses file-file yang anda miliki. Disini tentunya dibutuhkan kehati-hatian supaya proses menjalankan website di localhost benar-benar bisa berjalan dengan baik. Terima kasih atas kunjungannya, Semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Google Drive

Apa Yang Dimaksud Dengan Google Drive

Istilah Google Drive bukanlah merupakan istilah baru, karena bagi pecinta internet terutama yang sering berkirim …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *