Home / Software / Bahasa Pemrograman / Cara Menjalankan XAMPP Di Windows 7

Cara Menjalankan XAMPP Di Windows 7

Pembahasan mengenai software XAMPP memang sangatlah menarik untuk selalu diikuti. Ketika anda sudah berhasil melakukan instalasi software XAMPP pada komputer baik itu di sistem operasi Windows 7 maupun versi Windows yang lainnya, maka webserver yang anda siapkan tersebut Belumlah bisa langsung untuk digunakan. Anda tentunya harus menjalankan software XAMPP tersebut terlebih dahulu supaya beberapa service yang dibutuhkan pada web server bisa berjalan.

Cara Menjalankan XAMPP Di Windows 7

Untuk membantu anda di dalam memahami Bagaimana cara menjalankan XAMPP, maka pada kesempatan yang baik ini saya akan ulas untuk anda. Tidak terlalu panjang urutan Bagaimana cara menjalankan XAMPP di Windows 7 maupun Windows versi yang lain, yang di butuhkan hanyalah ketelitian dan ketelatenan saja.

Sebagai informasi bagi Anda yang belum mengetahui XAMPP, bahwa software tersebut bisa digunakan untuk membuat komputer biasa menjadi web server. Web server yang dibuat juga bisa bersifat localhost dan juga bisa di online kan langsung di internet sehingga bisa diakses oleh siapapun dan dimanapun, asalkan masih terkoneksi dengan jaringan internet.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Programmer

Cara menjalankan XAMPP di Windows 7

Seperti yang sudah disampaikan didepan bahwa tutorial ini sebenarnya bisa berlaku dan berjalan pula untuk Windows versi yang lain, baik Windows XP, Windows 8, bahkan Windows 10. Hanya saja, kebetulan penulis menggunakan Windows 7 untuk melakukan uji coba di dalam menjalankan software XAMPP. Berikut ini adalah urutan cara menjalankan XAMPP di Windows 7. Silahkan disimak.

  1. Tahap pertama, silahkan anda klik pada tombol Start Windows, kemudian silahkan anda pilih menu all programs, lalu pilih menu XAMPP,dilanjutkan dengan memilih shortcut XAMPP kontrol panel. Atau, anda juga bisa Klik dua kali shortcut XAMPP control panel yang berada pada desktop.
  2. Setelah jendela XAMPP control panel di Tampilkan, nantinya akan terdapat sejumlah modul, diantaranya adalah my SQL, Apache, filezilla, Tomcat, Mercury.
  3. Untuk kebutuhan membuat komputer lokal menjadi server, maka anda cukup mengaktifkan 2 modul atau service saja, yaitu untuk my SQL dan Apache. Proses mengaktifkannya cukup dengan mengklik tombol Start yang berada pada samping modul tersebut. Fungsi dari apa aja adalah untuk mengaktifkan web server, sementara fungsi dari my SQL adalah untuk menampung database.
  4. Selanjutnya, apabila tahapan-tahapan diatas bisa anda praktekkan dengan sempurna, maka langkah berikutnya Anda bisa membuka software browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox, Kemudian Anda bisa coba jalankan beberapa file PHP yang sudah anda siapkan.
  5. Apabila Anda ingin menghentikan service atau modul dari my SQL atau Apache, maka anda cukup klik tombol stop yang ada pada sebelah masing-masing modul.
Baca Juga:   Cara Menjalankan PHP menggunakan XAMPP

Demikianlah tutorial singkat bagaimana cara menjalankan XAMPP di Windows 7. Mudah-mudahan, tutorial singkat kali ini mampu memberikan pemahaman baru bagaimana cara memfungsikan sebuah komputer lokal menjadi komputer server tanpa harus mengeluarkan biaya cukup tinggi guna menyewa server diluar. Dengan bermodalkan koneksi internet yang cepat dan sumber daya listrik yang baik, maka kita bisa memiliki server sendiri yang tentunya jauh lebih kuat dibandingkan dengan layanan shared hosting. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan PHP

Apa Yang Dimaksud Dengan PHP

PHP merupakan sebuah kata yang cukup terkenal di bidang bahasa pemrograman. Namun, tidak semua programmer …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *