Home / Pendidikan / Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan

Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan

Artikel Pada kesempatan kali ini akan mengulas mengenai cara menjawab interview kelebihan dan kekurangan pada diri seseorang. Interview tersebut juga merupakan salah satu bagian yangdi dalam proses penerimaan seorang pegawai pada instansi atau perusahaan tertentu. Dengan memberikan jawaban yang tepat pada saat interview maka tentunya memberikan peluang kepada kita untuk bisa masuk ke tahap seleksi berikutnya, atau bahkan kita bisa langsung diterima bekerja ketika tahapan interview merupakan tahapan akhir dari seleksi penerimaan pegawai atau karyawan baru.

Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan

Pada saat pelaksanaan interview seringkali kita ditanya dengan pertanyaan kelebihan dan kekurangan. Tentunya dibutuhkan cara menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview tersebutsupaya kita bisa memberikan jawaban yang memuaskan Sehingga nantinya akan berefek positif kepada kita. Begitu juga sebaliknya, ketika kita memiliki teknik didalam cara menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview kerja tidak maksimal, maka tentunya efek negatif juga akan diterima sehingga peluang kita untuk bisa diterima pada perusahaan atau tempat kerja tersebut akan semakin kecil.

Cara menjawab pertanyaan interview kelebihan dan kekurangan pada diri kita

Untuk mempermudah Anda didalam mempraktekkan cara menjawab pertanyaan interview tentang kelebihan dan kekurangan pada diri masing-masing, silahkan anda Simak beberapa penjabaran dibawah ini Sehingga anda memiliki persiapan yang matang didalam menghadapi sejumlah Pertanyaan pada saat interview yang berisi kelebihan dan kekurangan pada diri kita. Berikut adalah ulasannya.

1. Kejujuran adalah nomor pertama

Apabila ada pertanyaan mengenai kelemahan kita, silakan Anda jawab dengan sejujur-jujurnya. Anda tentunya tidak perlu menutup-nutupi kekurangan atau kelemahan yang ada pada diri. Anda juga harus mampu meyakinkan kepada pihak pewawancara bahwa jawaban yang Anda berikan tersebut adalah benar-benar merupakan karakter yang anda miliki sebenarnya.

Baca Juga:   Contoh Peraturan Dalam Kelas

2. Tentukan jawaban yang paling benar

Ketika memilih jawaban atas sebuah pertanyaan, silakan Anda tengok kembali mengenai lowongan pekerjaan yang anda incar. Konsentrasi dan fokus kepada seluruh tenaga yang anda miliki serta yang akan dengan lowongan pekerjaan yang anda lamar tersebutdisamping itu, anda juga diwajibkan untuk mengenali kelemahan-kelemahan yang ada pada diri Anda yang mana hal tersebut dapat membawa efek negatif terhadap lowongan pekerjaan yang anda lamar tersebut.

3. Jawablah seluruh pertanyaan yang diberikan

Anda tidak perlu merasa arogan atau sebaliknya yaitu rendah diri ketika sedang berbicara mengenai kemampuan serta kekuatan yang anda miliki. Jangan pula untuk merasa malu Ketika anda sedang menyampaikan berbagai macam kelemahan yang dimiliki. Ketika anda benar-benar menjawab seluruh pertanyaan dengan jujur maka tentunya pihak wawancara dapat mengenali profil dari calon karyawan atau pegawai lebih jauh. Kesimpulannya adalah Janganlah Anda menunjukkan bahwa dalam diri anda tidak memiliki kelebihan atau bahkan kekurangan.

4. Hindari untuk menyalahkan orang lain

Ketika anda sedang menyampaikan mengenai kelemahan dan kekurangan yang dimiliki, sangat tidak dianjurkan untuk menyalahkan pihak lain yang mana pihak lain tersebut merupakan sumber dari kelemahan atau kekurangan yang anda miliki. Jawablah dengan penuh tanggung jawab atas segala kelemahan dan kekurangan yang anda miliki.

Baca Juga:   Cara Masuk Sekolah Penerbangan

Setelah anda mengetahui bagaimana cara menjawab pertanyaan interview mengenai kelebihan dan kekurangan pada diri kita, maka Berikut ini akan saya berikan contoh beberapa pilihan jawaban yang bisa anda gunakan dalam hal menjawab sejumlah pertanyaan yang menanyakan tentang kelebihan dan kelemahan pada diri anda. Silahkan anda pelajari bagian dibawah ini.

Menjawab pertanyaan tentang kelebihan

Silahkan anda list atau buat daftar mengenai sejumlah kelebihan atau kemampuan yang anda miliki selama ini. Anda juga harus mampu memastikan bahwa sejumlah kemampuan atau kelebihan yang anda miliki bisa mendukung pekerjaan yang anda lamar. Selain itu, silahkan anda tambahkan sejumlah pengalaman yang pernah anda dapatkan pada saat menjawab pertanyaan tersebut. Berikut ini adalah sejumlah contoh mengenai kelebihan yang dapat anda pakai untuk menjawab pertanyaan tersebut:

“Memiliki rasa percaya diri dan komitmen yang tinggi pada sebuah pekerjaan serta memiliki rasa semangat dan komunikasi yang cukup baik di dalam menyelesaikan berbagai macam pekerjaan. Bisa bekerja pada posisi tim ataupun pada posisi sendiri”.

Menjawab pertanyaan tentang kekurangan

Di dalam menjawab Mengenai kekurangan yang dimiliki, alangkah baiknya anda menjabarkan tentang kekurangan yang dimiliki sekaligus menjabarkan mengenai teknik pemecahan masalah pada kekurangan yang dimiliki. Ketika anda memiliki sejumlah pemecahan masalah terhadap kekurangan yang anda miliki tersebut, maka tentunya akan membawa dampak positif yang meyakinkan bahwa anda merupakan orang yang cocok untuk bekerja pada lowongan yang anda lamar tersebut. Hal itu tentunya dilatarbelakangi karena setiap permasalahan bisa anda atasi dengan baik.

Baca Juga:   Cara Agar Punya Banyak Teman Di Sekolah

Apabila kebetulan Anda adalah fresh graduate yang tentunya belum mempunyai pengalaman kerja, Maka anda bisa menunjukkan rasa ketertarikan pada pekerjaan yang anda incar tersebut. Anda bisa menjabarkan sejumlah langkah yang Anda ambil guna menunjang karir Anda kedepan. Sebagai contoh, Berikut ini adalah metode penyampaian kelemahan sebuah kursus p, yang bisa anda terapkan di dalam menunjang karir di bidang web Developer.

Ketika anda melamar sebuah pekerjaan yang tidak berkaitan dengan statistik serta angka, anda bisa menyampaikan bahwa Anda memang lemah di bidang matematika. Anda juga bisa menambahkan bahwa anda sekarang ini sedang berusaha guna mengatasi kelemahan yang dimiliki tersebut. Sebagai contoh, Anda bisa mengatakan bahwa Anda memang sedang mempelajari lebih dalam tentang Software Komputer yang dipakai untuk keperluan menghitung angka dengan cepat.

Demikianlah sejumlah cara menjawab interview kelebihan dan kekurangan pada seseorang dengan baik dan benar sehingga pihak pewawancara bisa mendapatkan informasi serta mengenali profil yang anda miliki secara mendalam. Mudah-mudahan, petunjuk mengenai cara menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview ini bisa berbuatanda sekalian, terutama yang hendak mengikuti pelaksanaan interview masuk kerja pada sebuah perusahaan atau instansi pekerjaan yang anda lamar tersebut. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Aturan dalam lingkungan sekolah

Aturan dalam lingkungan sekolah

Sekolah merupakan salah satu tempat belajar di mana peserta didik bisa menuntut ilmu dengan beragam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *