Home / Elektronika / Cara Menyambung Genset Ke Listrik Rumah Supaya Bisa Menyala Otomatis

Cara Menyambung Genset Ke Listrik Rumah Supaya Bisa Menyala Otomatis

Seperti yang kita ketahui bersama, genset merupakan sebuah alat yang sangat penting untuk dimiliki guna memberikan arus listrik cadangan manakala sumber listrik utama dari PLN mengalami gangguan. Memasang genset di rumah bukanlah perkara yang sulit dilakukan. Namun bagaimana cara menyambung genset ke listrik rumah supaya bisa menyala otomatis adalah hal yang cukup rumit untuk dilakukan.

genset dengan fitur elektrik starter

Apabila kita hanya perlu menyambung genset secara manual, maka kita cukup menghubungkan kabel keluaran dari genset ke jaringan rumah. Tentunya berbeda langkah nya bagaimana cara menyambung genset ke listrik rumah supaya bisa menyala otomatis, dimana ketika listrik PLN padam maka secara otomatis genset menyala dan rumah bisa teraliri aliran listrik secara otomatis pula.

Cara Menyambung Genset Ke Listrik Rumah Supaya Bisa Menyala Otomatis

Tutorial mengenai cara menyambung genset ke listrik rumah supaya bisa menyala secara otomatis akan saya bahas Pada kesempatan kali ini. Yang perlu digarisbawahi adalah jenis genset yang digunakan haruslah menggunakan genset elektrik starter dimana genset tersebut bisa menyala menggunakan aki. Dengan menggunakan sebuah rangkaian khusus, mata nantinya proses pemindahan aliran listrik yang berasal dari PLN ke genset atau sebaliknya bisa dilakukan secara otomatis .

Baca Juga:   Cara Hidupkan Genset Dan Mematikannya Sesuai Prosedur

Hal tersebut tentunya akan membuat sistem kelistrikan di rumah menjadi lebih praktis dan juga lebih efisien. Pada postingan kali ini saya akan mencoba sharing mengenai cara pemasangan saklar otomatis dimana skema ini memakai dua buah relay dengan jenis yang sama. Untuk lebih jelasnya silahkan anda Simak skema relay pemindah otomatis dari listrik PLN ke listrik genset di bawah ini:

skema rangkaian genset otomatis

Pada tahapan berikutnya Saya akan mencoba untuk membuat sebuah rangkaian genset otomatis dengan prinsip kerja yang sama dengan rela di atas, namun membutuhkan dua buah relay. Dapat dijelaskan bahwa posisi relain kedua atau R2 adalah rally yang digunakan untuk membantu proses switch S1 pada R1 supaya bisa memutuskan hubungan dari aki disaat kondisi genset pada posisi menyala. Ketika mesin genset dalam kondisi hidup, maka akan menghasilkan tegangan yang sama dengan tegangan listrik dari PLN, yaitu sebesar 220 V. Tegangan sebesar 220 V yang berasal dari genset ini yang akan digunakan oleh kali kedua atau R2 guna merubah posisi standart guna bergeser ke posisi ON yang mana pada posisi ini akan melakukan pemutusan hubungan antara starter genset dengan aki.

Oleh sebab itu, ketika Cancer dalam kondisi hidup maka bagian switch starter genset dalam kondisi terputus. Dengan kondisi seperti itu maka starter genset yang anda miliki dalam kondisi aman. Berikut ini adalah skema rangkaian yang saya coba modifikasi. Namun, tentunya perlu anda pelajari terlebih dahulu bentuk rangkaian dibawah ini supaya Anda lebih memahami dan siapa tahu anda bisa mengembangkan ke bentuk rangkaian yang lebih Komplek lagi.

Baca Juga:   Cara Ganti Oli Genset Dengan Baik Dan Benar

skema rangkaian genset otomatis dengan memakai 2 buah relay

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Menghubungkan tegangan listrik 220 volt pada relay dua atau R2 boleh terbalik. Bagian di atas hanya untuk mempermudah proses menggambar saja
  • Silakan Anda hubungkan kabel switch yang berasal dari reli ke bagian genset. Silakan anda temukan bagian push switch pada gensetyang terkoneksi kan kebagian setarter genset.
  • Keluaran tegangan sebesar 220 volt yang menuju ke 2 wajib berasal dari tegangan keluaran genset atau berasal dari S3 yang ada di posisi PIN 5 pada R1.
  • Anda bebas mengambil S3 atau S1 yang berasal dari relay 2 atau R2 guna dijadikan sebagai saklar karena fungsinya yang sama
  • Anda harus memasang skema diatas sesuai dengan gambarnya, jangan coba-coba untuk menggunakan kaki Relay yang tidak sesuai. Anda wajib untuk memakai kaki relay kedua ( S1 adalah pin 1 dan 4) dan ( S3 adalah pin 5 dan 8). Apabila anda keliru Di dalam memakai atau menempatkan pin/ kaki pada relai, maka tentunya resiko atas segala yang ditimbulkan harus siap Anda tanggung sendiri
    skema rangkaian yang ada di atas merupakan skema rangkaian yang berguna untuk menyalakan genset secara otomatis manakala listrik utama dari PLN mengalami pemadaman. Pada rangkaian tersebut Belumlah disediakan sebuah fitur yang mampu untuk mematikan genset secara otomatis manakala listrik PLN sudah Menyala kembali.
  • Rangkaian diatas tentunya juga bisa anda modifikasi sesuai dengan kreasi masing-masing, misalnya adalah dengan menambahkan lampu indikator yang berasal dari sumber listrik PLN dan juga speaker buzzer alarm 200VAC. Untuk speaker buzzer akan berbunyi bersamaan dengan listrik PLN yang menyala. Kondisi ini menggunakan relay 2 yang mana hal tersebut bisa menginformasikan kepada kita untuk mematikan genset secepatnya. Untuk lebih jelasnya silahkan anda perhatikan gambar dibawah ini:
Baca Juga:   Cara Menyolder Yang Baik

skema instalasi genset dirumah agar menyala secara otomatisDemikianlah pembahasan singkat mengenai cara menyambung genset ke listrik rumah supaya bisa menyala secara otomatis. Dengan memiliki sistem tersebut maka proses penyalaan genset bisa lebih efektif dan efisien tanpa campur tangan dari pengguna dan kita bisa langsung menikmati aliran listrik tanpa harus repot-repot menyalakan mesin genset secara manual . Mudah-mudahan, artikel ini bisa berguna dan bermanfaat bagi pengunjung sekalian terutama yang sedang mencari tutorial Bagaimana cara memaksimalkan genset elektrik yang dimilikinya. Terima kasih dan selamat mencoba .

Artikel menarik lainnya

Langkah Menentukan Arah Medan Magnet

Langkah Menentukan Arah Medan Magnet

Apakah Anda sudah memahami prinsip kerja dari medan magnet? Apabila sudah maka mari kita lanjutkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *