Home / Elektronika / Cara Menyambung Kabel Antena TV Yang Benar

Cara Menyambung Kabel Antena TV Yang Benar

Cara menyambung kabel antena sebenarnya bukanlah perkara yang sulit untuk dikerjakan. Hanya saja, apabila cara menyambung kabel antena TV tidak sesuai dengan aturan, maka akan menimbulkan beberapa permasalahan. Salah satunya adalah kualitas gambar yang diterima oleh antena akan mengalami penurunan. Efek selanjutnya adalah gambar yang ditampilkan oleh layar monitor televisi menjadi tidak sempurna.

Cara Menyambung Kabel Antena TV Yang Benar

Guna membantu anda di dalam memahami Bagaimana cara menyambung kabel antena TV yang benar, maka pada kesempatan kali ini saya akan membahasnya dalam bentuk artikel. Tentunya, teknik Bagaimana cara menyambung kabel antena yang putus tersebut cukuplah praktis Karena tanpa memakai connector. Jenis kabel antena yang akan disambung adalah jenis kabel coaxial.

Jenis kabel coaxial tersebut sering dikenal pula dengan istilah kabel skerem atau kabel cadar. Kabel coaxial merupakan sebuah kabel yang pada bagian inti atau tengahnya dikelilingi oleh kawat berbentuk serabut yang ditata dengan bentuk seperti anyaman.

Adapun manfaat dari kabel serabut yang berada pada bagian luar inti dari kabel coaxial yaitu sebagai pelindung dari adanya gangguan noise, Gangguan listrik statis serta gangguan frekuensi radio dan gangguan-gangguan yang lainnya.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Motor Kipas Angin Yang Berputar Pelan

Apabila anda belum memahami Seperti apa bentuk dari kabel coaxial, maka sebagai gambaran umum bahwa kabel coaxial sering kita temukan pada kabel microphone, kabel rca untuk kebutuhan video maupun audio, serta pada kabel antena TV secara umum.

Pada posting kali ini, admin akan mencoba untuk berbagi teknik bagaimana cara menyambung kabel antena TV yang putus. Hal tersebut adalah sebagai bagian untuk menghindari kesalahan di dalam melakukan proses penyambungan kabel coaxial. Kesalahan-kesalahan di dalam melakukan penyambungan pada kabel antena TV akan mengakibatkan gangguan pada titik sambungan tersebut. Contoh hal kecil yang diakibatkan oleh kesalahan penyambungan kabel TV adalah penerimaan televisi yang menjadi banyak bintik atau nulisnya.

Cara menyambung kabel antena TV

Baiklah, mari kita mulai untuk belajar bagaimana cara menyambung kabel antena TV yang putus. Silakan Anda persiapkan alat yang dibutuhkan untuk kegiatan penyambungan kabel antena TV yang putus tersebut. Alat-alat yang perlu Anda persiapkan adalah cutter, yang, gunting serta isolasi. Apabila diperlukan, silakan Anda siapkan pula aluminium foil secukupnya. Apabila anda merasa kesulitan untuk memperoleh aluminium foil, maka anda bisa menggunakan aluminium foil yang berasal dari bungkus rokok.

Baca Juga:   Komponen Motor AC beserta Fungsinya

Kabel coaxial yang memiliki kualitas cukup baik rata-rata sudah terdapat aluminium foil di dalamnya pada saat kita membuka. Dengan demikian, maka kita tidak memerlukan Lagi aluminium foil tersebut.

Pada posting kali ini, saya akan mencoba memberikan contoh Bagaimana menyambung kabel antena televisi jenis 5C dengan tegangan 2 volt. Bentuknya, secara fisik bentuk dari kabel tersebut mirip dengan kabel pada antena parabola RG6 dengan ciri-ciri terdapat kawat tunggal pada bagian inti atau tengahnya.

Langkah-langkah di dalam menyambung kabel TV antena yang putus

  1. Langkah pertama, silahkan anda kupas kabel coaxial, hati-hati jangan sampai Anda merusak bagian serabut cadarnya.
  2. Setelah berhasil terkelupas, silakan Anda Arahkan bagian serabut sadarnya ke arah dalam.
  3. Selanjutnya, silakan Anda kupas bagian inti dari kabel tersebut.
  4. Kerjakan hal yang sama pada ujung kabel yang satunya lagi yang hendak disambungkan.
  5. Supaya sambungan kabel bisa lebih kuat, maka tentunya Anda bisa Memuntir di bagian penyambungan pada bagian inti kawat.
  6. Selanjutnya, silakan Anda sambungkan kedua bagian ujung kapal tersebut dengan rapat. Apabila perlu silakan pakai tangan.
  7. Setelah kedua bagian tersebut tersambung dengan cukup kuat, silakan Anda gunakan isolasi untuk menutup nya.
  8. Gunakan aluminium foil untuk menutupi bagian isolasi tersebut.
  9. Jika memakai aluminium foil dari bungkus rokok, maka silakan Anda Letakkan Bagian dari permukaan kertas pada bagian inti kabel serta bagian dari permukaan aluminium foil pada bagian Serabut sadar.
  10. Langkah berikutnya, silakan Anda Arahkan bagian serabut cadar seperti kegiatan menyambung, kemudian silahkan anda tutup menggunakan isolasi sampai rapi.
  11. Sampai dengan tahapan ini, maka hasil mempraktekkan bagaimana cara menyambung kabel antena TV yang putus dengan benar.
Baca Juga:   Sistem Kerja Relay Sederhana

Tentunya, dengan anda mengikuti beberapa tahapan di atas, maka gangguan gangguan akibat kekeliruan di dalam menyambung kabel TV seperti gangguan Noise, gangguan frekuensi radio, dan gangguan yang lainnya bisa diminimalisir.

Demikianlah penjabaran singkat bagaimana cara menyambung kabel antena TV yang putus dengan baik dan benar. Mudah-mudahan, praktek yang Anda kerjakan bisa berhasil dengan sempurna dan gambar televisi anda akan semakin pernah. Terima kasih dan selamat mencoba.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led Dengan Sangat Mudah

Rata-rata, pemakaian dari lampu LED tersebut disuplai dari tegangan yang melewati titik kerja dari tegangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *