Home / Elektronika / Cara Menyambung Kabel Charger HP Yang Putus

Cara Menyambung Kabel Charger HP Yang Putus

Pada posting kali ini, saya akan mencoba membahas tentang cara menyambung kabel charge HP. Namun, sebelum kita mempraktekkan Bagaimana cara menyambung kabel charger HP yang putus, maka alangkah baiknya kita mengetahui bahwa secara umum hampir seluruh HP mempunyai daya baterai yang mempunyai kekuatan atau kapasitas guna mengalirkan daya yang berlainan.

Cara Menyambung Kabel Charger HP Yang Putus

Pada saat baterai ngedrop atau lowbat, maka kita harus segera melakukan pengecasan. Istilah kerennya adalah proses charging supaya kapasitas dari daya baterai tetap stabil. Muncul sebuah permasalahan manakala kabel dari charger yang kita pakai putus atau rusak. Adapun hal-hal yang menyebabkan kabel charger putus adalah digigit oleh tikus di rumah, digunakan sebagai alat mainan oleh anak-anak di mana katanya sering ditarik sehingga putus.

Baiklah, pada posting kali ini saya tidak akan panjang lebar membahas tentang hal-hal yang menyebabkan kabel charger putus. Akan tetapi, saya akan mencoba untuk memberikan solusi Bagaimana cara menyambung kabel charge HP yang putus tersebut. Tentunya proses tersebut dilakukan dengan aman dan benar.

Baca Juga:   Alat Pengukur Medan Magnet Menggunakan Teslameter

Sebenarnya, apabila kita menyimak proses dari penyambungan kabel terkesan cukup simple dan sepele. Akan tetapi pada kenyataannya menyambung kabel tidaklah sesimpel yang dibayangkan. Kabel merupakan salah satu penghantar arus listrik di mana cukup banyak terdengar kasus kebakaran yang disebabkan karenamunculnya percikkan yang bersumber dari penyambungan kabel yang tidak benar. Oleh karena itu, kegiatan menyambung kabel benar-benar harus teliti dan hati-hati. Pantas, Bagaimana cara menyambung kabel charger HP yang putus dengan benar? Silakan anda Simak terus penjelasannya pada artikel ini.

Cara menyambung kabel charge HP yang putus

Terlebih dahulu, Mari kita persiapkan beberapa alat yang dibutuhkan untuk menyambung kabel charger HP yang putus.

Alat-alat yang dibutuhkan:

  1. Kabel charger
  2. Selongsongan kabel
  3. Isolasi
  4. Gunting

Langkah-langkah menyambung kabel charger, yang putus

  1. Bagian yang pertama, silakan ada mulai mengeluarkan kabel tembaga yang hendak disambung. Caranya adalah dengan menggunting bagian selongsongan ujung kabel. Ingat, bagian tembaganya jangan ikut terpotong.
  2. Pada bagian yang kedua, Anda harus memastikan bahwa dan kedua bagian kabel yang hendak disambung tersebut tidak ada yang terputus.Apabila terdapat bagian yang terputus, maka proses penyambungan nya akan Mengalami kegagalan.
  3. Apabila terdapat bagian tembaga yang masih terputus, maka cara mengatasinya adalah dengan mengelupas kembali bagian selongsong kabel, kemudian silahkan anda pulir kedua ujung tembaga kabel tersebut hingga benar-benar menyatu.
  4. Jika kedua kabel sudah tersambung, maka silakan Anda coba cek pada charger HP anda. Apabila sudah benar, lanjutkan dengan memasukkan bagian selongsong kabel serta rekatkan dengan menggunakan isolasi.
  5. Finish dan proses penyambungan kabel charger sudah selesai.
Baca Juga:   Inilah Cara Membuat Rangkaian Flip Flop Sederhana

Apabila ketika dilakukan uji coba terhadap carHP ternyata tetap tidak mau menyala, maka terdapat permasalahan pada bagian tertentu di kabel charger yang Anda gunakan. Anda bisa memakai test pen untuk melakukan pengecekan bagian kabel sebelah mana yang tidak memiliki aliran arus listrik. Apabila memang sudah tidak terdapat lagi arus listrik, maka bisa dipastikan bahwa charger, yang anda miliki sudah error dan perlu untuk diganti.

Demikianlah tutorial yang bisa kami sharing Pada kesempatan kali ini tentang cara menyambung kabel charger HP yang putus. Mudah-mudahan, walaupun tulisan ini cukup sederhana, namun tetap mampu memberikan ilmu dan wawasan baru bagi Anda semuanya. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Ampere Dengan Multitester

Cara Mengukur Ampere Dengan Multitester Paling Mudah

Bagi yang sudah Mahir di dunia elektronika maupun kelistrikan tentu tidak akan memiliki masalah tentang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *