Home / Elektronika / Cara Menyambung Kabel Coaxial Pada Antena

Cara Menyambung Kabel Coaxial Pada Antena

Cara menyambung kabel coaxial pada antena yang akan saya bahas Pada kesempatan kali ini Bisa dilakukan dengan dua teknik, yaitu dengan menggunakan socket dan dengan menggunakan teknik menyambung secara langsung. Sebenarnya, proses penyambungan dari kabel coaxial di antena sangatlah tidak disarankan. Hal tersebut disebabkan karena proses penyambungan kabel coaxial pada antena akan menimbulkan penurunan dari dbi atau db atau kualitas dari sinyal antena. Penurunan kualitas tersebut akan tetap terjadi walaupun proses penyambungan kabel coaxial pada antena dilakukan dengan sangat bagus.

Cara Menyambung Kabel Coaxial Pada Antena

Namun, apabila tidak ada alternatif lain maka tentunya cara menyambung kabel coaxial pada antena yang akan saya bahas Pada kesempatan kali ini bisa anda jadikan sebagai salah satu rujukan dan ilmu baru Bagaimana teknik menyambung kabel coaxial dengan baik dan benar. Tentunya, apabila kita mampu untuk menyambung kabel coaxial pada antena dengan sempurna, maka penurunan kualitas sinyal yang berasal dari antena bisa diminimalisir sehingga sinyal yang masuk kedalam perangkat tetap bisa terjaga.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Stop Kontak

Cara Menyambung Kabel Coaxial Pada Antena

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan cara memasang socket female dan socket male pada kedua ujung kabel yang hendak disambungkan. Bagian plat grounding yang terpasang pada kedua soket tersebut akan berguna untuk melindungi adanya sinyal radio frekuensi yang bocor. Silakan Anda sambungkan kedua soket tersebut Serta lindungilah dengan menggunakan isolasi yang cukup kuat guna menghindari masuknya cairan. Adapun contoh dari kabel coaxial adalah kabel yang sering digunakan pada antena televisi.

Apabila tidak tersedia soket, maka anda bisa melakukan penyambungan kabel coaxial secara manual. Bagian pertama yang harus anda sediakan untuk melakukan penyambungan kabel coaxial pada antena adalah Mempersiapkan segala macam kebutuhan alat dan bahan, di antaranya adalah solder lengkap dengan timahnya, isolasi dan aluminium foil.

Tahap penyambungan kabel coaxial pada antena secara manual adalah dimulai dari pengupasan pada kedua bagian ujung kabel. Silakan Anda lebihkan kurang lebih 1 cm kabel di bagian tengah atau sering disebut dengan kabel inti. Silakan Anda lakukan pengupasan sedikit saja pada bagian ujungnya. Kurang lebih sekitar 1 mm atau 2 mm.

Baca Juga:   Skema Rangkaian Adaptor Mini Dan Sederhana

Pada tahap berikutnya, silakan Anda Arahkan bagian kabel serabut berlawanan dengan bagian ujung kabel Init. Hati-hati jangan sampai terjadi kontak dengan bagian kabel inti. Anda dapat memberikan lapisan timah sedikit tebal di bagian kedua ujung kabel inti, kemudian silakan Sambungkan dengan menggunakan solder.

Tahap berikutnya, silakan Anda lakukan penutupan pada kabel inti yang sudah tersambung menggunakan isolasi. Anda juga harus memastikan bahwa tidak ada bagian kabel serabut yang ikut serta terisolasi.

Selanjutnya, silakan Anda Satukan bagian kabel serabut dari kedua kabel sehingga mampu untuk menutupi semua bagian isolasi yang berguna untuk melindungi kabel inti. Bagian tersebut tentu tidak perlu untuk disolder, cukup untuk dirapikan saja. Pastikan bahwa bagian tersebut sudah menyatu.

Silakan Anda lanjutkan dengan menutup pada bagian kabel yang masih terbuka menggunakan alumunium foil. Lakukan sampai dengan 5 gulungan. Pada bagian akhir, silakan Anda kunci bagian aluminium foil tersebut menggunakan isolasi.

Kesimpulan yang bisa diambil adalah bahwa frekuensi radio atau RR tidak akan dapat menembus bahan konduktor yang berfungsi untuk membungkus sambungan pada kabel coaxial di antena.

Baca Juga:   Cara Kerja Genset Yang Wajib Anda Pahami

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara menyambung kabel coaxial pada antena supaya bisa berhasil dengan baik sehingga pada akhirnya penerimaan sinyal dari antena televisi tetap terjaga. Pada akhirnya, ketika sinyal televisi bisa diterima dengan sempurna, maka gambar yang akan ditampilkan pada layar televisi juga sempurna. Terima kasih dan selamat mencoba, Semoga berhasil.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led Dengan Sangat Mudah

Rata-rata, pemakaian dari lampu LED tersebut disuplai dari tegangan yang melewati titik kerja dari tegangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *