Home / Elektronika / Cara Menyambung Kabel Data USB

Cara Menyambung Kabel Data USB

Halo semua…. Apa kabar? Lama nih nggak bagi tutorial. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai cara menyambung kabel data USB. Siapa tahu tutorial tersebut bisa menambah wawasan dan pengetahuan pengunjung sekalian.

Cara Menyambung Kabel Data USB

Lantas, Apa keuntungan dari menyambung kabel data USB tersebut? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, apakah Anda pernah mengalami kesulitan untuk memperoleh sinyal modem USB? Barangkali anda ingin menaruh modem USB tersebut ke tempat yang lebih tinggi, namun ternyata kabel data USB yang anda miliki tidak cukup panjang Untuk menjangkau area yang lebih tinggi? Disinilah jawaban atas pertanyaan tadi, yakni menyambung kabel data USB supaya lebih panjang Sehingga nantinya bisa menjangkau area yang lebih luas.

Dulu, pernah memperoleh saran dari teman, supaya menggunakan kabel USB extender. Sebelum saya membeli, Tentunya saya meminjam terlebih dahulu kabel USB extender tersebut milik teman saya. Setelah saya coba menggunakan kabel USB extender, ternyata Hasilnya cukup Ajaib. Hanya saja, yang sinyal yang didapat barulah satu bar sehingga internet tetap dalam kondisi bak keong berjalan.

Akhirnya, saya mencoba untuk mencari informasi mengenai harga kabel USB extender yang lebih panjang lagi. Menggunakan bantuan mesin pencari Google, Akhirnya saya menemukan informasi harga dari kabel USB extender dan saya langsung memutuskan untuk membelinya. Panjang kabel USB extender yang saya beli juga tidaklah tanggung, yakni mencapai 10 meter. Pada saat itu kisaran harganya adalah Rp. 50.000.

Baca Juga:   Aplikasi Medan Magnet

Setelah kiriman paket sampai di rumah, langsung mencoba kabel USB extender tersebut untuk memperpanjang kabel modem USB. Namun, apa yang terjadi? Ternyata justru modem USB tersebut tidak connect. Ternyata, langkah saya di dalam membeli kabel USB extender tidak membuahkan hasil, namun hanya membuat emosi.

Lantas, apa penyebab usb modem tidak mau connect menggunakan kabel USB extender yang cukup panjang tersebut? Ternyata,kabel USB extender yang cukup panjang tidak akan mampu untuk menghantarkan tegangan listrik dengan baik sampai yang terpasang ujungnya. Biasanya modem USB akan Kehilangan tegangan dan sumber daya jika menggunakan kabel USB extender.

Daripada saya kehilangan uang Rp. 50.000 secara percuma, saya coba modifikasi kabel USB extender tersebut dengan ditambah charger handphone. Hal tersebut disebabkan karena daya yang mengalir di kabel USB extender tersebut akan mengalami kerugian arus listrik dan sepanjang kabel sampai modem maupun ke flashdisk. Oleh sebab itu, sebagai pengganti dari arus yang berkurang maka dipakailah charger handphone yang memiliki tegangan listrik 5 volt.

Cara menyambung kabel data USB

Baiklah, Mari kita masuk ke dalam praktek cara menyambung kabel data USB. Cara yang akan saya bahas tentunya tidak ribet dan bisa diikuti oleh siapa pun. Anda juga tidak perlu membuat rangkaian apapun. Pada praktek ini, yang diperlukan hanyalah niat kemauan yang tinggi serta mampu untuk membedakan warna, menyambung, serta memotong.

Baca Juga:   Sistem Kerja Satelit Paling Umum

Langsung saja, Mari kita siapkan terlebih dahulu beberapa bahan dan alatnya.

  1. Solder serta timahnya
  2. Isolasi, gunting, serta cutter
  3. Charger handphone
  4. Kabel USB extender yang akan dimodifikasi dengan panjang sekitar 10 meter
  5. Niat serta keyakinan
  6. Berdoa supaya berhasil

Sebelum dimulai maka anda harus memperhatikan dulu pada kabel USB extender empat buah apel dengan sejumlah warna. Warna hijau adalah untuk data -, warna putih adalah untuk data +, warna merah adalah untuk daya 5 V dan warna hitam adalah untuk ground.

Tahap pertama, silakan Anda persiapkan niat dan mental Andreas guna memotong kabel. Ingat, harganya adalah Rp. 50.000.

Silahkan Anda ambil kabel USB extender yang hendak dimodifikasi. Silakan Anda kupas kabel bagian luar pada colokan laptop maupun ke PC sampai dengan terlihat serabutnya. Setelah itu, silahkan Anda ambil cutter maupun gunting. Potonglah kabel yang berwarna merah yang berfungsi untuk menghantarkan tegangan listrik 5 volt. Setelah itu silakan Anda rapikan kembali dengan memakai isolasi.

Langkah berikutnya, kita lanjutkan ke bagian ujung colokan. Dalam hal ini adalah yang nantinya digunakan untuk menghubungkan modem USB. Sama seperti yang sudah dilakukan sebelumnya, silahkan anda kupas kabel luar pada kabel USB extender. Silakan Anda bersihkan serabut-serabut nya. Selanjutnya, silakan Anda potong pada kabel berwarna merah, lalu silakan Anda kupas sedikit kabel yang memiliki warna hitam.

Baca Juga:   Cara Mengukur Arus Listrik Menggunakan Multimeter

Silakan Anda persiapkan charger handphone yang memiliki tegangan keluaran 5 volt. Silahkan anda potong pada bagian kabel connector charger tersebut. Berikutnya, silakan Anda sambung kabel merah serta kabel hitam yang berada pada USB extender dengan kabel handphone tersebut.

Supaya sambungan cukup buat, silakan Anda solder sambungan tersebut dengan rapi. Kemudian, silakan Anda tutup dengan menggunakan isolasi supaya tidak terkena satu pun yang sejenisnya. Apalagi, jika USB Modem tersebut Anda letakkan di luar rumah sehingga proses menutup sambungan pada kabel USB tersebut haruslah rapi supaya tidak terkena air hujan. Selesai dan anda bisa mencoba untuk memasang kembali modem USB anda dengan menggunakan kabel USB extender. Jangan lupa untuk menancapkan juga Kabel power charger handphone ke listrik.

Apabila anda tidak terbiasa menggunakan solder, maka cara menyambung kabel bisa dilakukan dengan dipelintir saja. Lakukan dengan pelan agar tidak putus. Supaya kuat, silakan Anda isolasi bagian sambungan tersebut.

Demikianlah ulasan singkat tentang cara menyambung kabel data USB yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Mudah-mudahan, informasi sederhana ini bisa membantu anda di dalam mengatasi perangkat yang terhubung menggunakan kabel USB extender yang tidak terdeteksi akibat kehilangan daya listrik. Terima kasih dan selamat mencoba, Semoga berhasil.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Skema Rangkaian Inverter Sederhana Berdaya Besar

Skema Rangkaian Inverter Sederhana Berdaya Besar

Skema rangkaian inverter sederhana berdaya besar dari tegangan DC ke AC yang akan saya berikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *