Home / Elektronika / Cara Menyambung Kabel Fiber Optik

Cara Menyambung Kabel Fiber Optik

Cara menyambung kabel fiber optik yang akan saya ulas Pada kesempatan kali ini dilatarbelakangi karena keinginan tahuan saya tentang bagaimana prosedur cara menyambung kabel FO yang sering dikerjakan oleh para pekerja yang berada di pinggir jalan. Tentunya, anda sering mendapatkan papan peringatan yang berbunyi tentang pekerjaan penggalian kabel fiber optic.

Cara Menyambung Kabel Fiber Optik

Namun, sebelum kita membahas tentang cara menyambung kabel optik, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang Apa itu kabel FO atau kabel fiber optic. Kabel fiber optik sering pula dikenal dengan istilah serat optik atau kaca, yakni sebuah kabel yang komposisinya terbentuk dari serat kaca yang memiliki kegunaan untuk melakukan transmisi Sinar cahaya. Kabel fiber optik tersebut memiliki diameter serta ukuran yang sangat kecil, bahkan ukurannya mendekati ukuran rambut manusia. Tentunya, kabel serat optik atau kabel fiber optic banyak sekali dipakai pada sistem komunikasi modern sekarang ini.

Pada kesempatan kali ini, admin tidak akan terlalu banyak melakukan pembahasan tentang kabel fiber optik baik dari sisi kegunaan maupun pengertiannya. Akan tetapi, admin akan mencoba untuk mengulas pengetahuan mengenai cara menyambung kabel fiber optik atau serat optik tersebut. Mungkin saja, terbesit pada pikiran anda Bagaimana langkah menyambung kabel fiber optik yang terbuat dari kaca tersebut.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Speaker Secara Seri dan Paralel

Sejumlah kabel yang bahan dasarnya adalah dari tembaga mungkin saja dapat disambungkan dengan cara dililit atau di solder, lalu ditutup menggunakan isolasi. Lantas, Bagaimana menyambung kabel yang tersusun dari kaca? Apakah dipanaskan, kemudian dilas dan direkatkan begitu saja dengan menggunakan lem khusus?

Marilah kita bahas Bagaimana cara menyambung kabel F O.Bagian yang pertama akan kita bahas adalah Peralatan apa saja yang dibutuhkan serta langkah awal Apa yang perlu dikerjakan. Proses penyambungan kabel fiber optik biasa dikenal dengan istilah teknik splicing. Metode splicing tersebut dibedakan menjadi dua, yakni mechanical splicing dan fusion splicing. Fusion splicing merupakan sebuah teknik penyambungan kabel fiber optik dimana akan memberikan hasil yang lebih permanen serta mengakibatkan daya rugi yang cukup rendah, yaitu sekitar 0,05 db atau kurang lebih 1% dari daya total yang ada.

Langkah-langkah di dalam menyambung kabel fiber optik menggunakan Fusion splicing

  1. Langkah pertama, silakan Anda potong pada kedua ujung kabel serat optik dengan menggunakan alat pemotong khusus supaya permukaannya lebih datar dan sempurna.
  2. Langkah berikutnya, silakan Anda masukkan kedua bagian ujung kabel fiber optik tersebut ke dalam alat penyambung
  3. Lakukan pengecekan sambungan dengan menggunakan alat yang sama, apakah sudah tersambung dengan rapi atau belum. Jika sudah berada di bawah angka 0,03 db, maka bisa dikatakan bahwa sambungan sudah bagus.
  4. Silakan Anda pasang pelindung sambungan yang tersusun dari bahan kaca pelindung dan bahan timah.
Baca Juga:   Cara Menyolder PCB Dengan Baik dan Benar

Adapun kelebihan dari teknik penyambungan fusion splicing yaitu bersifat permanen serta rugi daya yang sangat rendah yaitu sekitar 0,05 db. Namun, kekurangan dari metode fusion splicing yaitu serat kaca yang ada pada kabel menjadi cukup rapuh sehingga dibutuhkan pelindung serta sambungan harus tetap berada di posisi Tengah.

Langkah-langkah di dalam menyambung kabel fiber optic menggunakan Mechanical splicing

Teknik kedua di dalam penyambungan kabel serat optik adalah dengan menggunakan mechanical splicing. Teknik mekanikal splicing menjalankan peranan yang hampir sama dengan Fusion splicing, hanya saja pada teknik Mechanical splicing bagian ujung-ujung dari serat optik akan disatukan secara mekanis. Proses mechanical splicing tersebut diawali dengan mengupas bagian kabel serat optik, kemudian dibersihkan serta diratakan. Selanjutnya dilakukan proses penyesuaian pada posisi Inti atau Core. Tahap berikutnya, akan diberikan getah epoxy serta diperkuat dengan memakai penjepit mekanis.

Keutamaan dari proses penyambungan yang menggunakan mechanical splicing yaitu tidak memerlukan pasokan listrik sehingga bisa dipakai pada kondisi yang darurat atau sulit serta bisa dipakai secara berulang-ulang. Keutamaan lain dari penggunaan Mechanical splicing yaitu bisa menggabungkan kabel serat optik model tunggal maupun model jamak.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel LAN Dengan USB

Adapun kelemahan dari penyambungan menggunakan metode mechanical splicing yaitu menghasilkan tahanan atau hambatan yang cukup besar dimana bisa berpengaruh terhadap transfer informasi dan data yang disalurkan lewat kabel fiber optik tersebut.

Alat-alat yang dibutuhkan:

Sejumlah alat pendukung yang diperlukan pada proses penyambungan kabel fiber optik di antaranya adalah:

  1. Minyak tanah atau solar
  2. Sarung tangan
  3. Kain lap
  4. Tang pengupas atau fiber stripper
  5. Tisu
  6. Cairan alkohol dengan kadar 96%
  7. Obeng
  8. Pemotong core atau fiber Cleaver
  9. Gergaji besi
  10. Tang potong kabel

Demikianlah penjabaran singkat mengenai cara menyambung kabel fiber optik yang sering digunakan oleh para pekerja di bidang telekomunikasi pada saat mereka memperbaiki jaringan fiber optik yang biasanya dikerjakan di pinggir jalan. Mudah-mudahan, informasi yang sedikit ini mampu memberikan Anda tambahan ilmu serta wawasan baru bagaimana kabel fiber optik bisa tersambung. Terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Fungsi Utama Kapasitor

Fungsi Utama Kapasitor Secara Lengkap

Apakah anda memahami fungsi utama kapasitor? Bagi Anda yang terjun di dunia elektronika baik sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *