Home / Elektronika / Cara Menyambung Kabel Headset

Cara Menyambung Kabel Headset

Bagaimana kabarnya anda sekalian? Mudah-mudahan anda selalu dalam keadaan sehat wal afiat. Pada tutorial kali ini saya akan mencoba membahas Bagaimana cara menyambung kabel headset di mana kadangkala kabel headset yang kita gunakan untuk mendengarkan audio yang berasal dari komputer mengalami masalah.

Cara Menyambung Kabel Headset

Jujur, belakangan ini admin cukup disibukkan oleh banyak tugas sehingga belakangan ini admin tidak mampu memposting artikel dalam jumlah yang cukup banyak. Apalagi, didukung dengan hari libur sehingga kadangkala ada aktivitas yang tidak bisa ditinggalkan.

Di jaman teknologi yang serba maju sekarang ini Tentunya orang sudah sangat familiar dengan istilah headset. Peralatan yang satu ini memiliki fungsi sangat penting bagi Anda yang gemar mendengarkan audio dari sejumlah perangkat tanpa harus mengganggu orang-orang yang ada di sekitarnya.

Namun, apa yang akan terjadi apabila headset yang anda miliki ternyata mengalami kerusakan, misalnya adalah tidak bisa berbunyi setelah. Tentunya nuansa mendengarkan musik lewat headset akan terganggu. Adapun penyebab dari kerusakan headset tersebut yaitu pada bagian kabel.

Kebiasaan yang sering kita lakukan di dalam melipat atau menggulung kabel headset menimbulkan kabel headset tersebut mengalami proses penekukan yang terus-menerus, sehingga pada akhirnya menimbulkan bagian tembaga yang ada di dalam kabel patah sehingga suara akan hilang.

Baca Juga:   Cara Kerja Genset Yang Wajib Anda Pahami

Jika sudah terjadi hal seperti itu, maka biasanya akan membeli headset baru dan pada akhirnya kita harus mengeluarkan uang lagi dari dalam dompet kita. Namun, Seandainya bisa maka janganlah terburu-buru untuk pergi ke toko aksesoris komputer untuk membeli headset baru, namun silahkan Anda coba terlebih dahulu solusi guna menyambung kembali kabel headset yang putus tersebut.

Pada pembahasan berikut ini, ijinkan saya untuk memberikan tahapan demi tahapan Bagaimana cara menyambung kabel headset yang putus. Sebelumnya, Mari kita persiapkan sejumlah alat dan bahan yang dibutuhkan.

Alat dan bahan yang diperlukan untuk menyambung kabel headset

  1. Ketelitian
  2. Unit headset Yang Akan diperbaiki
  3. Lem kabel atau lem plastik
  4. Gunting
  5. Lilin
  6. Korek api

Cara menyambung kabel headset

Cara yang akan saya ulas pada posting kali ini adalah cara menyambung kabel headset yang putus sebelah maupun photos kedua-duanya.

Langkah awal yang perlu kita lakukan adalah memahami sumber masalah di mana daerah kabel yang mengalami putus. Rata-rata, bagian yang putus adalah bagian yang sering ditekuk. Apabila kabel tersebut sudah terputus, maka bagian itulah yang perlu untuk disambung.

Keterangan:

Apabila kabel headset yang putus berada pada bagian belakang sebelum masuk ke bagian cabang duanya, maka biasanya kabel akan memiliki empat warna yang berlainan, yaitu warna merah, warna hijau, warna emas dan warna belang-belang.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Motor Kipas Angin Yang Berputar Pelan

Apabila kabel yang putus berada pada bagian cabang 2, maka kabel tersebut hanya terdiri dari dua kabel saja.

Tahap berikutnya, silakan Anda kupas bagian kulit kabel yang berada pada bagian paling luar dengan memakai gunting maupun dengan lilin yang sudah dinyalakan. Silakan Anda tarik bagian kulit kabel tersebut sampai terlihat kabel yang memiliki warna berbeda beda.

Tips dan trik yang perlu dilakukan:

Tips yang harus dilakukan adalah supaya kabel yang berwarna tidak mudah untuk konslet, karena biasanya satu kabel saja menyatu, maka suaranya akan menjadi aneh dan berdengung, maka prosesnya membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi.

Ketika sedang memotong bagian kulit kabel, maka usahakan untuk tidak dilepas, namun tariklah kabel yang berwarna dari sisi dalam dan yang lainnya dalam kondisi tetap. Hal tersebut akan membuat kabel yang berwarna-warni akan terlihat cukup panjang sebelah sehingga bisa mengurangi adanya resiko konslet antara kabel.

Tahap berikutnya, silakan Anda Bakar kabel headset yang memiliki banyak warna menggunakan api lilin satu demi satu. Lakukanlah secara bergantian supaya Anda lebih mudah mengingat warnanya.

Setelah anda selesai membakar kabel tersebut satu demi satu, maka secara otomatis bagian plastik yang menutupi kabel akan hilang semua sehingga bagian yang tersisa hanyalah bagian kabel tembaga nya saja.

Baca Juga:   Cara Menyolder HP Untuk Proses Perbaikan

Silakan Anda gabungkan dengan kabel yang satunya, lakukanlah langkah yang sama seperti di atas. Yang perlu diingat adalah kabel yang hendak disatukan haruslah sama warnanya, jangan sampai terbalik karena nantinya akan menyebabkan headset tidak bisa berfungsi.

Di Tahap terakhir, anda cukup merapikan saja sambungan kabel headset tersebut menggunakan lem kabel atau lem plastik.

Selesai dan anda tinggal melakukan pengetesan atas sambungan kabel headset yang sudah anda lakukan. Mudah-mudahan sambungan yang anda buat pada kabel headset tersebut berhasil dengan sempurna.

Intinya adalah proses penyambungan kabel headset hampir sama dengan proses penyambungan jenis kabel yang lainnya. Hal yang berbeda terletak pada lapisan plastik warna yang nantinya digunakan untuk pemandu anda guna menyambungkan kabel dengan warna yang sama.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara menyambung kabel headset yang bisa saya ulas Pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan, tutorial di atas Bisa Anda pahami dengan sebaik-baiknya sehingga Anda bisa mempraktekkan cara menyambung kabel headset yang putus serta berhasil dengan sempurna. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Skema Rangkaian Amplifier

Skema Rangkaian Amplifier Mini Berkualitas

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk membahas tentang skema rangkaian amplifier.Tentunya, skema rangkaian amplifier yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *