Home / Elektronika / Cara Menyambung Kabel Instalasi Listrik Rumah

Cara Menyambung Kabel Instalasi Listrik Rumah

Walaupun terkenal simpel, cara menyambung kabel instalasi listrik rumah tetap harus dipelajari dan diperhatikan dengan baik dan benar. Hal tersebut dikarenakan kesalahan pada saat menyambung kabel instalasi listrik rumah bisasifat suku Batak misalnya adalah terjadi konsleting arus listrik yang pada akhirnya akan menimbulkan kebakaran.

Cara Menyambung Kabel Instalasi Listrik Rumah

Pada saat instalasi kabel listrik di rumah sudah mulai berantakan, misalnya adalah terdapat kabel yang putus, maka tentunya cukup banyak Langkah yang bisa dipakai untuk menyambung kabel Listrik pada rumah tersebut. Ketika kita dapat membenahi, merapikan dan membereskan instalasi kabel listrik pada rumah, pastinya akan memberikan keuntungan yang cukup besar bagi kita., kita tidak akan terlalu repot memanggil teknisi listrik karena memang pekerjaan menyambung kabel instalasi listrik rumah cukup mudah untuk dikerjakan sendiri.

Memang, berbicara tentang listrik yang ada di rumah cukuplah berbahaya dan penting untuk selalu berhati-hati. Masalahnya adalah, listrik merupakan bagian yang sangat berpengaruh di dalam kehidupan sehari-hari. Mengacu kepada era digital sekarang ini, hampir seluruh aktivitas selalu membutuhkan listrik. Oleh sebab itulah, makan sangat menguntungkan bagi kita yang dapat membereskan dan membenahi serta merapikan instalasi listrik pada rumah masing-masing, misalnya adalah terkait dengan cara menyambung kabel instalasi listrik rumah.

Baca Juga:   Cara Membuat ATS Genset Paling Lengkap

Cara menyambung kabel instalasi listrik rumah

Berikut ini adalah beberapa metode cara menyambung kabel instalasi listrik rumah yang bisa anda jadikan sebagai panduan dan pedoman di dalam pekerjaan menyambung kabel listrik rumah apabila mengalami masalah, misalnya adalah putus.

Hal pertama yang harus kita persiapkan terlebih dahulu adalah alat-alatnya. Alat-alat untuk kebutuhan penyambungan kabel instalasi listrik rumah di antaranya adalah tang potong kabel, Open jenis plus dan obeng jenis Min, stop kontak, tespen, kabel listrik standar untuk PLN, saklar lampu, sandal, pipa paralon dan isolasi.

Hal kedua, Kita bisa mulai untuk menyambung kabel. Anda harus memastikan terlebih dahulu telah mematikan sekering maupun saklar pada jaringan listrik dirumah. Guna memastikannya, setelah anda mematikan aliran listrik dirumah, anda dapat mengeceknya dengan menggunakan tespen. Apabila sekring atau saklar sudah di matikan, maka tentunya tidak ada aliran listrik positif yang ada pada kabel. Lampu tespen tidak akan menyala dan hal tersebut menandakan kondisi sudah aman.

Baca Juga:   Cara Membuat Rangkaian Lampu Led Sederhana

Langkah ketika, Silakan anda mencari bagian kabel yang hendak disambung, dipasang maupun diganti. Berikutnya, silakan Anda potong bagian ujung kabel yang hendak disambung.Berikutnya, silakan Anda persiapkan pula kabel baru yang akan digunakan untuk menyambung. Setelah itu, silakan Anda mulai menyambung kabel tersebut. Untuk memulai proses penyambungan kabel, Anda harus memastikan untuk menyambungkan kabel di bagian yang diperlukan saja. Hal yang paling penting untuk diingat adalah Anda harus memastikan warna kabel pada saat penyambungan kabel tersebut. Kabel berwarna biru merupakan tegangan fase.

Samakan pula proses penyambungan warna kabel merah dengan warna kabel merah dan warna kabel hitam dengan warna kabel hitam. Tujuannya adalah jika suatu saat nanti anda akan melakukan proses penyambungan atau penggantian kabel kembali, maka anda tidak akan terbolak-balik pada penyambungan kabel tersebut karena posisi warnanya sudah sesuai.

Demikianlah beberapa tahapan Bagaimana cara menyambung kabel instalasi listrik rumah yang baik dan benar. Usahakan untuk selalu memakai komponen-komponen kelistrikan yang berkualitas baik dan terpercaya. Tentunya, apabila anda menggunakan komponen listrik yang berkualitas baik, maka pemakaiannya akan lebih awet. Potensi adanya konsleting dan terbakar juga bisa diminimalisir. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Baca Juga:   Pengertian dan Definisi Medan Magnet

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led Dengan Sangat Mudah

Rata-rata, pemakaian dari lampu LED tersebut disuplai dari tegangan yang melewati titik kerja dari tegangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *