Home / Jaringan / Internet / Cara Menyambung Kabel Internet

Cara Menyambung Kabel Internet

Cara menyambung kabel internet yang menggunakan kabel UTP serta konektor RJ 45 tidaklah sesulit seperti yang kita bayangkan. Apabila selama ini kita mengandalkan para teknisi jaringan untuk menyambung kabel LAN, maka kita bisa mencobanya untuk belajar menyambung LAN sendiri.

Cara Menyambung Kabel Internet

Dengan pelajaran cara menyambung kabel RJ45 atau kabel LAN maka kita menghemat biaya jasa memperbaiki karena sebenarnya teknik dan cara menyambung kabel internet yang menggunakan kabel RJ45 cukuplah mudah untuk dikerjakan. Hal yang harus dimiliki oleh anda adalah niat yang kuat untuk belajar cara menyambung kabel LAN tersebut.

Keuntungan lain ketika kita bisa menyambung kabel LAN sendiri adalah kita akan menghemat waktu. Perlu kita ketahui bahwa pada saat jaringan internet yang kita nikmati mengalami masalah karena adanya kabel internet yang putus atau bermasalah, maka tentunya kita harus menunggu waktu yang cukup lama sampai dengan teknisi jaringan datang. Bisa Kita bedakan manakala kita mampu untuk menyambung kabel internet itu sendiri sehingga masalah bisa langsung teratasi.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Internet Dan Intranet

Cara menyambung kabel LAN untuk internet menggunakan RJ45

Baiklah, Mari kita bahas Bagaimana cara menyambung kabel Internet menggunakan kabel UTP dan memakai konektor RJ45. Sebelumnya, Mari kita persiapkan terlebih dahulu beberapa peralatan harus ada sebelum kita turun ke lapangan.

Tang crimping atau crimping tool. Apabila memungkinkan, silakan Anda memilih crimping tool yang model pergerakan penekanannya vertical. Rata-rata, dan jenis tersebut memiliki hasil yang lebih baik jika dibandingkan dengan yang bergerak secara horizontal. Berdasarkan pengalaman di saat sekolah di, menggunakan crimping tool yang bergerak secara horizontal sering mengalami error. Setelah dilakukan peninjauan, gerakan dari pin penekan konektor tidak berbarengan. Apabila sering terjadi error pada saat melakukan crimping pada RJ45, maka hal tersebut merupakan pemborosan konektor.

Alat yang berikutnya adalah LAN tester. Kegunaan dari LAN tester adalah untuk melakukan pengecekan koneksi antar konektor RJ 45 pada ujung kabel yang satu dengan ujung kabel yang lainnya. Dengan menggunakan Lan Tester, maka kita akan mengetahui apakah kabel yang sudah kita pasang konektor RJ 45 sudah tersambung semuanya atau belum.

Baca Juga:   Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet Secara Manual

Alat yang terakhir adalah gunting. Gunting digunakan untuk membantu memotong kabel UTP walaupun sebenarnya pada crimping tool juga sudah disediakan bagian yang berfungsi untuk memotong kabel UTP.

Setelah anda mempersiapkan beberapa alat di atas, persiapkan pula beberapa bahan untuk keperluan penyambungan internet yang menggunakan jenis UTP dan konektor RJ45. Bahan yang dibutuhkan adalah konektor rj-45 dan kabel LAN dengan panjang secukupnya.

Langkah menyambung kabel LAN

  1. Langkah pertama, silahkan anda potong kabel LAN sesuai dengan kebutuhan.
  2. Silakan Anda kupas pembungkus kabel bagian luar kurang lebih Sepanjang 1 cm dari bagian ujung.
  3. Selanjutnya, silakan Anda susun konfigurasi pengkabelan kabel LAN sesuai dengan jenis koneksi yang dibutuhkan.
  4. Jika kabel LAN disusun secara straight, yang makan susunan warna dari kabel nya adalah sebagai berikut:

Warna putih Orange

Warna orange

Warna putih hijau

Warna biru

Warna putih biru

Warna hijau

Warna putih coklat

Warna coklat

  1. Untuk ujung kabel yang satunya menggunakan susunan warna sebagai berikut yang sama persis dengan urutan warna di atas. Sementara itu Anda akan menyambung kabel UTP menggunakan model cross, maka susunannya adalah sebagai berikut
Baca Juga:   Cara Mempercepat Internet Smartfren Dengan 2 Metode

Warna putih hijau

Warna hijau

Warna putih Orange

Warna biru

Warna putih biru

Warna orange

Warna putih coklat

Warna coklat

  1. Sementara itu, untuk ujung kabel yang satunya menggunakan susunan warna sebagai berikut:

Warna putih Orange

Warna orange

Warna putih hijau

Warna biru

Warna putih biru

Warna hijau

Warna putih coklat

Warna coklat

Demikianlah penjabaran singkat mengenai cara menyambung kabel internet yang menggunakan kabel LAN dan konektor RJ45. Penulis, setelah anda mempelajari proses penyambungan atau pemasangan kabel LAN di atas, maka anda bisa mencoba untuk mempraktekkannya sendiri sehingga Anda benar-benar mampu untuk membuat sistem jaringan komputer baik dengan skala besar maupun dengan skala yang kecil. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Internet dan Perkembangannya

Arti Dari Internet dan Perkembangannya

Kadangkala kita masih dibingungkan dengan arti dari internet serta perkembangan dari internet itu sendiri walaupun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *