Home / Jaringan / Cara Menyambung Kabel LAN Yang Putus

Cara Menyambung Kabel LAN Yang Putus

Mari belajar cara menyambung kabel LAN yang putus karena bisa jadi suatu saat nanti anda akan menemukan masalah di mana kabel LAN yang menuju ke komputer anda mengalami masalah tersebut. Pengalaman kabel LAN yang putus juga sudah pernah penulis rasakan di kantor. Entah ada apa gerangan, yang tiba-tiba pada saat hendak menggunakan internet Icon gambar komputer yang ada pada bagian pojok kanan bawah terdapat tanda silang.

Cara Menyambung Kabel LAN Yang Putus

Ternyata, setelah di cek ternyata kabel LAN yang tertancap pada LAN card komputer putus. Tidak tanggung-tanggung, satu kabel LAN yang berisi 8 kabel kecil Putus semuanya. Entah siapa yang memotong nya, apakah tangan jahil atau Gigi sang tikus. Mungkin saja ada tikus yang stres sehingga memotong apa saja yang didapatinya.

Apapun yang terjadi, kita harus mencoba untuk mempelajari bagaimana cara menyambung kabel LAN yang putus tersebut sehingga bisa bekerja normal kembali. Mari kita belajar untuk menyambung kabel LAN yang putus tersebut, sebelum kita menghubungi teknisi.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Port

Cara menyambung kabel LAN yang putus

Disebabkan karena jarak antara ruangan yang satu dengan ruangan yang lain cukup jauh serta cukup banyak, maka cara yang paling ampuh dan juga aman serta hemat supaya tidak terjadi kehilangan banyak data yaitu dengan cara menyambungkan kembali kabel yang putus tersebut menggunakan konektor RJ45 dan juga Barrel. Fungsi dari barel adalah untuk menghubungkan konektor RJ 45 dengan Connector RJ45.

Tentunya, masing-masing saluran kabel yang terputus tadi memerlukan dua konektor RJ 45 dan 1 buah Barrel. Untuk masing-masing kabel yang terputus, setiap ujungnya dipasang konektor RJ 45 yang memakai susunan kabel straight atau susunan yang sering dipakai untuk menghubungkan antara komputer dengan hub.

Tahap berikutnya, setelah anda berhasil memasang konektor rj-45 pada masing-masing kabel yang terputus tadi, silakan Anda sambungkan kedua konektor rj-45 menggunakan Barrel. Lanjutkan dengan melakukan tes koneksi memakai perintah ping ke server maupun ke komputer yang terkoneksi dengan komputer anda.

Bila proses ping berjalan dengan baik, maka bisa disimpulkan bahwa proses penyambungan kabel LAN yang putus tersebut hasilnya adalah baik.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Komunikasi Dalam Jaringan

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara menyambung kabel LAN yang putus yang bisa Anda coba praktekkan sendiri tanpa harus memanggil teknisi yang tentunya membutuhkan biaya tambahan. Mudah-mudahan, masalah kabel LAN yang putus tersebut tidak akan terulang kembali dan anda bisa tetap menikmati koneksi internet untuk mendukung pekerjaan anda sehari-hari. Terima kasih dan selamat beraktivitas, semoga sukses.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai Apa yang dimaksud dengan file server? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *