Home / Elektronika / Cara Menyambung Kabel Listrik Satu Saklar Dua Lampu

Cara Menyambung Kabel Listrik Satu Saklar Dua Lampu

Pernahkah anda berpikir untuk bisa memahami cara menyambung kabel listrik satu Saklar dua lampu? Tentunya, anda sering menemukan di mana sebuah saklar berisi 2 tombol untuk menyalakan 2 buah lampu. Pada kesempatan kali ini Tentu saya akan mencoba untuk mengulas Bagaimana cara menyambung, memasang, merakit kabel, atau merangkai 2 buah lampu pada ruangan yang berlainan yang tentunya bisa dikontrol baik itu dihidupkan maupun dimatikan oleh satu saklar saja. Contohnya adalah lampu yang berada di ruang tamu serta lampu yang ada di ruang keluarga, saklarnya ditaruh di ruang keluarga.

Cara Menyambung Kabel Listrik Satu Saklar Dua Lampu

Tidak terlalu sulit untuk mempelajari cara menyambung kabel listrik satu Saklar dua lampu. Intinya, apabila anda sudah cukup familiar dengan dunia kelistrikan, maka tentunya Anda tidak akan merasa kesulitan di dalam beradaptasi memasang dua lampu dalam satu saklar.

Alat-alat yang dibutuhkan antara lain:

Sebelum praktek menyambung kabel listrik satu Saklar dua lampu, Mari kita persiapkan dulu sejumlah peralatan yang dibutuhkan. Peralatan-peralatan yang perlu Anda persiapkan diantaranya adalah:

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Genset Tidak Keluar Tegangan
  1. Pisau cutter
  2. Tespen
  3. Tang monyong atau tang buaya yang bisa dipakai untuk memotong kabel
  4. Obeng minus
  5. Obeng plus

Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

  1. Satu Saklar yang isinya 2 tombol untuk 2 lampu
  2. Klem kabel dengan nomor 10 sebanyak 1 bungkus
  3. Isolasi untuk listrik sebanyak 1 buah
  4. Kabel NYM dengan ukuran 2 * 1,5 MM. Untuk panjang menyesuaikan dengan keperluan
  5. Mangkok atau fitting lampu sebanyak 2 buah
  6. Saklar untuk satu lampu sebanyak 1 buah

Cara menyambung kabel listrik satu Saklar dua lampu:

  1. Langkah pertama, silahkan anda matikan aliran listrik yang ada di rumah dengan cara menggeser posisi MCB dari positi on ke posisi off
  2. Tahap berikutnya, silakan Anda sambungkan salah satu bagian terminal pada saklar menggunakan kabel dengan warna hitam kabel yang bermuatan positif pada jalur utama di instalasi listrik rumah. Rata-rata, kabel tersebut memang memiliki warna hitam dan jika diuji menggunakan tespen akan menyala.
  3. Selanjutnya, silakan Anda gabungkan terminal dari masing-masing fitting lampu menggunakan kabel berwarna hitam, lalu silakan Anda Sambungkan ke bagian terminal saklar yang masih kosong atau belum disambungkan ke mana pun.
  4. Pada langkah terakhir, silakan Anda lakukan penggabungan Terminal yang berasal dari kedua buah fitting lampu yang masih kosong dan belum disambungkan ke bagian manapun menggunakan kabel yang berwarna biru, lalu silakan Anda Sambungkan ke kabel kutub negatif pada jalur utama instalasi listrik dirumah. Rata-rata kabel tersebut memiliki warna biru dan jika dilakukan pengujian menggunakan tespen, maka lampu tespen tidak akan menyala.
Baca Juga:   Skema Rangkaian Inverter Sederhana Berdaya Besar

Demikianlah tutorial singkat bagaimana cara menyambung kabel listrik satu Saklar dua lampu yang sekarang ini sangat umum dipakai di rumah karena bisa menghemat biaya pembelian saklar dan juga bisa menghemat tempat karena cukup menyediakan satu saklar saja bisa digunakan untuk mengoperasikan dua buah lampu sekaligus. Terima kasih dan semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai rujukan serta bahan belajar anda di dalam memahami sistem kelistrikan di rumah.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Skema Rangkaian Inverter Sederhana Berdaya Besar

Skema Rangkaian Inverter Sederhana Berdaya Besar

Skema rangkaian inverter sederhana berdaya besar dari tegangan DC ke AC yang akan saya berikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *